Berita Suriah

Untuk Persenjatai Teroris di Suriah, AS Butuh Uang Saudi

Sejak CIA melancarkan operasi penggulingan presiden Bashar al-Assad, AS butuh uang Saudi untuk persenjatai teroris di Suriah, dan untuk itu uang Saudi mengalir deras ke AS ….

 

supporter isis - Untuk Persenjatai Teroris di Suriah, AS Butuh Uang Saudi

Islam-Institute, RIYADH – Masyarakat dunia tahu Amerika Serikat sangat bergantung dengan dukungan keuangan Arab Saudi untuk mempersenjatai militan yang memerangi pemerintah Suriah, demikian seperti kata sebuah laporan.

Mengutip beberapa pejabat AS, New York Times melaporkan pada Sabtu (23/01) bahwa sejak CIA melancarkan operasi penggulingan Assad di Suriah, “Uang Saudi mengalir deras”.

Menurut pejabat, yang sebagian besar berbicara dengan syarat anonim, Arab Saudi berkontribusi besar dalam membiayai keuangan untuk menyediakan senjata, sementara CIA memimpin pelatihan para teroris dengan senapan AK-47 dan rudal anti-tank.

CIA mulai melakukan operasi rahasia di Suriah pada 2013 untuk mempersenjatai militan, mendanai dan melatih teroris untuk menggulingkan pemerintahan Bashar al-Assad. Sejumlah militan kemudian bergabung dengan kelompok teroris takfiri ISIS, yang dilatih oleh CIA di Yordania.

banner gif 160 600 b - Untuk Persenjatai Teroris di Suriah, AS Butuh Uang Saudi

Sejak 2013, CIA telah melatih sekitar 10.000 teroris. Upaya Program militer AS untuk melatih apa yang disebut militan “moderat” untuk melawan kelompok teroris ISIS, meskipun hal itu tidak pernah terjadi dalam kenyataan.

Laporan itu mengatakan para pejabat menolak untuk mengungkapkan jumlah kontribusi Arab Saudi, namun perkiraan Saudi telah menggelontorkan milyaran dolar untuk biaya persenjataan dan melatih para teroris.

Kontribusi keuangan negara-negara Teluk Persia sangat besar dalam membantu program CIA dalam mempersenjatai militan di Suriah. Semua konspirasi itu punya tujuan akhir penggulingan kursi presiden Bashar al-assad.

“Mereka memahami bahwa mereka harus memiliki kita, dan kita memahami bahwa kita harus memiliki mereka,” kata Mike Rogers, mantan anggota Kongres dari Partai Republik menggambarkan hubungan saling keterkaitan antara AS dan Saudi. Rogers adalah ketua Dewan Komite Intelijen saat operasi CIA dimulai di Suriah.

Dukungan keuangan Saudi ke Gedung Putih, menjelaskan mengapa AS begitu enggan secara terbuka mengkritik kerajaan Saudi atas pelanggaran hak asasi manusia. Dukungan terhadap ideologi Wahhabisme telah menginspirasi banyak kelompok teroris, dan perang terhadap Yaman, yang telah merenggut nyawa lebih dari 8.270 orang.   (AL/ARN/AU/Ptv) 

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker