Inspirasi Islam

Umat Islam, Sadarlah Adu Domba Syi’ah dan Sunni

Ada pelajaran berharga dari Suriah, yaitu kesadaran Umat Islam antara Sunni dan Syi'ah bahwa tak ada pilihan selain Persatuan Sunni - Syi'ah.

Ada pelajaran berharga dari Suriah, yaitu kesadaran Umat Islam antara Sunni dan Syi’ah bahwa tak ada pilihan selain Persatuan Sunni – Syi’ah.

Julian Assange, Bos WikiLeaks membocorkan rahasia Amerika Serikat yang mengadu Syi’ah dan Sunni untuk menciptakan ketegangan dan pertumpahan darah, agar AS dan Barat punya alasan ‘menyerang’ sistem pertahanan Udara Suriah. Akibatnya pasti akan fatal, sistem komunikasi Suriah akan macet untuk melemahkan kekuatan militer Suriah. Dan itulah yang kemudian terjadi di Suriah.

Itulah aksi-aksi yang mengawali konflik Suriah tahun 2011 yang berlangsung cepat, sehingga kekuatan asing secara leluasa berbondong-bondong masuk Suriah bergabung dengan FSA (free Syrian Army), tanpa bisa dicegah oleh militer Suriah. Apa sebabnya, karena komunikasi militar Suriah antar wilayah tak dapat dilakukan. Sehingga waktu itu militer Suriah di wilayah yang dekat denganTurki sangat lemah dan menjadi bulan-bulalan FSA yang dibantu kekuatan asing.

Amerika Serikat (AS) mencoba menggulingkan Presiden Suriah, Bashar Al-Assad, sejak tahun 2006. Untuk mewujudkan rencananya itu AS merancang strategi, salah satu caranya dengan ‘mengadu-domba’ dan menciptakan ketegangan antara kaum Sunni dan Syi’ah. Demikian menurut Julian Assange seorang Pendiri WikiLeaks, website anti-kerahasiaan, yang membocorkan informasi rahasia AS tersebut.

Menurut Julian Assange, strategi ini dilaksanakan sebagian untuk memprovokasi Pemerintah Assad. Whistleblower (pembocor rahasia) yang bersembunyi di Keduataan Ekuador di London itu mengungkapkannya dalam sebuah dokumenter yang disiarkan hari Minggu (13/12/15) di stasiun televisi Rossiya 1.

Bos WikiLeaks itu menyatakan bahwa, Washington sedang berusaha untuk membuat Pemerintah Suriah paranoid. ”Dan mendapatkan reaksi berlebihan,” katanya, yang menambahkan bahwa AS menciptakan adu domba untuk menimbulkan ketegangan antara Sunni dan Syi’ah. Hal yang kemudian bisa dilihat secara nyata, konflik di Suriah berkobar dengan hembusan keras isu-isu sektarian, Syi’ah dan Sunni, menyebabkan ratusan ribu orang tewas dan terluka, berjuta warga jadi pengngsi yang menderita.

Julian Assange mengklaim bahwa anggota pasukan udara AS, Inggris dan Prancis pernah bertemu dengan perwakilan dari “Stratfor” sebuah perusahaan intelijen global sebelum Desember 2011. Para pejabat menyatakan bahwa sudah ada agen khusus yang bertindak di Suriah, tapi mereka membutuhkan terjadinya kemarahan besar dan pertumpahan darah untuk alasan yang signifikan guna menyerang sistem pertahanan udara Suriah.

BACA JUGA:  35 Persen Teroris Tewas, Terluka, Atau Lari Tinggalkan Suriah

Kemudian Suriah benar-benar telah dilanda perang dahsyat sejak 2011, di mana pasukan rezim Bashar al-Assad menghadapi beberapa perlawanan pasukan faksi oposisi yang bertindak ekstrim bersama-sama kelompok-kelompok militan jihadis radikal penganut Wahabisme dari seluruh dunia. Konflik di Suriah semakin parah setelah muncul kelompok ekstrim ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) pimpinan Abu Bakr al-Baghdadi yang juga membawa isu-isu permusuhan Sunni dan Syi’ah.

Negara-negara Barat dan beberapa negara Timur Tengah tidak menganggap Presiden Assad sebagai pemimpin otoritas yang sah dari Suriah. Pada tahun 2011, Washington memberlakukan sanksi terhadap al-Assad dengan harapan bahwa ia akan mengundurkan diri. Tapi, sampai saat ini Presiden Assad masih berkuasa, bahkan semakin kuat sejak ditolong Rusia sejak 30 September 2015 dalam menggempur kelompok-kelompok ekstrim Wahabi yang mengatas-namakan kelompoknya sebagai kaum Sunni.

Suriah pada 2014 juga pernah menggelar Pemilu di mana presiden Assad terpilih lagi menjadi Presiden setelah menang telak dengan perolehan suara 88,7 persen. Namun, AS dan sekutunya menganggap Pemilu itu sebagai lelucon. Sikap AS wajar sebab Washington sudah merancang penggulingan presiden Suriah sejak tahun 2006, menurut Bos WikiLeaks.

Pelajaran dari Konflik Suriah 

Ada pelajaran berharga dari Suriah, yaitu kesadaran Umat Islam antara Sunni dan Syi’ah bahwa tak ada pilihan selain Persatuan Sunni – Syi’ah. Hal ini terus diupayakan oleh para ulama Sunni dan Syi’ah agar umat Islam bersatu dengan seringnya diadakan dialog untuk mencari -persamaan-persamaan dan mempersempit perbedaan.

Apa yang terjadi di Suriah juga sempat merembet ke Indonesia, tepatnya di Sampang, Madura, pada Januari tahun 2012 Rumah-rumah kaum Syi’ah dibakar. Waktu itu di Indonesia juga sedang sengit-sengitnya provokasi perbedaan Sunni Syi’ah akibat dari konflik di Suriah. Apa yag terjadi di sampang di antarnya adalah merupakan akibat persinggungan dua keyakinan yang berbeda. Masyarakat Islam Indonesia mayoritas adalah Ahlussunah, ketika ada yang mendakwahkan suatu faham yang agak berbeda dengan keyakinan yang selama ini dianut tentunya akan timbul reaksi. Lebih-lebih jika terus diprovokasi, maka reaksi akan muncul dan menyebabkan konflik, atau tepatnya tindak kekerasan oleh mayoritas terhadap minoritas, seperti tragedi Syi’ah Sampang Madura 2012.

BACA JUGA:  Wahabi Kini, Hobi Menuduh Umat Islam Sebagai Syiah

Kita harus sadar tak ada untungnya konflik selain kerugian yang bisa membuat menderita sesama saudara muslim. Daripada terus memperuncing perbedaan furu’iyah agama antara Sunni dan Syi’ah, apakah tidak lebih baik kita mewaspadai setiap upaya provokasi adu domba Sunni – Syiah ? Bukankah adu domba dilarang Allah dan Rasul-NYA?

Untuk Syi’ah moderat (non Rafidhoh) kita masih punya harapan akan adanya titik temu antara Ahlusuunah dan Syi’ah. Mereka lebih banyak jumlahnya daripada yang Rafidhoh. Mungkin inilah yang dicoba untuk diwujudkan oleh sebagian tokoh-tokoh dan para ulama kita, baik dari kalangan Syi’ah maupun Sunni. Inilah yang dilakukan oleh bapak Prof. DR. Quraisy Sihab, MA dengan bukunya : “Sunni – Syi’ah Bergandengan Tangan, Mungkinkah?”

Kita prihatin akhir-akhir ini melihat sepak terjang gerakan ANNAS (Aliansi Nasional Anti Syi’ah). Banyak umat Islam tidak menyadarai bahaya di balik gerakan ANNAS ini, jika tidak dicegah perkembangannya, suatu ketika nanti bisa menggiring Indonesia menuju konflik seperti konflik Suriah. Mereka tidak mentarget kepada Syi’ah semata-mata, mereka menuduh kepada siapa pun sebagai Syi’ah secara seenaknya saja. Ulama Sunni semisal Prof Quraisy Syihab, KH Aqil Siraj, dan banyak Habib – Habib Sunni dan para Kiyai Sunni telah dituduh sebagai Syi’ah.

Oleh karena itu, pihak-pihak berwenang jangan sampai terlambat. Lakukan sesuatu, misalnya adakan dialog persuasif dengan mereka karena ANNAS itu bukan gerakan bawah tanah, pemimpin mereka jelas, alamatnya juga jelas. Jangan dibiarkan saja, karena penyesalan di kemudian hari tiada gunanya.

BACA JUGA:  Oleh-oleh Cerita Pengalaman Kiyai Alawi al Bantani dari Iran

Wallohu a’lam….

kata pencarian Syi’ah di mesin pencari:

syiah sesat, syiah di indonesia, syiah indonesia, syiah rafidhah, syi’ah zaidiyyah adalah, syiah bukan islam, syi’ah itu apa. syi’ah zaidiyah, syi’ah sabi’iyah, syiah sesat dan menyesatkan, syiah sesat emilia. syiah sesat mui, syiah sesat malaysia, syiah sesat video, syiah sesat di malaysia, syiah sesat jakim, syiah sesat org sahabat. syiah sesat pdf, syiah di indonesia 2017, syiah di indonesia tokoh, syiah di indonesia 2017. syiah di indonesia youtube, syiah di indonesia 2017, syiah di indonesia sesat, syiah di indonesia 2018. syiah di indonesia sekarang, syiah indonesia adalah, syiah indonesia mut’ah, syiah indonesia tokoh. syiah indonesia 2017, syiah indonesia youtube, syiah indonesia sesat, syiah indonesia wikipedia. syiah indonesia mendukung jokowi, syiah indonesia 2018, syiah rafidhah wikipedia, syiah rafidhah sesat.

syiah rafidhah di indonesia, syiah rafidhah pdf, syiah rafidhah di malaysia, syiah rafidhah kafir, syiah rafidhah menantang kaum muslimin. syiah rafidhah indonesia, syiah rafidhah iran, syiah zaidiyah adalah, syiah bukan islam youtube. syiah bukan islam menurut salaf, syiah bukan islam khazanah trans 7, syiah bukan islam facebook. syiah bukan islam khazanah, syiah bukan islam salaf, syiah bukan islam mui, syiah bukan islam kenapa. fatwa syiah bukan islam, syiah itu apa, apa sih syiah itu, apa itu islam syiah. agama syi’ah itu apa, apakah syiah itu sesat, apakah syiah itu kafir, apakah itu ajaran syiah, syiah zaidiyah. syiah zaidiyah di yaman, aqidah syiah zaidiyah, pengertian syi’ah zaidiyah, sekte syiah zaidiyah. makalah syi’ah zaidiyah, doktrin syi’ah zaidiyah, tokoh-tokoh syi’ah zaidiyah, ajaran syi’ah zaidiyah.

wAAACwAAAAAAQABAEACAkQBADs= - Umat Islam, Sadarlah Adu Domba Syi'ah dan Sunni
Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.
Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker