Inspirasi Islam

Ulama Jawa Tengah Dukung Jokowi Ibarat Imam Shalat

Para ulama menggambarkan sokongan kepada kepemimpinan Presiden Jokowi dengan mengibaratkannya sebagai imam shalat.

Ulama Jawa Tengah menyebut kepemimpinan Jokowi dengan mengibaratkan sebagai Imam Shalat. Para Ulama Jawa Tengah tersebut menyatakan dukungan pada Pilpres 2019 saat bertemu Presiden Jokowi.

Para ulama asal Jawa Tengah yang diundang ke Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/9/2017), menyatakan sokongan mereka untuk Presiden Joko Widodo guna maju sekali lagi ikut Pemilihan Presiden 2019.

Ahmad Daroji, Ketua Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah,  mengatakan para ulama menggambarkan sokongan kepada kepemimpinan Presiden Jokowi dengan mengibaratkannya sebagai imam shalat.

“Tadi ada ungkapan juga. Kalau imam maghrib bagus, mengapa enggak dilanjut imam Isya,” kata Ahmad Daroji usai pertemuan dengan presiden Jokowi bersama para Ulama Jawa Tengah.

Walaupun demikian, Daroji mengatakan, tidak ada permintaan sokongan yang dikatakan Presiden ke para ulama. Presiden cuma memohon pertolongan ulama untuk mengawal situasi kondusif menjelang Pilkada Serentak 2018 dan Pemilihan Presiden 2019.

“Tidak ada (permintaan dukungan). Masyarakat telah tahu lah bagaimana memilih presidennya. Merasa dia bagus, ya pasti saja dapat diteruskan,” ucap Daroji.

Hal serupa dikatakan Nuruddin Amin, pimpinan pondok pesantren Hasyim Asy’ari Bangsri, Jepara.

Pria yang akrab dipanggil Gus Nung ini mengatakan, Presiden tadinya sama sekali tidak menyebut soal Pilpres 2019. Justru pembicaraan di pertemuan itu dimulai dari para ulama.

“Para kiai mengatakan, apabila imami shalat maghrib telah bagus diajak melanjutkan imami shalat isya,” kata dia.

Pemimpin pondok pesantren Pancasila Sakti, Tegal, Syarifudin mengatakan, semua ulama yang ikut pertemuan merasa Indonesia semakin harmonis sejak dipimpin presiden Jokowi. Sebab, Jokowi mengakomodir ulama dari semua ormas keagamaan.

“Dan saya sebagai saksi hari ini bahwa baru terdapat Presiden yang berani mengadakan acara kenegaraan di 1 Agustus dengan melangsungkan istighosah ulama di Istana,” ucap dia.

banner 2 2 - Ulama Jawa Tengah Dukung Jokowi Ibarat Imam Shalat

Berdasarkan keterangan dari Syarifudin, Presiden cuma menjawab singkat ketika menanggapi permintaan para ulama guna melanjutkan kepemimpinannya sampai dua periode.

“Presiden mengatakan, ‘ya bila masyarakat semua tokoh ulama mengharapkan, mengapa tidak? Yang urgen kan asas untuk nya seperti itu’,” kata Syarifudin.

Presiden Jokowi ingatkan Ulama Jawa Tengah, tahun politik semakin dekat

Saat membuka pertemuan dengan para ulama, presiden Jokowi memang sempat bicara tentang tahun politik yang semakin dekat.

“Jadi kami mohon pertolongan kepada semua pimpinan pondok pesantren, semua ulama, kiai, pimpinan ormas, semuanya, supaya tahun politik baik tahun depan maupun tahun depannya lagi tersebut kita jaga bersama,” kata presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan, di Jawa Tengah sendiri pada 2018 akan dilangsungkan pemilihan gubernur. Setelah pilgub selesai, langkah Pemilihan Presiden 2019 pun akan segera dimulai.

“Pada September tahun depan nanti sudah penetapan, saya pun baru sadar. Sudah penetapan capres dan cawapres,” kata dia.

Oleh karena itu, Jokowi memohon supaya kondusivitas di daerah, kerukunan antar masyarakat, antarumat, me*sti betul betul dipertahankan bersama. Demi ketentraman warga negara secara keseluruhan.

Jangan kemudian ada lagi usaha guna memecah belah, mengadu domba, serta kabar-kabar yang tidak baik yang menyebabkan masyarakat menjadi terpecah.

“Jangan sampai sebab perhelatan politik antar tetangga nantinya tidak rukun, apalagi antarumat menjadi tidak kelihatan persaudaraannya kembali,” kata presidenJokowi.

Setelah Jokowi membuka acara, pertemuan lalu dilangsungkan tertutup dari media. Pertemuan dilangsungkan selama selama dua jam, ditutup dengan shalat maghrib berjamaah dan santap malam.

Usai acara pertemuan, para ulama pun mendapatkan oleh-oleh berupa bingkisan kenang-kenangan dari Presiden Jokowi.

source

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Check Also

Close
Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker