Advertisement

AffiliatBlog Solusi Berbagai Kebutuhan Affiliate Marketing Anda

Sosok & Tokoh

Ulama Aswaja Mendomonasi Daftar Tokoh Muslim Paling Top di Dunia

Grand Syaikh Al Azhar Mesir terpilih sebagai tokoh muslim paling berpengaruh di dunia.

Ulama Aswaja, Ulama Berfaham ahlussunnah wal Jamaah Dominasi Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia… Ulama Aswaja Mendominasi Daftar Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia. Daftar tokoh Islam dunia ini diumumkan oleh ‘Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought’, lembaga independen internasional di Yordania.

Tahun 2013, lembaga independen internasional yang berkedudukan di Yordania “Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought” mengumumkan. Bahwa Grand Syaikh Al Azhar Mesir terpilih sebagai tokoh muslim paling berpengaruh di dunia. Lembaga independen internasional ini merilis 500 tokoh muslim paling top di dunia setiap tahunnya. Dari 500 tokoh muslim tersebut kemudian dikerucutkan lagi menjadi 50 tokoh muslim paling top dunia.

Tokoh Muslim Dr. Ahmad Thoyyib, ulama Aswaja Mesir.

Seorang Ulama Aswaja, Imam Agung Grand Syaikh Al Azhar Mesir Ahmad bin Muhammad bin Ahmad bin Thayyib. Dinobatkan sebagai tokoh muslim paling berpengaruh nomor wahid di dunia. Beliau menjabat Grand Syaikh Al Azhar Mesir menggantikan Syaikh Dr. Muhammad Sayyid Tantawi sejak Maret 2010. Beliau adalah ulama Ahlussunnah wal jamaah – asy-syafi’iyyah. Yang nasabnya bersambung kepada Imam Hasan bin Ali bin Abi Thalib Karramallahu wajhah. Berkat jasa beliau, Mesir dan Al Azhar yang sedang diuji dengan berbagai konflik akhir-akhir ini. Dapat berhasil dimediasi dengan jalan damai.

BACA JUGA:  Sepertinya..., Selangkah Lagi Ahok Masuk Islam ...?

Ulama Aswaja Dominasi Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Dan Alhamdulillah, dalam peringkat 50 tokoh muslim dunia itu, mayoritas adalah tokoh-tokoh dan ulama Aswaja (sunni: ahlussunnah wal jamaah). Atau dikenal sebagai muslim tradisional yang mengikuti Imam Madzhab (Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hanbali). Dan memegang teguh aqidah Ahlussunnah wal Jamaah Asy’ariyyah dan Maturidiyah.

Meskipun begitu, ada juga tokoh kelompok lain. Seperti Syi’ah, Wahabi (Salafi), dan Ibadi yang juga masuk daftar Top 50 tokoh muslim berpengaruh dunia. Kerja keras Syi’ah yang berpusat di Iran, Wahabi Salafi yang berpusat di Arab Saudi, dan sekte-sekte menyimpang lainnya. Yang berusaha menyebarkan ideologinya masih tidak bisa mengungguli ulama aswaja (ahlussunnah wal jamaah). Para Ulama Ahlussunnah wal Jamaah yang berpusat di seluruh penjuru dunia dari Barat hingga Timur.

BACA JUGA:  Haul Gus Dur: Beberapa Kesaksian Tentang Gus Dur

Dari 50 tokoh muslim dunia itu, tercatat ada 34 tokoh / Ulama Aswaja atau 68% adalah pengikut sunni ahlussunnah. Sisanya 18% (9 tokoh) adalah pengikut sekte wahabi/ salafi. Sebanyak 12% (6 tokoh) adalah dari sekte syi’ah, dan 2% (1 tokoh) adalah tokoh ibadi.

Siapa Saja Ulama Ahlussunnah wal Jamaah Paling Berpengaruh di Dunia?

Berikut adalah beberapa tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia yang tercatat menganut paham Ahlussunnah wal Jamaah:

  1. Professor Dr Sheikh Ahmad Muhammad Al-Tayyeb. Beliau adalah ulama Aswaja (ahlussunnah wal Jama’ah) Grand Syaikh Al Azhar dan Grand Imam Masjid Al Azhar Mesir.
  2. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, adalah tokoh penganut paham Aswaja presiden tanah air tercinta Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Sheikh Dr Ali Goma’a (Ali Jum’ah), adalah seorang ulama Aswaja Grand Mufti Mesir.
  4. K.H. Said Aqil Siradj, adalah Ulama Aswaja yang sekarang memimpin organisasi Islam ahlussunnah wal jama’ah terbesar di dunia Ketua Umun PBNU.
  5. Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah, adalah Sultan Brunei Darussalam, tokoh penganut paham Aswaja.
  6. Habib Umar bin Hafidz, adalah ulama Aswaja (ahlussunnah wal Jamaah) pemimpin Darul Musthofa Tarim – Hadramaut – Yaman.
  7. Professor Dr. M. Din Syamsuddin, adalah tokoh muslim penganut paham Aswaja pemimpin ormas Islam terbesar kedua di Indonesia Ketua Umum PP Muhammadiyah.
  8. Habib Ali Al Jufri, adalah seorang ulama Aswaja (ahlussunnah wal jamaah) negeri Yaman pemimpin Tabah Foundation.
  9. Sheikh Mehmet Nazim Adil Al-Qubrusi Al-Haqqani, adalah ulama Ahlussunnah wal Jamaah pemimpin Sufi Naqshabandi Haqqani dari Ciprus.
BACA JUGA:  Fakta Perang Suriah Menurut Putra Syaikh Said Ramadhan Al-Buthi

Dan masih banyak lagi…. Ulama-ulama lokal di setiap negara mana pun di dunia selalu didominasi para Ulama A.s.w.a.j.a. Terkecuali di Arab Saudi dan Iran, ulama paling berpengaruh selalu didominasi Ulama A-s-w-a-j-a.

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Muhammad Najib

Mahasiswa STAIN di Kudus Jawa Tengah. Alumnus Pondok Pesantren Modern Al-Arsyad Pati.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker