Bisnis Online

Uang Ilegal Kembali ke Indonesia Lewat Tax Amnesty, Benarkah?

JAKARTAUang Ilegal kembali ke Indonesia lewat Tax Amnesty, demikian kecurigaan penggugat kebijakan Tax Amnesty. Kebijakan pemerintah terkait wajib pajak berupa Tax Amnesty tampaknya tak berjalan mulus, penggugat mencurigai kebijakan tax amnesty sebagai ajang kembalinya uang ilegal ke Indonesia.

Penggugat kebijakan tax amnesty menilai dengan berjalannya Undang-undang (UU) pengampunan pajak, patut dicurigai langkah itu sebagai ajang kembalinya uang ilegal ke Indonesia. Yayasan Satu Keadilan yang juga merupakan lembaga penggugat kebijakan Tax Amnesty menerangkan apa yang disebut uang ilegal, hal ini lantaran mereka selama ini menaruh dananya di luar negeri.

BACA JUGA:  Laju Industri Perikanan dan Migas di Natuna Dikebut Pemerintah

Ketua Yayasan Satu Keadilan, Sugeng Teguh Santoso, mempertanyakan tentang dana ini, kenapa Kementerian Keuangan dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tidak menyelidiki lebih jauh mengenai sumber dana yang akan di repatriasikan.

Sugeng Teguh Santoso mengatakan: “Memang pada dasarnya prinsip tax amnesty ini keadilan. Tapi ini dimaknai oleh para penggugat, uang yang selama ini ada di luar negeri, patut diduga itu uang ilegal. Karena kalau tidak ilegal harusnya ditaruh di Indonesia,” kata dia, Sabtu (23/7/2016) di Warung Daun Jakarta seperti dikutip Sindo News.

BACA JUGA:  Flexi ASWAJA, HP Produk Telkom untuk Kebangkitan Da'wah ASWAJA

 

tax amnesty dicurigai ajang kembalinya uang ilegal ke indonesia Nww thumb - Uang Ilegal Kembali ke Indonesia Lewat Tax Amnesty, Benarkah?

 

Dengan adanya undang-undang tax amnesty yang telah berjalan, selain dana repatriasi yang patut diduga sebagai uang ilegal, ini bisa menjadi satu cara untuk praktek legal pencucian uang ilegal (money laundry).”Ini sangat memungkinkan karena membuka celah permainan uang di dalam negeri,” sambungnya.

Dia mengatakan juga, bahwa menurutnya banyak pasal-pasal di dalam UU tax amnesty yang bertentangan dengan prinsip keadilan, seperti melindungi pengemplang dan penggelap pajak yang selama ini tidak terdeteksi. Padahal di sini praktek uang ilegal bisa terjadi, yang seharusnya diproses secara hukum yang berlaku.

BACA JUGA:  Sebagai Kelompok Teroris Terkaya, ISIS Kini Kesulitan Uang

“Selama ini mereka tidak membayar pajak dengan benar dan mungkin sengaja menghindar dari pajak, yang seharusnya mereka diproses dalam ranah hukum, mereka bakal diampuni begitu saja,” pungkasnya bernada menyalahkan kebijakan tax amnersty .

Yayasan Satu Keadilan sebagai penggugat kebijakan Tax Amnesty terus menyoroti hal-hal terkait pengampunan pajak. Hal ini termasuk yang baru-bari ini mereka mencurigai kebijakan tax amnesty sebagai ajang kembalinya uang ilegal

 

Tags

Artikel Terkait :

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker