Berita Suriah

Turki Akan Sesali Tindakan Liciknya Jatuhkan Jet Tempur Rusia

Ramzan Kadyrov: Turki Akan Sesali Tindakan Liciknya Jatuhkan Jet Tempur Rusia

 

Di hari Selasa, jet tempur Rusia, Su-24 ditembak jatuh oleh pasukan Turki saat sedang terbang di wilayah udara Suriah dekat perbatasan Turki. Pesawat tersebut sedang dalam tugas memerangi target teroris ISIS dan teroris dari kelopok lainnya. Jet tempur Rusia tidak sama sekali memasuki wilayah udara Turki.

 

Presiden Chchnya Ramzan Kadyrov: Turki Akan Sesali Tindakan Liciknya Jatuhkan Jet Tempur Rusia.

 

GROZNY – Ramzan Kadyrov, Presiden Republik Chechnya, telah mengeluarkan peringatan berupa ancaman keras pada Turki melalui halaman Instagramnya, setelah pasukan Turki menembak jatuh sebuah jet tempur Rusia di dekat perbatasan Suriah – Turki.

Ramzan Kadyrov yang sering meposting video saat ia sedang melakukan latihan beladiri itu, kali ini mengunggah sebuah video klip saat tengah berjalan di atas treadmill dengan menggunakan sebuah t-shirt bergambar presiden Putin, sebuah rudal dan jet tempur.

Dalam video yang diunggahnya, Kadyrov menegaskan bahwa Turki “akan menyesali apa yang telah mereka lakukan dalam waktu yang lama,” Ramzan Kadyrov juga menambahkan bahwa “Mereka yang selalu mencari kesempatan untuk berbicara mengenai persahabatan dan kerjasama seharusnya tidak bertindak licik seperti Turki.

Komentar Ramzan Kadyrov itu dipicu oleh insiden 24 November, di mana jet tempur Rusia ditembak jatuh oleh pasukan Turki, sementara menurut Kementerian Pertahanan Rusia, jet tempur tersebut tidak melanggar wilayah Turki.

BACA :  Suriah Ucapkan Selamat Kepada Irak Atas Pembebasan Ramadi

Kremlin menyatakan masih belum mengatahui nasib kedua pilot jet tempurnya, meski sudah dinyatakan bahwa kedua pilot tersebut berhasil keluar dari pesawat sebelum pesawat terjatuh. Sebuah kabar online menyebut salah satu pilot telah tewas akibat ditembak dari bawah saat menyelamatkan diri dengan parasut.

Presiden Putin sendiri menyatakan tindakan Turki ini sebagai tindakan “menikam dari belakang”. Presiden Putin memperingatkan akan ada konsekwensi serius bagi Turki atas tindakannya ini.

 

Ahli Perancis: Penembakan Jet Tempur Rusia Bukti Turki Kibarkan Bendera ISIS

PARIS – Tindakan Turki Menembak jatuh sebuah jet tempur Rusia di Suriah adalah sebuah bentuk tindakan dukungan untuk teroris ISIS yang selama ini menjadi sasaran serangan udara Rusia. Hal ini diungkap oleh Gilbert Collard, wakil partai Front Nasional Perancis, kepada Sputnik, Selasa (24/11).

“Saya menganggap kenyataan bahwa pesawat Rusia telah ditembak saat sedang memerangi ISIS adalah sebuah bentuk pengakuan status negara Turki sekarang,” ungkap Collard, “Turki menembaki orang-orang dan pesawat yang sedang bertempur melawan ISIS. Dengan demikian, ia memilih berada di sisinya, dan itu adalah sisi teroris,” tambahnya.

“Turki bisa saja melakukan panggilan untuk pertemuan luar biasa, tapi itu tidak mengubah fakta bahwa dalam memerangi teroris, Anda harus memilih sekutu Anda. Sayangnya, Turki belum melakukan itu.”

BACA :  Terlibat Masalah dengan Rusia, Turki Gandeng Israel Lagi
banner gif 160 600 b - Turki Akan Sesali Tindakan Liciknya Jatuhkan Jet Tempur Rusia

Jean-Vincent Brisset, ahli hubungan internasional dari Institute Perancis untuk urusan-urusan Strategis dan Internasional (IRIS) mengatakan bahwa reaksi terhadap Turki sekarang dalam tahap kritis.

“Saya tidak percaya pesawat Rusia melanggar wilayah udara Turki. Sekarang sudah jelas, siapa mendukung siapa (dalam perang ini). Selama ini hal ini belum benar-benar jelas hingga hal ini terjadi,” ungkap Brisset yang menambahkan bahwa posisi Turki dalam perang terhadap terorisme menjadi semakin kontroversial di Barat.

“Turki telah menjadi lebih agresif kepada Kurdi daripada ISIS. Sekarang, ketika semua orang berbicara tentang pembentukan koalisi dan berbicara tentang kerjasama, perlu untuk mendefinisikan siapa musuh bersama.”

“Saya berpikir bahwa Rusia telah cukup baik untuk menahan diri demi menghindari konfrontasi serius. Kini waktunya telah tiba untuk meletakkan kartunya diatas meja. Apakah kita akan bersama dengan Rusia dan anggota lain dari koalisi melawan ISIS, atau sebaliknya . “

“Saya sarankan agar kini Erdogan lebih baik menyatakan secara terbuka dukungannya untuk ISIS atau kalau tidak, memplokamirkan diri untuk bersikap netral dan tidak mengambil tindakan-tindakan melawan mereka yang sedang memerangi ISIS.

Di hari Selasa, jet tempur Rusia, Su-24 ditembak jatuh oleh pasukan Turki saat sedang terbang di wilayah udara Suriah dekat perbatasan Turki. Pesawat tersebut sedang dalam tugas memerangi target teroris ISIS dan teroris dari kelopok lainnya. Jet tempur Rusia tidak sama sekali memasuki wilayah udara Turki.

BACA :  AS Habiskan Dana Sekitar Rp23,7 triliun Untuk Perangi ISIS

Menurut laporan, dua pilot jet tempur tersebut berhasil keluar dari pesawat sebelum pesawat tersebut jatuh, meski belum diketahui keberadaannya.  (AL/ARN)

Kunjungan Menlu Rusia Batal ke Turki Pasca Jet Tempurnya Jatuh

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dijadwalkan mengunjungi Turki pada Rabu 25 November. Namun, rencana tersebut batal akibat jatuhnya pesawat tempur Rusia karena ditembak Turki.

Seperti diberitakan, pesawat tempur F-16 milik Turki menembak jatuh jet tempur milik Rusia, Su-24. Alasan kenapa Angkatan Udara (AU) Turki menembak jatuh jet tempur Rusia karena mengabaikan peringatan melewati wilayah udara Turki untuk mencapai Suriah. Tetapi alasan ini dibantah Rusia dengan merilis bukti Video bahwa jet tempur Rusia tersebut tidak melanggar wilayah udara Turki.

 

Kunjungan Menlu Rusia Batal ke Turki Pasca Jet Tempurnya Jatuh

 

Seperti dilaporkan ITV, Selasa (24/11/2015), ditembak jatuhnya pesawat tempur tersebut membuat rencana kunjungan Menlu Sergey Lavrov yang sudah dijadwalkan menjadi tidak jelas, dan kemudian pertemuan itu benar-benar dibatalkan. Padahal pria berkacamata itu dijadwalkan mengunjungi Turki untuk membahas masalah Suriah.  (AL/ARN/SFA)

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker