Berita Turki

Turki Ajukan Ekstradisi Fethullah Gulen

WASHINGTON DC  Turki Ajukan Ekstradisi Fethullah Gulen. Pemerintah Turki secara resmi telah menyerahkan dokumen yang meminta ekstradisi Fetullah Gulen. Menurut juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, Ankara telah menyerahkan dokumen tersebut kepada pemerintah AS.

“Ada beberapa materi yang disampaikan oleh pemerintah Turki dalam bentuk elektronik kepada pemerintah AS terkait dengan status Mr. Gulen, Departemen Kehakiman dan Departemen Luar Negeri akan meninjau materi-materi yang konsisten dengan persyaratan perjanjian ekstradisi antara AS dan Turki secara hukum selama lebih dari 30 tahun,“ ungkap Earnest kepada wartawan sebagaimana dikutip Sputnik, Selasa (19/07).

BACA :  Mengenang Serena Shim, Wartawan AS Pemberani di Suriah

 

gulen e1468962599160 - Turki Ajukan Ekstradisi Fethullah Gulen
Turki ajukan ekstradisi Fethullah Gulen

 

banner gif 160 600 b - Turki Ajukan Ekstradisi Fethullah Gulen

Permintaan Turki ajukan ekstradisi Fethullah Gulen itu menyusul pembicaraan antara Presiden AS Barack Obama dan Presiden Turki Recep Tayyip Erodgan pada hari Selasa, di mana Obama menawarkan bantuan untuk Erdogan dalam menyelidiki kudeta, tetapi mendesak pemimpin Turki untuk meringankan sikanyap terhadap tokoh-tokoh oposisi.

Kenapa pemerintah Turki ajukan ekstradisi Fethullah Gulen? Pemerintah Erdogan menyalahkan Gulen, seorang tokoh politik dan agama yang berada di Pennsylvania, karena dianggap mendalangi upaya kudeta yang gagal pekan lalu. Kerusuhan terjadi pasca “kudeta” di jalan-jalan Istanbul dan Ankara menyebabkan hampir 300 orang tewas dan lebih dari 1.400 terluka.

BACA :  Terlibat Masalah dengan Rusia, Turki Gandeng Israel Lagi

Dalam menanggapi upaya kudeta itu, pihak berwenang Turki telah melakukan tindakan keras yang belum pernah terjadi sebelumnya pada indivu – individu yang diyakini terlibat, termasuk gubernur, jaksa, petugas intelijen, hakim, dan personil militer. Dan untuk memuluskan ambisi menghukum siapa yang dianggap musuh nomor satu, presiden Turki ajukan ekstradisi Fethullah Gulen. (al/AKP)

BACA :  Robert Fisk: Erdogan Sedang Bergerak Hancurkan Turki

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker