Sosok & Tokoh

Ternyata Buya Hamka Ucapkan Selamat Natal

Kesaksian Irfan Hamka: Ternyata Buya Hamka Ucapkan Selamat Natal

Irfan Hamka mengisahkan, ayahnya dulu juga pernah mengucapkan Selamat Natal bagi penganut Kristen. Dulu saat tinggal di Kebayoran Baru, ungkap dia, ada dua orang tetangga yang merupakan umat Kristiani. Nama kedua orang itu adalah Ong Liong Sikh dan Reneker.

 

 

Irfan Hamka, Putra dari Buya Hamka, mantan ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) membantah ayahnya melarang mengucapkan Selamat Hari Natal kepada umat Kristiani. Irfan Hamka mengatakan, dalam fatwa yang dikeluarkan Buya pada 1981, isinya bukan pelarangan mengucapkan selamat Natal atau mengharamkannya.

BACA :  Agama Ibarat Isteri, Karena Itu Jangan Mempersoalkan Isteri Orang !

Menurut Irfan Hamka, yang diharamkan Buya Hamka adalah mengikuti ibadah Natal yang dilakukan umat Kristiani. Irfan menjelaskan, maksud ayahnya tersebut, umat Islam dilarang mengikuti ibadah umat yang merayakan Natal, seperti menyanyi di gereja, membakar lilin atau apa pun yang termasuk ibadah pada hari Natal.

Irfan Hamka mengisahkan, ayahnya dulu juga pernah mengucapkan Selamat Natal bagi penganut Kristen. Dulu saat tinggal di Kebayoran Baru, ungkap dia, ada dua orang tetangga yang merupakan umat Kristiani. Nama kedua orang itu adalah Ong Liong Sikh dan Reneker.

BACA :  Syaikh Ahmad Hassoun dari Suriah Tebar Cinta di Eropa
banner gif 160 600 b - Ternyata Buya Hamka Ucapkan Selamat Natal

Saat ayahnya merayakan Idul Fitri, keduanya memberikan ucapan selamat Lebarab kepada Buya Hamka. Begitu pun sebaliknya Buya Hamka juga mengucapkan selamat kepada kedua tetangganya tersebut. “Selamat, telah merayakan Natal kalian,” kata Irfan saat menirukan ucapan ayahnya kepada Republika, Selasa (23/12).

Ulama Indonesia penulis novel Tenggelamnya Kapal van der Wijck tersebut mengegaskan, dalam kata ‘Natal kalian’ untuk membatasi akidah. Pasalnya, dalam Alquran dijelaskan ‘Bagimu Agamamu, Bagiku Agamaku’. Bahkan, lanjut Irfan, Buya Hamka juga pernah meminta istrinya untuk memberikan rendang kepada tetangganya. Tapi, rendang tersebut diberikan bukan saat malam Natal, melainkan pada tahun baru Masehi.

BACA :  KH Maruf Amin Tidak Melarang Ucapan Selamat Natal

Irfan Hamka menegaskan tidak masalah mengucapkan Selamat Natal, asalkan disertakan kata kalian atau bagi kaum Kristiani. Sebab, kata tersebut yang membedakan antara aqidah masing-masing agama. Dia juga meminta umat Islam untuk tidak mengucapkan selamat kepada umat Kristen sebelum umat tersebut merayakan ibadahnya. Karena, menurut Irfan, kata selamat diucapkan setelah peristiwa itu terjadi. (al/rol)

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker