Advertisement

AffiliatBlog Solusi Berbagai Kebutuhan Affiliate Marketing Anda

Berita Afrika

SPBU Meledak Tewaskan 90 Orang di Ghana

Di Ghana Afrika: Ledakan di SPBU Tewaskan 90 Orang

Islam-Institute.com, JAKARTA – Telah terjadi sebuah ledakan besar di SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) ibukota Ghana, Accra, pada Rabu malam waktu setempat. Ledakan dahsyat tersebut telah menewaskan sekitar 90 orang, demikian pernyataan petugas pemadam kebakaran setempat.

Warga ibu kota yang menjadi korban tersebut sedang berlindung dari hujan di SPBU saat terjadi ledakan.

Penyebab ledakan dicurigai berasal dari api yang muncul dari terminal truk di dekat SPBU yang kemudian menyebar ke bangunan-bangunan lain, kata juru bicara pemadam kebakaran Prince Billy Anaglate.

BACA JUGA:  Pasukan Motor Pertamina Dikerahkan Antar BBM di 'Brexit'

Api kemudian mulai menyebar ke SPBU dan menimbulkan ledakan besar yang menyebabkan tempat tersebut rata dengan tanah. “Ini adalah ledakan akibat kebakaran. Para warga yang tengah berlindung dari hujan tidak mempunyai kesempatan untuk melarikan diri,” kata Anaglate.

Pada masa-masa kritis beberapa jam setelah ledakan, para petugas pemadam kebakaran berjuang untuk memadamkan api sementara pihak kepolisian dan tentara bersama-sama menolong warga yang terjebak di dalam reruntuhan, demikian keterangan Wali Kota Accra, Oko Vanderpuije.

BACA JUGA:  Pertamina Rencanakan Tambah SPBU di Tol Brebes

Wartawan Reuters yang berada di lokasi mengaku menyaksikan sejumlah mayat terbakar di dalam mobil tempat mereka berlindung saat ledakan terjadi. Sementara itu tim penyelamat yang mengenakan masker dan sarung tangan berupaya mengangkap mayat-mayat tersebut, yang semuanya tidak dapat dikenali lagi.

Menurut keterangan Anaglate, indikasi awal menunjukkan bahwa kebakaran terjadi tanpa unsur kesengajaan. Sebelum kejadian ledakan, sejumlah area ibu kota Accra terendam banjir dan memaksa para warga untuk berlindung di tempat lain. Salah satunya adalah SPBU tempat kejadian.

BACA JUGA:  Pria Muslim yang Lindungi Orang Kristen Akhirnya Meninggal Dunia

Presiden Ghana John Mahama, yang mengunjungi area ledakan, menyatakan duka cita atas kematian dan kerugian. Dia menyalahkan tragedi tersebut pada banjir yang disebabkan oleh pembangunan pemukiman dan area usaha di tengah jalur air sehingga merusak sistem drainase kota.

Sementara di sisi lain, badan meteorologi Ghana memperkirakan bahwa hujan akan terus berlanjut sampai pada Kamis waktu setempat. (al/beritaonline)

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker