Berita Timur Tengah

Sergey Lavrov: Iran Harus Diajak Bahas Solusi Konflik Suriah

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov: Iran Harus Diajak Bahas Solusi Konflik Suriah

Federica Mogherini, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa itu juga mendukung Sergey Lavrov mengenai ide mengundang Iran untuk mengambil bagian dalam pembicaraan solusi konflik Suriah.

Islam-Institute, WINA-AUSTRIA – Menjelang bubarnya ‘negara ISIS‘ oleh serangan Rusia, Suriah, Iran, dan Irak, tampak mulai ada kesibukan pertemuan para pejabat negara-negara terkait guna pembicaraan solusi konflik Suriah. Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, mengatakan bahwa puluhan pelaku dari berbagai organisasi internasional hingga berbagai organisasi negara-negara regional, terutama Iran dan Mesir, harus bergabung dan ikut dalam pembicaraan guna menemukan solusi politik atas krisis di Suriah.

“Banyak aktor eksternal dan bukan hanya empat negara  yang berkumpul di Wina saja yang  terlibat dalam krisis Suriah. Untuk alasan ini, kami menyeru bahwa agar dalam pertemuan yang akan datang, diselenggarakan dalam format yang lebih representatif yang akan mencakup berbagai kekuatan regional, ” ungkap Sergey Lavrov seusai pertemuan yang diadakan di Wina, Austria.

“Kami menekankan secara khusus agar  hal itu meliputi juga Iran dan Mesir,” tambahnya.

Pada hari Jum’at (23/10) kemarin, Menlu Rusia, AS, Turki, dan Arab Saudi menyelenggarakan pembicaraan membahas konflik Suriah, di Wina, Austria.

banner 2 2 - Sergey Lavrov: Iran Harus Diajak Bahas Solusi Konflik Suriah

Menurut Sergey Lavrov, format pembicaraan di Suriah tidak harus “berlarut-larut,” meskipun mungkin saja hal itu  bisa melibatkan sekitar lebih dari sepuluh negara dan organisasi, termasuk Liga Arab dan Organisasi Kerjasama Islam.

Menlu Rusia itu juga menekankan bahwa krisis yang terus berlanjut di Timur Tengah dan Afrika Utara itu tidak hanya menjadi keprihatinan negara-negara Arab, Turki dan Iran, namun juga seluruh dunia Islam.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry menyebut pertemuan itu adalah pertemuan yang “konstruktif dan produktif”. Ia juga menambahkan bahwa ide-ide yang diusulkan pada pertemuan ini mungkin secara  positif bisa mempengaruhi laju perubahan di Suriah.

Menurut Bloomberg, John Kerry tidak menutup kemungkinan untuk mengundang Iran agar mengambil bagian dalam negosiasi Suriah. Ia mengakui bahwa Teheran seharusnya diminta bergabung dalam perundingan. Ia juga mengatakan bahwa pembicaraan berikutnya mengenai Suriah bisa dilangsungkan Jumat depan.

Ucapan Sergey Lavrov untuk melibatkan komunitas Internasional ini, kemudian disuarakan juga oleh kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, yang kemudian mengatakan pada hari Jumat kemarin, bahwa keputusan Uni Eropa adalah bahwa “semua aktor regional dan internasional yang relevan harus dilibatkan.”

Federica Mogherini, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa itu juga mendukung Sergey Lavrov mengenai ide mengundang Iran untuk mengambil bagian dalam pembicaraan solusi konflik Suriah. “Saluran terbuka kami dengan Iran adalah sesuatu yang kita gunakan dengan sangat aktif, dan saya berharap Iran dapat menjadi bagian dari proses ini,” kata Mogherini. (AL/SFA/LM/RT)

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker