Advertisement

AffiliatBlog Solusi Berbagai Kebutuhan Affiliate Marketing Anda

Berita Rusia

Sergei Lavrov: Pasukan Turki Lakukan ‘Ekspansi Merayap’ ke Suriah

Sergei Lavrov, Menteri Luar Negeri Rusia Menyatakan Rusia Punya Bukti Pasukan Turki Lakukan ‘Ekspansi Merayap’ ke dalam Suriah …

 

Islam-Institute, MOSKOW – Rusia menuduh Turki telah melakukan “ekspansi merayap” ke dalam wilayah Suriah dan memiliki bukti bahwa pasukan Turki berada di wilayah Suriah. Demikian Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada hari Minggu.

Komentar Sergei Lavrov adalah konfrontasi terakhir antara Moskow dan Ankara, setelah jet Turki menembak jatuh sebuah pesawat perang Rusia dekat perbatasan Turki – Suriah pada bulan November tahun lalu.

BACA JUGA:  Mantan Penasehat Presiden Putin Tewas di AS

“Turki telah mulai menyatakan memiliki hak berdaulat untuk membuat beberapa zona keamanan di wilayah Suriah,” kata Lavrov pada saluran televisi Rusia Ren-TV. “Menurut data kami, mereka telah ‘menggali parit’ beberapa ratus meter dari perbatasan di Suriah. … Ini semacam ekspansi merayap”.

Sergei Lavrov juga mengatakan bahwa Rusia akan bersikeras agar PBB mengundang Kurdi dalam pembicaraan damai konflik Suriah meskipun ada penentangan dari Turki.

BACA JUGA:  Pemerintah Irak Kecam Pasukan Turki Melanggar Kedaulatan Irak

Rusia dan Turki berada di sisi yang berlawanan dari konflik lima tahun di Suriah. Hubungan antara kedua negara terpuruk setelah Turki menembak jatuh pesawat Rusia, yang digambarkan oleh Presiden Vladimir Putin sebagai “tusukan di belakang”.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tidak meminta maaf atas insiden tersebut, dan mengatakan jet Rusia menyeberang ke wilayah udara Turki dan mengabaikan peringatan berulang-ulang. Rusia membantah pesawat perangnya melanggar wilayah udara Turki.

BACA JUGA:  Rusia Tolak Dugaan Human Error dalam Kecelakaan Pesawat

Sergei Lavrov menambahkan pada Ren-TV bahwa Rusia bersedia untuk mengkoordinasikan tindakan di Suriah dengan Amerika Serikat sehingga kota Raqqa bisa diambil kembali.

“Pada tahap tertentu Amerika menyarankan melaksanakan ‘pembagian kerja’, angkatan udara Rusia harus berkonsentrasi pada membebaskan Palmyra dan koalisi AS dengan dukungan Rusia harus berkonsentrasi pada membebaskan Raqqa”.   (AL/ARN)

 

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker