Berita Afganistan

Serangan Udara AS Menewaskan Komandan Al-Qaeda di Afghanistan

Abu Khalil Al-Sudani Komandan Al-Qaeda yang Tewas di Afganistan

Sebuah serangan udara AS di Afghanistan menewaskan seorang komandan senior Al-Qaeda yang bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri bersama dua militan lainnya, sebagaimana yang dikatakan Juru Bicara Pentagon pada Jum’at, 24/7.

Serangan yang terjadi di provinsi Paktika pada 11 Juli tersebut menewaskan Abu Khalil al-Sudani, seorang “komandan operasional tingkat tinggi Al-Qaeda“, Pentagon yang diwakili oleh Sekretaris Badan Pertahanan AS,  Ashton Carter mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dirilis kepada wartawan di Irak.

“Al-Sudani adalah salah satu dari tiga ekstremis yang tewas dalam serangan itu. Kematian al-Sudani lebih lanjut akan menurunkan operasi al-Qaeda di seluruh dunia,” kata pernyataan tersebut.

banner 2 2 - Serangan Udara AS Menewaskan Komandan Al-Qaeda di Afghanistan

 

Pentagon menggambarkan Al-Sudani sebagai anggota syura senior dan kepala operas ledakan bunuh diri al-Qaeda, dan ia pun terlibat langsung dalam perencanaan serangan terhadap Amerika Serikat.

“Dia juga mengarahkan operasi terhadap Koalisi, Afghanistan, pasukan Pakistan, serta mempertahankan hubungan dekat dengan Ayman al-Zawahiri, pemimpin Al-Qaeda,” Tambahnya.

Dalam pernyataan tersebut , Carter juga mengatakan bahwa tewasnya Sudani merupakan hasil kerja yang dilakukan oleh Jenderal John Campbell, komandan pasukan NATO di Afghanistan, dan pasukannya “untuk melakukan perlawanan terhadap al-Qaeda“.

“Kami akan terus melawan ekstremisme dan kekerasan di kawasan Timur Tengah dan dunia,” kata Carter. (ef/alarabiya)

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker