Buku

Sejarah Sekte Salafi Wahabi dan Banjir Darah Umat Islam

Sejarah Berdarah Sekte Salafi Wahabi

Benarkah sejarah sekte Salafi Wahabi digenangi Banjir Darah Umat Islam? Nabi Muhammad saw pernah menyingkap akan datangnya kaum yang ciri-cirinya persis dengan keadaan kaum Salafi Wahabi. “Mereka memerangi orang Islam dan membiarkan para penyembah berhala” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, Nasai, dan Ahmad)

sejarah berdarah sekte salafi wahabi - Sejarah Sekte Salafi Wahabi dan Banjir Darah Umat Islam

Data Buku

Judul: Sejarah Berdarah Sekte Salafi Wahabi

Penulis: Syaikh Idahram

Penerbit: Pustaka Pesantren (Grup LKIS)

Tahun Terbit: 2011

Harga Netto: 50.000

Ketika akan memulai menulis review buku ini saya sedikit ragu. Ada sedikit ragu untuk bersiap menghadapi serangan atau bahkan hujatan dari kelompok Salafi yang kebakaran jenggot melihat kelompok mereka dikritik sedemikian rupa. Saya kira sudah jadi identitas bagi kelompok Salafi untuk ringan lisan mengkafirkan, membid’ahkan dan menyesatkan orang/kelompok yang tidak sejalan dengan pemikiran mereka.

Buku ini saya temui di pameran buku di Jogja Expo Center beberapa hari lalu. Ditulis oleh seorang penulis Syaikh Idahram (yang saya sayangkan, biografi singkat penulis tidak dijelaskan sedikitpun di buku ini. Sepertinya ini nama pena). Selain penulis tersebut, buku ini juga di-endorser oleh beberapa tokoh kompeten yaitu: KH. Arifin Ilham (Pimpinan Majelis Dzikir Adz Zikra), KH. DR. Ma’ruf Amien (Ketua MUI) dan Prof. Said Agil Siraj (Ketua Umum PBNU).

KH. Ma’ruf Amien misalnya menyatakan bahwa “Buku ini layak dibaca oleh siapa pun. Saya berharap setelah membaca buku ini, seorang muslim meningkat kesadarannya, bertambah kasih-sayangnya, rukun dengan saudaranya, santun dengan sesama umat, lapang dada dalam menerima perbedaan dan adil dalam menyikapi permasalahan.”

Ringkasan Sangat Ringkas Buku Sejarah Berdarah Sekte Salafi Wahabi

Adapun buku ini terbagi ke dalam 6 bab pembahasan.

BACA :  Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah: Allah Tidak di Atas Langit

Bab pertama, bercerita tentang seluk beluk sekte Salafi Wahabi. Saya mencatat bahwa berdirinya kelompok (atau sekte menurut penulis buku) tidak lepas pula dari kepentingan ekonomi-politik duet Muhammad bin Saud dan Muhammad bin Abdul Wahab untuk melepaskan diri dari Kekhalifahan Turki Utsmani dan mendirikan negara/pemerintahan baru. Terbukti hari ini, dinasti Raja Saudi didukung pewaris madzhab Salafi Wahabi bergandengan tangan duduk satu meja dengan pihak Barat dalam banyak hal.

Bab kedua, bercerita tentang sejarah kejahatan sekte Salafi Wahabi. Susah untuk dipercaya, dan mungkin memang harus dikonfirmasi terlebih lebih lanjut. Tapi, data dan fakta yang disampaikan penulis cukuplah kuat untuk membuktikan tuduhan kejahatan ini. Beberapa peristiwa terkini, seperti pembantaian jamaah haji dari Yaman (tahun 1921) sejumlah hampir 1000 orang. Juga jamaah haji dari Iran (tahun 1986), sedikitnya 329 orang tewas dan ribuan lainnya terluka. Anda tahu kenapa jamaah Iran dibantai? Jawabannya karena mereka berdemo melaknat negeri-negeri barat. Bagaimana pendapat anda? Kalau anda tidak merasa aneh dan miris, justru saya akan mempertanyakan ke-Islaman anda…

banner gif 160 600 b - Sejarah Sekte Salafi Wahabi dan Banjir Darah Umat Islam

Bab ketiga, bercerita tentang hadits-hadits Rasul tentang kaum yang punya ciri-ciri persis sekte Salafi Wahabi. Ada beberapa hadits yang diangkat dalam buku Sejarah Berdarah Sekte Salafi Wahabi ini. Akan tetapi Hadits Bukhari, Muslim, dan Hakim sepertinya cukup mewakili: “Akan terjadi di tengah umatku perbedaan dan perpecahan. Akan muncul suatu kaum yang membuatmu kagum, dan mereka juga kagum terhadap diri mereka sendiri. Namun orang-orang yang membunuh mereka lebih utama di sisi Allah daripada mereka. Mereka baik perkataannya, namun buruk perbuatannya. Mereka mengajak kepada kitab Allah, tetapi tidak mewakili Allah sama sekali. Jika kalian menjumpai mereka, maka bunuhlah.”

BACA :  Kaum Wahabi Merusak Hasyiyah ash-Shawi Ala Tafsir al Jalalain

Saya kira kalau kelompok umat Islam lain konsisten bertindak secara tekstual (seperti yang dipraktekkan Salafi), bisa jadi kelompok Salafi sudah dibunuh sejak dulu –tidak akan ada yang rugi saya kira. Akan tetapi, saya kira sebagian umat Islam lebih cerdas dan arif dalam melihat perbedaan sehingga tidak gegabah dan bodoh dalam bertindak.

Bab keempat, bercerita tentang fatwa-fatwa yang menyimpang dari sekte Salafi Wahabi. Seperti biasa yang kita tahu, bahwa fatwa-fatwa mereka seringkali otoriter dan bila tidak dilaksanakan lalu kuasa bahasa bermain (sesat, kafir, bid’ah, boikot sampai halal darahnya). Saya heran hari seperti ini sempat-sempatnya memfatwakan haramnya belajar bahasa selain bahasa arab, gila bukan? Menurut Salafi belajar bahasa selain arab adalah bentuk tasyabbuh kuffar (menyerupai orang-orang kafir). Entah dimana akal sehat ditaruh pada fatwa ini. Padahal bahasa adalah ilmu alat yang amat penting, tanpa bahasa ilmu tidak akan pernah menyebar luas, dakwah pun hanya akan terjepit di lokal tertentu.

Selain fatwa aneh haram belajar bahasa lain, ada juga fatwa-fatwa janggal lain seperti: haram membawa jenazah dengan mobil, ucapan hari raya adalah bid’ah dan sesat, dsb.

Bab kelima, bercerita tentang kerancuan konsep dan manhaj sekte Salafi Wahabi. Inti dari bab ini kurang lebih senada dengan buku Prof. Said Ramadhan Al Buthi Assalafiyyah Marhalatun Zamaniyyatun mubârakatun lâ Madzhabun Islâmiyyun yang menyatakan bahwa sekte Salafi Wahabi pada dasarnya hanyalah sebuah fase sejarah bukan madzhab.

Ada dua argumen yang harusnya dijadikan catatan: Pertama, bahwa kaum Salaf pun ketika itu tidak selalu seragam dalam menghadapi permasalahan. Adalah suatu kejanggalan ketika sekarang harus diseragamkan, atau jangan-jangan keseragaman ini bukan muncul dari kaum Salaf tapi justru dari pemaksaan ajaran Muhammad ibnu Abdul Wahab?  Kedua, kelompok sekte Salafi Wahabi begitu gencar mengkampanyekan anti taqlid dan madzhabiyah (Syafii, Hanbali, Hanafi dan Malik). Sayangnya, mereka tidak konsisten! Justru mereka sendiri sangat taqlid terhadap ulama mereka seperti Syekh bin Baz, Syekh bin Utsaimin, Syekh bin Fauzan, dll. Lucu bukan?? Lucu sekali…

BACA :  BENARKAH SALAFI WAHABI ITU AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH ?

Epilog

Hari ini perbedaan yang sifatnya furuiyah seharusnya tidak dihadapi dengan semangat bid’ah-membid’ahkan atau bahkan kafir-mengkafirkan. Itu terlalu jauh dan kasar terhadap sesama umat Islam. Kalau konsisten dengan Salaf, seharusnya akhlak Rasul mereka junjung tinggi. Bukan justru akhlak Khawarij yang gemar menuduh kafir, bid’ah dan sesat terhadap Umat Islam.

Pada akhirnya, hari ini sudah jelas siapa musuh Islam. Sudah jelas siapa yang harus kita lawan bersama-sama. Jangan sampai kelompok anti Islam, dari Zionis maupun barat terus menertawai umat Islam yang lebih senang ribut di internal alih-alih mensolidkan diri. Dan tolong dicatat: saya adalah salah seorang yang paling sakit hati melihat ada kelompok seperti sekte Salafi Wahabi yang begitu keras dan kasar terhadap sesama muslim. Namun begitu tak acuh dan toleran terhadap imperalisme bangsa Barat. Bahkan dalam kasus konflik Suriah, Irak dan Yaman sekte Salafi Wahabi bekerjasama dengan kaum kafir bangsa Barat.

Demikian ringkasan sangat ringkas buku Sejarah Berdarah Sekte Salafi Wahabi.

Rewiew Oleh: Zulfi Ifani

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

261 thoughts on “Sejarah Sekte Salafi Wahabi dan Banjir Darah Umat Islam”

  1. Itulah ajaran islam yg bersumber dr quran yg berkontradiksi dgn dirinya sendiri.. seperti coin dgn 2 sisinya.. yg satu mengajarkan kebaikan tetapi yg satunya mengajarkan kejahatan spt mengkafirkan kaum lainnya dan menghalalkan pembunuhan bg orang kafir atau kaum yg berseberangan… ajaran yg mengerikan..! Islam jd sumber konflik dimana2 diseluruh belahan dunia…

    1. itu peran hemper dan yahudi mempengaruhi orang orang awam hingga ditampilkanlah Islam sesuai keinginan hemper dan yahudi , jadilah neo khowarij dan teroris. Islam sendiri adalah Rahmat dan cinta bagi seluruh alam , ridwan nt muslim bukan ?

  2. Begitulah kalau orang sudah taklid buta dengan syeikh abdul wahhab , apapun info yang bukan dari golongan akan dianggap sebagai firahtnah guna menutupi kesalahannya, yang penting banyak banyaklah membaca sejarah. Diakui atau tidak memang seperti itu kenyataannya , mengutip pernyataan bung Karno jangan sekali sekali meninggalkan sejarah. Kalau orang jawa ngomong orang orang wahhabi itu tidak dapat melihat jitok/tengguknya sendiri udah sombongnya setengah mati…..Syukron.

  3. Bab keempat, bercerita tentang fatwa-fatwa yang menyimpang dari Salafi Wahabi. Seperti biasa yang kita tahu, bahwa fatwa-fatwa mereka seringkali otoriter dan bila tidak dilaksanakan lalu kuasa bahasa bermain (sesat, kafir, bid’ah, boikot sampai halal darahnya). Saya heran hari seperti ini sempat-sempatnya memfatwakan haramnya belajar bahasa selain bahasa arab, gila bukan? Menurut Salafi belajar bahasa selain arab adalah bentuk tasyabbuh kuffar (menyerupai orang-orang kafir). Entah dimana akal sehat ditaruh pada fatwa ini. Padahal bahasa adalah ilmu alat yang amat penting, tanpa bahasa ilmu tidak akan pernah menyebar luas, dakwah pun hanya akan terjepit di lokal tertentu.

    Selain fatwa aneh haram belajar bahasa lain, ada juga fatwa-fatwa janggal lain seperti: haram membawa jenazah dengan mobil, ucapan hari raya adalah bid’ah dan sesat, dsb.

    Tlong dong di buktikan perkataannya,,,
    Sesekali tolong dong datang ke pesantern salafy, dan bahasa apa saja yang di pake di sana….
    Dan lagian aa beberapa sahabat yang di suruh Raul untuk belajar bahaa Yahudi, sadarlah akh, jangan suka memfitnah..

    1. Budi@

      Bab empat itu bercerita tentang fatwa-fatwa Syekh-syekh Salafy Wahabi, supaya jelas baca aja buku tersebut. Apakah itu fitnah atau fakta nanti ente akan tahu siapa syekh2 yg berfatwa seperti itu. Jika kalian tidak mengikuti fatwa2 mereka itu urusan kalian, ASWAJA tidak perlu membuktikan apa-apa seperti yg emte minta.

      Makanya kasih tahu Syekh2 kalian jangan gampang keluarkan fatwa, jangan gampangan berijtihad, sebab nanti fatwa hasil ijtihadnya akan jadi sampah saja. Kalau kalian tidak mengikuti fatwa2 mereka berarti fatwanya jadi sampah, benar kan?

      1. makana kang, mas, mbakyu, kita tidak diperkenankan taqlid kepada siapapun tanpa adanya dalil dan pemahaman yang benar. Fatwa itu, tentunya juga bagi orang yang mumpuni kapabilitas keilmuannya,, bukan secara ngawur dan yang diberi fatwa hendakna juga tetap mempelajari bagaimana fatwa itu bisa demikian, dalilna apa, dst…

        1. Fatwa ulama-ulama salafy wahabi rata-rata jadi sampah karena saking banyaknya, sehingga para pengikutnya sampai keder dan stress. Kalau di dunia maya mungkin fatwa-fatwa itu ibarat SPAM, tidak menarik sekedar buat dilirik untuk dibaca. Itu akibat terlalu mudah berfatwa, juga akibat yg berfatwa itu individu yg tidak punya kapabilitas sehingga fatwanya tidak bermutu kecuali sekedar bernilai SPAM.

  4. saya yakin penulis buku tersebut tidak asal tulis, pasti ada sandarannya , kalo cuma fitnah buang saja buku itu dan tuntut penulisnya sesuai hukum.

    bagi saya inti persoalannya bukan sekedar Fakta hitam dan berdarah sejarah Wahabi , saya lebih cenderung melihat faham dan ajarannya yang tidak sesuai dengan Qur`an dan Hadist, bahkan banyak yang menyelisihi Ijma , saya melihat jika faham dan ajaran sekte wahabi mirip Agama lain , sama dengan Ahmadiyah yang sesat , hanya saja kesesatan Wahabi dibungkus rapi dengan dalil-dalil yang mereka fahami sendiri , sehingga banyak orang islam yang tertipu dengan selogan kembali pada kitab dan sunnah ala wahabi , makanya tidak heran jika pengikut wahabi adalah orang – orang awam.

  5. NU paling takut menghadapi dakwah SALAFY…tapi Alhamdulillah..dakwah salafy menyebar ke seantero Nusantara.meskipun dg judul buku yg “Ngeri”…membunuh semuanya,toh..fakta di lapangan tdk seperti itu,lihat saja ikhwah Salafy,mereka demonstrasi turun ke jalan jalan atw merusak fasilitas pun mereka tdk mau,apalagi sampai membunuh.tapi sayang kalian di bohongi…oleh orang2 yg sudah kalah Hujjah dg balik serang dg mendustakan sejarah…kasian kasian,bahkan lagi lagi penulis buku ga berani menunjukkan nama asli dan majhul dan hany berlindung di balik tokoh yg sdh lebih dikenal dlm kata pengantarnya,ga jauh beda dg Ulama kalian “abu Sapi…eh Abu salafy”

    1. mas armen, janganlah fikiran ente kemana2 dulu, komentarin aja isi buku atau paling ga isi artikel… bener ga isinya atau bohong…bohongnya yang mana? kalo bener, alasan pembunuhan2 tersebut apa? kita kan pengen tahu langsung dari “pelaku” nya….

    2. Armen@

      Bang Armen, buku tersebut menceritakan sejarahnya, juga mengungkap bahaya laten ajaran Wahabi di masa mendatang. Dan itu sudah terbukti di mana-mana di seluruh dunia. Kalau di Indonesia mungkin baru bom-bom bunuh diri yg terjadi. Tapi tidak tertutup kemungkinan kalian akan berbuat dholim seperti di tempat-tempat lain di mana mereka berada. Tapi insyaallah tidak di Indonesia, sebab tak lama lagi juga kalian akan gembes dengan sendirinya. Kalau masyarakat sudah banyak yg tahu siapa sebenarnya Salafy Wahabi, nantinya juga akan ngacir sendiri dari keterpesonaannya. Yang waras akalnya pasti akan segera menyadari bagaimana Salafy Wahabi itu adalah Islam yg menyimpang dan ahlul bid’ah yg sesungguhnya.

    1. cuma bisa nitip link ya ? Admin titipan link tanpa permisi sebaiknya langsung delet aja , blog mereka ga laku akhirnya nitip , mending kalo permisi.

      1. Mas Syahid, tulisannya tidak didelete tapi kalau diklik arah linknya tidak kemana-mana alias tetap di blog ini. Silahkan coba di klik Mas….

          1. Mas Mamo, dia mengkritik Mas Admin Ummati disuruh pakai jilbab, he he he….

            Orang ganteng kayak gitu disuruh pakai jilbab, ada2 aja nih orang Wahabi gak bisa bedain cewek ama cowok, kayak Noordin M. Top dah, he he he….

          2. @ Aryopati
            autor melihat tanggapan ummati pada 11 maret untuk mas syahid ada gambar cewek jadi dia simpulkan ummati adalah cewek, padahal gambar itu cowok.
            kayaknya gambar bintang film korea.

  6. justru nt yg ga tau…yg pada suka ngebom tu bkn salafy…kalian cuma liat jenggot n pakean mereka yah…kasian bener ga bisa bedain..

    1. Ente mau mungkir ya, kalau ente mungkir, lalu siapa mereka itu yg ngebom-ngebom sambil meledakkan dirinya itu? Hayo, jawab dg jujur ya?

    2. yang ngebom bukan SALAFI tapi WAHABI INDONESIA rekrutan noordin m top ……nt tau dia itu wahabi tulen ……

  7. mau gembes gimana??? tau ga..buku tsb.buat membendung ajaran Salafy yg tdk mebolehkan Tahlilan,maulidan…yg notabene tu tradisi NU,karena sdh banyak Warga NU menyadari bhwa hal tsb.memang menyimpang dr Ajaran Nabi..Warga NU mulai gembes tuh..dg tradisi tradisi tsb.dan mendalami ajaran islam yg shahih..lihat saja,perlahan mulai ilang tuh..tahlilan,maulidan,7 harian,40 harian dll.makanya segala cara untuk membendung ajaran islam yg shahih…lha wong NU pengajian seringnya yaasinan,ada salafy ya kaget…kaya nt yah..tp ga pa2 biar mikir…

    1. Armen, Salafy Wahabi memang harus dibendung dan digembesi, salah satu caranya adalah dg membuat blog seperti Ummati Press ini. Gunanya untuk menyadarkan masyarakat akan bahaya laten Wahabi, atau kalau memungkinkan Salafy Wahabi ini dilarang sepert Ahmadiyah.

      Sebab kekejamannya yg akan terjadi mungkin bisa melebihi PKI-65. Pemerintah mesti mengantisipasi agar tidak kecolongan, sebab Salafy Wahabi adalah sekte yg menghalalkan darah sesama muslim yg tidak sepaham. Mereka terkenal dengan menyembunyikan kebengisan di balik sandiwara kebaikannya. Ini sudah terbukti di mana-mana di seluruh dunia semenjakl kemunculannya hingga hari ini.

    2. itu orang NU yang kurang menggunakan akal dan hatinya terlalu awam, seharus mempelajari dulu dalil yang menguatkan baru belajar dalil yang membantah, tetapi rata rata yang terpengaruh adalah orang NU dari golongan yang kuat pemahamannya alias gampang dibodohi orang orang wahhabi yang suka mempelintir ayat sesuai keinginannya, jujur orang orang wahhabi dimasyarakat terlalu sombong seolah olah surga udah ditangannya , terbukti ditempatku banyak orang orang seperti…….

    3. sifat dasar manusia adalah malas beribadah kepada Allah , malas memperbanyak Dzikrullah , jujur rasa males ini pun sering saya alami dan rasakan , apalagi jika ditambah dengan fatwa fatwa konyol Wahabi yang selalu ini itu Bid`ah dan Syirk terang saja manusia semakin mempunyai alasan , atas kemalasannya itu , semakin mempunyai argumen (meskipun salah)untuk tidak memperbanyak dzikrullah.

      maulidan , yasinan , tahlilan dll adalah sarana – sarana untuk menggiring orang ( yang memang rata rata males ibadah dan Dzikrullah karena memang sifat dasarnya seperti itu) agar banyak Dzikrullah , dan ber ibadah lebih banyak , namun sayang hal ini malah dikatakan sesat Bid`ah , Syirik dan Kafir (tanpa Hujjah yang shahih )bahkan Tashowuf dikatakan bukan dari bagian Islam , Subhanallah hanya Allah yang tahu balasan apa yang setimpal bagi orang-orang yang melarang amalan Ibadah dan Dzikrullah.

  8. Mr Armen gak terima kenyataan, yang ditulis dibuku kan kenyataan bukan hanyalan. rata2 salafy jidatnye hitam-hitam sih. Wassalam

  9. Zaman sekarang banyak orang yg pura-pura tak tahu fakta. Ada yg suka-suka cari kesalahan orang lain tp kejahatannya sendiri merajalela, Mencela ulama yg berbeda paham paling jago, tp ulamanya dikritik pada ngamuk. Buku tersebut memang buat membendung salafy, biar kesadisan atas nama agama bisa hilang. Sesungguhnya ulama salaf tersebar keseluruh negeri dgn membawa fatwa yg berbeda-beda, sesuai kondisi dan adat tradisi setempat. mereka tidak pernah mengganggu tradisi penduduk suatu negeri. Maka hanya orang dungulah yg membawa fatwa yg sama keseluruh negri dan menghina tradisinya.

  10. Wahabi itu aneh, suka bikin buku penuh fitnah tp kok ngamuk baca artikel diatas. Pdhl itu kan jejak sejarah dan saksinya bnyk

  11. wah kalian ini kasihan sekali,, kebiasaan kalian menuduh tanpa bukti… yg hobinya nge bom itu khawarij mas,bukan salafy..
    SALAFY JELAS ANTI TERORIS..

    Alhamdulillah sdh bnyak ust 2 salafy yg mnulis kitab tentang kesalahan para teroris..
    Silahkan kalian baca kitab ust.zainal abdin ” jihad melawan teror ” , ust. luqman ba’abduh ” menebar dusta membela teroris khawarij ” ,ust.dzulqarnain “meraih kemuliaan melalui jihad ( bantahan bagi para teroris,yg salah kaprah dlm memahami jihad )
    silahkan di baca agar tdk hanya menebar fitnah..
    klo kalian mnyebut salafy sbg teroris,maka kalian salah sasaran…..
    kasian sekali..

    1. ajaran Wahabi mewariskan kepada penganutnya Ideologi kebenaran hanya satu , yang kemudian mengkristal menjadi doktrin dan Rasa Paling benar , akhirnya dari rasa Paling benar ini muncullah kata Bid`ah , Syirik dan Kafir bagi siapa saja yang tidak sefaham dengan Wahabi , klimaksnya adalah Radikalisme yang berbuah Terorisme dengan doktrin Jihadnya yang salah Kaprah , dan sejarah telah membuktikan hal itu , bahkan kita pun merasakan dan menyaksikan Jika para teroris yang ngaku Muslim itu berafiliasi dengan Faham sesat Wahabi (satu masyrab aqidah).

    2. Bismillah Ar-rahmaan Ar-rahiim.

      Okelah kalo golongan salafy antum tidak mau disebut sebagai teroris, mungkin antum dari golongan salafy yamani,atau salafi ghuroba atau yg semisalnya.

      Memang pada kenyataannya, salafy yg jadi tukang ngebom itu adalah salafy jihadi, dari kalangan MMI, JAT, dan yg semisalnya.

      Tapi dari semua jenis SALAFY yang ada di DUNIA INI, SEMUANYA BERAKAR PADA PEMIKIRAN/FAHAM YANG DICETUSKAN OLEH pak muhammad ibn abdul wahhab, ALIAS SEMUANYA SAMA-SAMA WAHABI.

      dan Wahabi itu bukan dari golongan AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH, JUSTRU WAHABI itulah YANG KHAWARIJ.

      Banyak sekali FAKTA yang menjelaskan bahwa WAHABI itu bukanlah AHLUSSUNNAH.

      http://jundumuhammad.wordpress.com/2011/03/13/wahhabi-bukan-ahlussunnah-wal-jamaah/

      Semoga bermanfaat.

  12. Ping-balik: Buku-buku Sesat Buatan Para Aktifis Wahabisme di Indonesia « UMMATI PRESS
  13. @fadil. Coba nt baca buku wahabi soal tasawuf. Penuh dusta dan ilmu penulisnya super dangkal soal tasawuf. Isinya cuman itu2 aja. Ini sekedar contoh.

  14. maaf mas budi@ada koreksi,kalo habis ngetik komentar tlng dibaca lagi,takut ada yg salah ketik yg artinya berakibat patal. Buat ahmad syahid dan all aswaja,kenapa kalian ini menghubung2kan antara salafy dan wahabi,padahal salafy itu menisbatkan pada generasi salaf,bukan kepada syekh muhammad abdul wahhab.

    1. @. deni

      generasi Salaf as-shalihin yang mana yang mempunyai Aqidah dan Manhaj seperti yang kalian Anut ? lalu Bagaimana cara kalian Sampe kedalam pemahaman para Salaf sementara kalian tidak pernah bertemu langsung dengan Salaf as-shalihin ? udah deh jangan banyak banyak dulu.

      adapun saya (kami) menghubungkan Salafi dengan Wahabi karena memang panutan yang kalian jadikan Marja` adalah sama diantaranya , m. abdul wahhab , bin baz , soleh usaimin albani , khojandi dan lainnya betulkan ?

  15. @mang deni, yg ngaku salafi sekarang ini ya wahabi, masak ente tidak baca koment ana sedikit ttg perubahan nama wahabi di artikel sebelumnya. Aneh… Masih pura-pura tidak tahu, sy koment masalah nama ini malah tidak ditanggapi.

  16. beginilah ahlul bid’ah… apabila amalan bid’ah merka ter usik,maka akan dibela dgn cara apapun termasuk ” TEBAR FITNAH “

    1. fadil fitnah yang ditebar yang mana ? tuh kan Fadil sudah memvonis ahlu bid`ah inilah salah satu faham ekstrim Wahabi maka pantes kalo ada yang berkesimpulan Jika Faham Wahabiyah adalah akar terorisme , belum apa-apa aja fadil sudah bilang ahlu Bid`ah tebar fitnah , padahal bisa jadi komentar fadil yang justru Fitnah Iyakan ?

  17. @mas fadil benar, buktinya kelompok wahabi membela mati-matian akidah bidahnya yaitu tajsim, bahkan dgn fitnah atas nama salaf, juga imam 4 dan imam asyari juga. Malah akidah asyriyah difitnah sebagai sesat. Ya ampun. Amalan bidahnya juga dibela mati-matian, apa itu? Yaitu membidahkan dan menganggap sesat amalan kelompok lain yg masih masuk wilayah khilafiyah fikih.

  18. Bismillah Ar-rahmaan Ar-rahiim.

    @Fadil: Bukankah mereka yang melakukan bom bunuh diri di Indonesia juga sama-sama Wahabi? Seperti halnya salafy antum yang juga sama-sama wahabi?

    Ini bukan fitnah, ini fakta, lihat saja para pelakunya, bukankah itu satu jenis dengan kalian wahai kaum Wahabi?

    Kesimpulan: Salafinya antum dengan para pelaku terorisme diatas adalah sebenarnya sama. Yaitu sama-sama Wahabinya.

  19. blog ini adlh bukti fitnahan kalian trhdp salafy,,,
    kalian menuduh salafy sbg teroris,pdhl jelas salafy anti teroris…
    kalian ini hanya pengekor hawa nafsu,,,
    mengambil kabar yg sesuai hawa nafsu kalian,tanpa tabayun,,,
    klo salafy mengkritik bid’ah kalian dgn dalil,sharusnya kalian bantah dgn dalil,bukan dgn tebar fitnah…

    tapi apalah daya,kalian kalah hujjah,jd yg bsa kalian lakukan hanyalah ” TEBAR FITNAH ”

    BIARAKAN ANJING MENGGONGGNG…

    1. fadil kok cuma bisa teriak teriak semua ini fitnah seh , buktiin donk jika ini semua Fitnah ? Fadilbisa diskusi dengan baik enggak ? kok anjing menggonggong seh ? diskusi aja yang baik , biar terbukti jika semua ini Fitnah seperti yang fadil nyatakan ok ?

    2. Bismillah Ar-rahmaan Ar-rahiim.

      Yang saya tulis diatas, BUKAN FITNAH TETAPI FAKTA.
      Silakan Antum lihat kenyataan berikut:
      1. Teroris Amrozi cs adalah dari golongan WAHABI.
      2. Fadil cs adalah dari golongan WAHABI
      Jadi kesimpulannya adalah fadil dan amrozi adalah WAHABI.

  20. bukti bahwa semua ini fitnah adalah tidak adanya bukti dari kalian para penuduh atas tuduhan kalian.

    bagaimana jika ada orang menuduh ayah anda telah mencuri uangnya? kalau anda pintar, anda cukup meminta orang yang menuduh ayah anda itu untuk mendatangkan bukti. jika orang itu tidak bisa mndatangkan bukti bahwa ayah anda benar2 mencuri uangnya, maka otomatis orang itu telah berdusta dengan sendirinya, dan anda tidak perlu membuktikan apa2.

    begitulah kaidah dalam tuduh-menuduh sebagaimana dijelakan dalam hadits dari Ibnu Abbas bahwa Nabi bersabda: “Andai saja manusia selalu diberikan (dikabulkan) segala sesuatu yang mereka dakwakan, sungguh ada saja orang yang akan mendakwa darah dan harta orang lain. Akan tetapi, sumpah itu wajib bagi orang yang didakwa (jika ia mengingkarinya)”. (Bukhari dan Mulim)

    1. ya silahkan ajam ber Sumpah jika ajam mengingkari semua atau sebagian fakta sejarah yang diungkap oleh penulis.
      di Tunggu sumpahnya.

    2. ‘ajam, saya sarankan antum baca buku tersebut yg direview di atas. Kalau ada yg salah (fitnah), atau tidak ada buktinya antum silahkan menggonggong (istilahnya Fadil temen mu sesama wahabi) lebih keras lagi. Infat Ajam, Review di atas sangat singkat, lebih jelasnya baca bukunya. Dapatkan bukunya di ISLAMIC BOOK FAIR discount 50% atau cuma 25.000 Rupiah. Bukunya best seller, saya sudah beli, bagus sekali dan full fakta yg diakui juga oleh kalangan Salafy yg sudah bertaubat.

      Silahkan beli deh, cuma 25 ribu aja, nanti ente dijamin sembuh dari Virus Wahabi yg mengerikan.

    3. Bismillah Ar-rahmaan Ar-rahiim.

      @’Ajam:

      Kalau menurut antum itu fitnah dan tidak terbukti, tolong antum buktikan bahwa berdirinya faham Wahabisme tidak dirintis dengan PERTUMPAHAN DARAH oleh Pak Muhammad ibn Abdul Wahhab dan Dinasti Saud.

      Tolong antum tulis di sini, bagaimana faham Wahabisme dirintis oleh pendirinya. Tolong pula sebutkan rujukan tulisan antum dari kitab apa, karangan siapa, apakah pengarangnya dari golongan ulama yang keulamaannya diakui oleh ulama’-ulama’ ahlussunnah lainnya.

      Ana yakin yang antum copas disini nanti pasti hal-hal yang baik-baik aja tho? 🙂

  21. kalo isinya saya yakin itu sama saja dengan buku2 yang lain, seperti karangan Syaikh Ahmad Zaini Dahlan. tidak ada nofum (bukti baru) yang menjelaskan tuduhan dalam buku2 sebelumnya.

    dari mana penulis buku ini mengambil sumber referensi?

    1. Dasar Wahabi, belum baca bukunya sudah yakin aja. Pantesan pada tersesat kalian, orang belum baca dah ambil keputusan, makanya baca dulu, ente mau selamat nggak sih?

    2. Paling-paling referensi antum tentang sejarah pemikiran muhammad ibn abdul wahhab pasti yang antum ambil dari golongan antum sendiri, misalnya karya Jamil Zainu.. iya khan?

      Sama, di bukunya Jamil Zainu juga tidak ada nofum (bukti baru) yang menyangkal fakta sejarah sebenarnya berdirinya faham wahabism. 🙂

  22. jika memang tuduhan anda itu benar, maka insyaAlloh saya akan meninggalkan wahabi dan mengikuti asy’ari. hanya saja sebelumnya, bisakah anda membuktikan kbnaran tuduhan anda tersebut?

    1. bukti sudah banyak di sampaikan , maka sesuai kaidah Al-bayinatu alal Muda`i telah dipenuhi sekarang tinggal wal yaminu ala man ankar jika ajam mengingkari bukti bukti itu silahkan bersumpah , di tunggu sumpahnya jika ajam mengingkari bukti-bukti itu.

    1. buktinya ajam mengingkari fakta sejarah kelam Wahabi namun tidak berani SUMPAH sebagaimana amanat Rosulallah SAW dalam kaidah al-bayinatu alal muda`i wal yaminu ala man ankar , yang menuduh wajib mendatangkan Bukti dan yang mengingkari wajib ber S U M P A H

      1. ok, aya brsumpah demi Dzat yang jiwa ‘Ajam di Tangan-Nya, bahwa apa yang kalian tuduhkan itu adalah duta.

        sekarang mana bukti kalian?

      2. entar dulu dong , saya mo nanya neh apakah Ajam adalah Nama Asli anda ? terus kalimatnya juga jangan aya brsumpah , katakan Demi Allah demi dzat yang jiwa dan raga Saya … sebut nama Ber Sumpah jika tuduhan kekejian dan kebiadaban kaum Wahabi yang diceritakan dalam buku Banjir Darah Muslimin Mengiringi Laju Sejarah Sekte Wahabi adalah Dusta , berani gak ? kalo Ragu sebaiknya ga Usah Sumpah dan engga usah malu , soalnya ini Sumpah dengan Nama Allah harus hati-hati , kecuali emang yakin ok ?

        1. demi Dzat yang jiwa Rofi berada di tangan-Nya, saya bersumpah jika tuduhan kekejian dan kebiadaban kaum Wahabi yang diceritakan dalam buku Banjir Darah Muslimin Mengiringi Laju Sejarah Sekte Wahabi adalah Dusta

          sekarang mana bukti kalian?

          1. astaghfirulloh …..SESUATU HAL YANG DIAMBIL DGN EMOSI PASTI AKAN BERAKHIR MINIMAL DGN RASA MALU……gegabah nt Rof semoga nt dapat hidayah dari Nya ……

          2. bukti sudah banyak di sampaikan , maka sesuai kaidah Al-bayinatu alal Muda`i telah dipenuhi dan wal yaminu ala man ankar pun telah dipenuhi, tinggal menunggu akibat dari sumpah itu , apakah kepada penulis atau kepada yang bersumpah adzab itu akan turun.

          3. Sebenarnya kalau ‘Ajam Rafi ini mau membeli buku tsb, dia pasti bisa melihat buktinya. Begitu juga dia igin tahu rujukannya, saya lihat rujukan dari buku tsb sangat banyak hampir 50 sumber kitab dan beberapa website dan majallah. Sayang si ‘Ajam Rafi ini orang ngawur, jadi tindakannya juga ngawur, semoga tidak membawa akibat buruk menimpanya akibat kesombongannya.

          4. Ini jawabannya oleh Mas Baihaqi di atas. Tanya rujukan melulu ente, emang ada manfaatnya buat ente yg hatinya sudah ditutup pleh Allah?

            sumber rujukannya ada 120 buku/kitab, ditambah 42 sumber majallah/media massa.

            Ini saya kasih tahu sebagian rujukannya:

            1. Almadzahib al-isllamiyah fi assiyasah wa al-aqa;id wa al-madzahib al-fiqhiyyah, oleh Syaikh Abu Zahrah.

            2. Unwan al-Majdi fi Tarikh Najd, tahkik Abdurrahman ibnu Abdullatif Ibnu Alu Syaikh, oleh Utsman ibnu Bisyr al-Hambali an-Najdi.

            3. Al-Baqi: Qishshash Tadmir al-Su’ud li al-atsar al-Islamiyahfi al-Hijaz, Oleh Yusuf Al-Hajiri.

            Nah, sudah segini aja, kalau mau lengkap beli bukunya, insyaallah dapat hidayah.

          5. Hati-hati dengan Makhluq yang ringan lidah untuk bersumpah – ini membahayakan Aqidah – sumpah ini biasanya diucapkan oleh Golongan yang JUMUD , apa kata orang lain yang dia Imani , maka diapun ngekor dan turut berkotek

            – Keganasan Sekte WAHABI dalam membantai Umat Islam yang tidak sefaham dengannya ini bukan saja Shahih…tapi sudah pada tingkatan MUTAWATIR.

            Kalau Sekte WAHABI ini berjalan di atas kebenaran , tentu tidak akan meng IKLAN kan Aqidah DOGOLnya dengan cara yang dilakukan oleh kaum Nasrani , dengan paksaan , dengan kekerasan , dengan penipuan , dengan Materi .

            Bahkan Sekte WAHABI MAMPU bersepakat untuk merubah atau memalsukan SEJARAH Aqidah Umat Islam , yang lebih parahnya lagi sampai pada MEN TAFSIR KAN AL-Qur’an dengan bersandar pada Kitab INJIL.(silahkan baca AL-MANAR , kitab suci Sekte WAHABI ).

            Sekte WAHABI seolah-olah pernah bertemu dengan Rasulullah saw . seluruh yang tidak sepakat dengan keputusan Ibnu SU’U dan Bedul WAHAB al-TAMIMI, adalah KAFIR .

            Wahai Sekte WAHABI – cobalah kalian baca Sejarah kelompokmu dengan Kritis dan Bijak yang disusun oleh para Pakar Sejarah Islam , karena tanpa di GEMBAR-GEMBORKAN pun apabila memang Sekte WAHABI itu mengikuti apa yang ada dalam Al-Qur’an dan Hadits dan juga mengikuti Jumhur Ulama Suni , maka yang lainpun akan banyak melirik dan menjadi pertimbangan .

            Tidak sedikit Masjid Kaum Suni yang diambil alih atau dikuasai atau rampas oleh Sekte WAHABI tanpa alasan yang jelas , padahal dalam membangunnya Sekte WAHABI DOGOL itu tidak tahu menahu.

            Kalau memang ngotot mau bukti tentang kekejaman Sekte WAHABI, BOM BUNUH DIRI dari sejak BALI hingga JAKARTA …apa itu masih mau disangkal.

            Kalau memang takut dengan Laknat ALLAH SWT , maka berusahalah dengan segenap kemampuan untuk menghindar bersentuhan dengan AQIDAH WAHABI. wassalam.

          6. Setuju kang Salut Asin, wah analisamu tajam juga, he he he….

            Para Wahabi itu sebaiknya baca buku tsb, siapa tahu antum semua dapat data-data baru yg perlu dibantah. Ya kan, tidakkah kalian paling gemar membantah fakta-fakta dg cerita-cerita karangan yg ngawur?

      1. saya tidak mau beli buku itu karena saya tidak mau tolong menolong dalam kemaksiatan dan dosa.

        kalo anda tidak bisa mendatangkan bukti ya terserah, berarti itu telah membuktikan hal yang lain (yaitu dustanya tuduhan tersebut).

        1. Itu sekaligus membuktikan ente memang pelit selangit, untuk cari kebenaran kok pelit?

          Nih dengar, di lemari saya banyak sekali buku2 terbitan Salafy Wahabi, buat apa duit diirit2 untuk cari kebenaran? Tapi sudahlah bukan urusan saya, itu urusan ente sendiri. Kalau ente selamat ente yg untung, kalau ente tersesat bukan saya yg rugi, dah gitu aja kok repot ya?

          Tuh, kalau ingkar fakta sejarah diminta SUMPAH oleh Mas Syahid di bawah.

          1. memangnya ada kebenaran dalam buku itu? kalo ada, tolong tunjukkan sumber rujukannya (daftar pustaka) saja disini!

          2. sumber rujukannya ada 120 buku/kitab, ditambah 42 sumber majallah/media massa.

            Ini saya kasih tahu sebagian rujukannya:

            1. Almadzahib al-isllamiyah fi assiyasah wa al-aqa;id wa al-madzahib al-fiqhiyyah, oleh Syaikh Abu Zahrah.

            2. Unwan al-Majdi fi Tarikh Najd, tahkik Abdurrahman ibnu Abdullatif Ibnu Alu Syaikh, oleh Utsman ibnu Bisyr al-Hambali an-Najdi.

            3. Al-Baqi: Qishshash Tadmir al-Su’ud li al-atsar al-Islamiyahfi al-Hijaz, Oleh Yusuf Al-Hajiri.

            Nah, sudah segini aja, kalau mau lengkap beli bukunya, insyaallah dapat hidayah.

  23. Sebenarnya persoalannya ndak sulit kok. Ya karena merasa paling benar dan paling lurus dan suci, begitu ada noda (kritikan) merasa tersinggung dan akhirnya ngamuk. Kan seharusnya buat introspeksi.

    Lucunya, kalau mereka (salafy wahaby) bikin buku yang menfitnah kelompok lain seenak sendiri tanpa punya rasa sopan santun sama sekali. Bahkan hobi mengeluarkan senjata PEMUSNAH MASSAL untuk menghancurkan kelompok lain. Karena tuduhan sesat, kafir dan syirik itu kan sama saja menghapus IMAN seseorang padahal yang dituduh belum tentu salah.

    Lihat saja buku-buku salafy yang seenaknya menyesatkan kaum sufi, padahal sang penulis sangat BODOH dalam bidang ilmu tasawuf meski gelarnya syekh atau Dr.
    Tapi toh tidak ada berita kaum sufi ngamuk dan marah-marah dan malah tersenyum manis.

  24. @ajam : kelihatan sekali main2 nya ente. Apakah ajam berusaha “memplesetkan” kata2 yg sgt penting didalam sumpah nya? Seperti kata “aya” dan “duta”. Si Ajam itu sdg main2.. Kalau memang serius ulangi lg sumpah nya seperti yg ditulis mas ahmad syahid.

  25. @mamo nt bisa aja. Tp ngadepin saudara2 salafy wahabi cukuplah dgn lemah lembut penuh senyum manis. Ga usah ikut emosi meski dicaci sampai ubun2

  26. kepada para ikhwan salafiyah,mending tinggalin saja ini ‘blog’karena memang didalamnya berisi fitnah dan subhat,dan jg karena tdk maunya mereka tabayyun serta duduk di majlis ust2 sakafy.

    1. andai Wahabi punya Blog yang tidak dimoderasi dan tidak men delet se enaknya saya yakin kawan-kawan Aswaja sudah meluncur mengunjungi Blog-Blog tersebut , sayang seribu sayang Blog Wahabi ( yang mengaku paling benar dan paling mengikuti Salaf )tidak ada yang tanpa moderasi dan maen de let se enaknya , atau mang deni tahu ada Blog Wahabi yang terbuka dan tidak maen delet ? tolong tunjukkan biar kita yang kunjungi mereka.

    2. Huaha ha ha… Mang Deny pegel juga atinya. Seharusnya antum-antum pada mikirlah kenapa Salafy Wahabi itu dikritik, dikoreksi atau dibongkar kejahatan atau kesesatannya. Harusnya juga bertanya kepada diri sendiri, ada apa dengan Salafy Wahabi. Terus cari tahu di luar (baca-baca sumberlain dg hati terbuka), antum perlu keluarlah dari tembok Salafy Wahabi dan lihatlah dari luar betapa api fitnah Wahabi itu terus mengepulkan asapnya.

      Nah, yg diluar sudah kasih tahu pada kalian bahwa ada fitnah mengepulkan asap dari tembok Salafy tapi kalian malah menuduhnya memfitnah. Kumaha atuh Mang Deny?

  27. Assalamualaikum wr. wb.
    Saya dulu pernah terpengaruh oleh ajaran wahhabi/salafy, Alhamdulillah Allah memberikan Taufiq dan HidayahNYA kepada saya.
    Memang ngeri fitnah dan ajaran wahaby, mereka mengatakan segala sesuatu yang baru adalah bidah, mengkafirkan orang yang ziarah kubur, kaum Mujassimah dengan mengatakan Allah duduk di arsy, punya tangan, kaki yang sama seperti makhluk..Tapi yang saya bingung kalo mereka baca quran koq sama seperti kita yang menggunakan mushaf usmani. padahal kan dulu jaman Rasulullah SAW al quran tidak ada yang dibukukuan..kenapa itu gak dikatakan bidah oleh mereka.. aneh, otaknya ditaruh di dengkul, harusnya baca Al quran yang masih berupa mushaf2 yang terpisah..aneh, nih kaum gak konsisten, cuma slogannya aja yang keren..hanya orang-orang dungu saja yang mengikuti mereka, Ya ALLAH berikanlah taufik dan hidayahMU kepada mereka dengan IradatMU.

    Wassalam

    1. all pengikut faham Wahabi , ini dia orang yang berjiwa besar dan berakal sehat berani menyatakan kekeliruan dan kesalahan Faham Mujassimah Wahabiyah , Akhuna Muhsin semoga Allah merahmatinya dan menjadi penyebab tobatnya pengikut lainnya , begitu juga dengan Ummu Aiman yang sudah tercerahkan , semoga kalian juga mengikuti Jejak dua Orang ini , amin ya robbal alamin.

  28. @mas ahmadsyahid maaf ya, sy kira kita tidak perlu menyuruh orang bersumpah, biarlah Allah yg memberi hidayah, kita hanya menyampaikan. Bukan saya membela ajam, tp saya khawatirkan dampaknya kita jadi saling melaknat.

    1. @. mas dian th, hal itu saya lakukan karena mereka sendiri yang selalu mengungkap soal Kaidah dalam tuduhan , seakan kita ga ngerti soal kaidah itu , dan itu mereka jadikan alasan serta tameng untuk hal-hal yang sebenarnya sudah terbukti , jadi itu mereka yang Pancing mas , saya cuma meladeni tantangan mereka. mohon maaf jika saya salah.

  29. buat teman-teman yang berkepentingan di blog ini. diskusi apapun kalau sudah memanas maka masing-masing pihak bisa menjadi radikal. apalagi teman-teman wahabi yang memang sudah radikal dari sononya. kalo nyerang wahabi hendaklah terukur, bila tidak bisa runyam. mengapa? induk semang wahabi adalah arab saudi. dan siapa sekutu arab saudi? yahudi dan as yang menguasai dunia maya. bahaya sekali kalo teman-teman wahabi ngambek dan mengadu ke induk semangnya. nah kalo aduannya ditanggapi dan arab saudi minta ke sekutunya untuk menutup semua blog/web islam kecuali wahabi, runyam tidak? berfikirlah bijak sebelum melongo kelak.

    1. @. sahabat muhnan rais
      terimakasih atas perhatian dan arahannya , hanya saja saya pribadi menganggap jika diskusi ini tidak memanas hingga tidak terkontrol , menurut saya diskusi ini hanya menghangat dan masih dalam batasan Normal , tidak atau belum ada Hujat-menghujat yang parah diskusi saya dengan komentator wahabipun tidak ada saling Laknat , jadi menurut saya tidak usah dibesar besarkan hingga menimbulkan kepanikan , andai diskusi agama atau web Islam dilarang , maka semua fihak (tidak hanya aswaja) akan merasa kehilangan atau melongo , dan saya rasa kekhawatiran itu masih sangat terlalu jauh.

      coba lihat Blog-Blog wahabi atau blog para Murtaddin bahasanya sudah sangat parah , kita disini masih sangat santun dan beradab. mohon jangan terlalu di dramatisir , dan mohon maaf jika tidak berkenan dihati mas muhnan serta kawan kawan semua .

    2. muhnan rais@

      Jangan hobby mendramatisir, gue jadi nggak suka gaya ente. entah apa maksud ente gak jelas!

      Kalau mau terus koment ya koment aja, jangan jadi pengacau ya!

      Diskusi sudah jalan dg baik dan normal, tidak ada masalah. Ente aja yg gede-gedein masalah bisa timbul kekacauan gaya ente yg gak jelas tujuannya.

  30. Buat ‘Ajam/Rofi@

    1- ‘Ajam selalu tanya bukti, jawaban atas pertanyaan ente ada di buku tsb.

    2. ‘Ajam juga tanya rujukan/referensi buku tsb. Oke saya sekarang sedang pegang buku tsb, setelah saya hitung rujukan buku tsb ada 120 buku/kitab, ditambah 42 sumber majallah/media massa cetak dan elektronik.

    Jadi buku berjudul: SEJARAH BERDARAH SEKTE SALAFY WAHABI. Sub Judulnya: Mereka Membunuh Semuanya, Termasuk Para Ulama.
    Sebagai karya ilmiyah rujukannya sangat lengkap dan buku tsb dapat sambutan luar biasa dari pengunjung Pameran buku di ISLAMIC BOOK FAIR Jakarta.

    1. CATATAN DARI ADMIN UMMATI PRESS:

      Maaf Mas Jabir, komentmu yg ini didelete aja ya, bisa menimbulkan konotasi yg buruk untuk antum sendiri. Silahkan koment lagi yg lainnya, kami menunggu koment-koment antum yg cukup tajam dan kritis.

      Mohon pengertiannya, oke Mas Jabir?

      1. he..he..he…lucu …komennya orang frustasi …..dalam hati kecil bilang bener tapi gengsi mengakuinya ….istighfar saudara @ jabir …..

        1. Ya, sorry Mas Mamo, itu komentar aku tujuka ke ‘Ajam komentar nomor 76, eh malah aku salah pencet jadi kena Mas Baihaqi, jangan marah ya Mas Baihaqi.

          Mas Admin, koment ku itu bisa dibetulin letaknya nggak ya, biar pas sasarannya?

      2. Oke Mas Admin, 100% saya ridho atas pendeletannya, bahkan saya berterimakasih karena telah diingatkan agar tidak kebablasan. Syukron, thank you, n matur nuwun.

        Insya Allah saya akan berkoment lebih baik dan lebih santun ala ASWAJA, he he he….

    2. Mas baihaqi
      Orang wahhabi itu gak usah diladeni, kalau udah terpepet pasti ngomong yang bukan bukan, minta bukti ilmiah udah ditunjukki tetap gak mau tahu, seakan kebenaran hanya milik mereka semua, Astaghfirlloh. Ya Alloh jauhkan kami dan keluarga kami dari pemikiran picik mereka ( orang wahhabi )……….

  31. salafy totok :
    itu orang NU yang kurang menggunakan akal dan hatinya terlalu awam, seharus mempelajari dulu dalil yang menguatkan baru belajar dalil yang membantah, tetapi rata rata yang terpengaruh adalah orang NU dari golongan yang KURANG kuat pemahamannya alias gampang dibodohi orang orang wahhabi yang suka mempelintir ayat sesuai keinginannya, jujur orang orang wahhabi dimasyarakat terlalu sombong seolah olah surga udah ditangannya , terbukti ditempatku banyak orang orang seperti……itu.

  32. Sebenarnya wahhabi itu mewakili kepentingan orang orang luar islam tetapi gak menyadarinya, yang katanya tahu hanya tauhid saja, namun gak akan percaya secara penuh kekuasaan Alloh SWT , contoh kalau ada cerita tentang karomah seorang wali, pasti dfitnah khurofat tapi kalau dipikir kaidah dasar “Tiada yang Mustahil bagi Alloh” seharusnya orang wahhabi sangat percaya itu katanya bertauhid sejati. Skarang kami bertanya pada wahhabi kalau sakit kemana ? terus minum obat untuk apa? kemudian yang menyembuhkan sakinya siapa? …………sekian dulu

  33. Assalamu’alaikum. Bang Admin, maaf, saya mau minta tolong. Di mana saya bisa membeli buku tersebut? Syukron. Teruskan perjuangan membela ASWAJA agar tetap abadi nan jaya di bumi tercinta Indonesia. Amin.

  34. Jika sekte SALAFY WAHHABY melebarkan sayap-sayap idiologinya dengan banjir darah, maka Para penyebar Islam di Nusantara khususnya WALI SONGO menyebarkan Ajaran Baginda Rosulullah dengan banjir rahmat dan beraroma semerbak ketulusan sehingga masyarakat pun dengan sukarela ber-Islam karena ingin merasakan manisnya agama Allah ini. Itulah sebabnya mengapa Islam di negeri ini teramat toleran dan santun meski dengan mereka yang berbeda Tuhan sekali pun. Adakah wajah Islam seramah Nusantara? Semoga Indonesia akan tetap menjadi benteng ASWAJA sampai hari qiyamat. Amin.

  35. saya langsung introspeksi setelah ada yang mengkritik “gaya” saya. menurutku gak ada yang aneh tuh. jika ada yang menyimpulkan bahwa koment2ku terlalu mendramatisir dan bikin kacau yah barangkali saya sedikit terpengaruh oleh judul buku yang dirilis blog ini. bayangkan, judul “banjir darah” biasanya saya temukan di roman-roman silat. jujur, saya merinding baca judulnya. bukankah dengan memampangkan buku tersebut bisa bikin meradang penganut salafy wahabi? terus terang ,meski saya bukan penganut wahabi kurang setuju dengan gaya-gaya seperti ini. masih segar ingatan kita penyerbuan aswaja ke sebuah pesantren di pasuruan. bukankah gaya-gaya seperti ini setali tiga uang dengan gaya-gaya cikeusik?
    sudahkah dievaluasi hasil dari diskusi di blog ini? saya yakin tidak ada hasilnya. karena masing-masing penganut tentu akan mempertahankan mati-matian keyakinannya. Kalau toh ada sekedar kepuasan batin setelah menumpahruahkan segala kebenciannya. tidak akan ada penganut wahabi berbondong-bondong hijrah ke aswaja ataupun sebaliknya. dalam salah satu koment, saya mengingatkan jangan sampai blog-blog semacam ini menjadi bumerang. yang saya takutkan bukan dari sisi aswaja ataupun wahabi tapi dari teman-teman yang cantolan agamanya setengah-setengah alias abangan. jangan-jangan mereka tambah alergi terhadap islam dan memperpanjang deretan kaum murtadin. bila hal ini terjadi apakah pengelola blog ini sudah siap mempertanggungjawabkan di akherat kelak?
    tanpa sengaja saya mampir di blog ini dan dengan tulus menyampaikan apa yang ada di nurani tapi jika banyak yang kurang berkenan yah maafin aja. setelah ini saya pamit undur diri. salam!

    1. muhnan rais , saya ma`lumi sikap anda karena memang pro kotra itu hal biasa , hanya apakah sampean juga berkomentar seperti ini di Blog-Blog Wahabi ?

    2. muhnan rais@

      Kalau korban dari kebiadaban Sejara Wahabi sudah mencapai puluhan ribu kaum Muslimin itu sudah benar kalau disebut BANJIR DARAH. Satu orang saja darahnya sedikitnya mencapai 5 liter, cobak kalikan 10.000 orang saja. Apa itu bukan BANJIR DARAH? Kirain ente orang cerdas, nggak tahunya ente tidak paham dg gaya bahasa?

    3. muhnan rais@

      Saudara muhnan rais ini pastilah Wahabi juga, cuma mungkin Wahabi yg agak moderat seperti Muhammadiyah atau PERSIS. Sepertinya dia bukan Salafy Wahabi, tapi suatu saat bisa aja berubah jadi Salafy Wahabi yg bercelana cingkrang itu.

      Oh ya, di komplek saya tinggal, masjid Muhammadiyah sudah berubah total jadi masjid Salafy Wahabi. Dulu waktu di pegang Muhammadiyah masih lumayan khutbah Jum’atnya masih memakai Ustadz2 NU, tapi sekarang yg khutbah 100% Salafy Wahabi, Ustadz2 Muhammadiyah pun tidak kebagian tugas khutbah Jum’at.

      Tapi perkembangan yg pesat dari Salafy Wahabi di masjid itu sekarang sdh mulai tampak mengalami kemunduran. Ta’lim rutin Malam Minggu-nya sudah tinggal separuh dan terkadang 1/4 tidak penuh lagi seperti dulu. Mungkin jama’ahnya pada bosan karena yg diomongin utadz-ustadz Salafy dalam ta’lim hanyalah seputar isu-isu bid’ah yg tidak terbuklti kebenarannya. Alias yg diomongin hanya kebohongan-kebohongan saja yg dibungkus dalil-dalil yg salah kaprah. Na’udzubillah mindzalik….

  36. jangan terpengaruh ama informasi lebih baik pelajari diinul islam dan pemahaman berdasarkan apa yang disampaikan oleh Rosulullah SAW dan para sahabat secara utuh. jangan sampai umat islam saling menghacurkan .

    1. Bismillah Ar-rahmaan Ar-rahiim.

      Betul, kami kaum ahlussunnah wal jamaah di dalam mempelajari dan mempraktekkan diinul Islam sudah berdasarkan apa-apa yang disampaikan Rosulullah Shollallaah ‘alaih wa sallam dan para shohabat radhiyallaah ‘anhum, sudah sesuai Al Quran, As-Sunnah, Ijma’, dan Qiyaas secara utuh/kaamil sesuai yang diajarkan ulama’-ulama’ ahlussunnah yang mu’tabaar dan dari guru-guru kami yang memiliki sanad ‘ilm.

      Insya’ Alloh kami kaum ahlussunnah wal jamaah tidak akan saling menghancurkan.

  37. Kelanjutan skenario wahabi sepertinya masih berlanjut. Setelah paham wahabi terbentuk, dan menguasai mekkah, mereka merubah namanya menjadi salafi, dengan ini umat dikenalkan bahwa wahabi adalah ajaran salaf bukan syekh ibnu taymiyah atau syekh muh. bin abd wahab, maka mereka leluasa memakai nama ini, sekarang mereka ingin menamakan dirinya ahlussunah, tp karena ahlussunah sudah diisi oleh pengikut asyari dan imam mazhab, maka mereka buat strategi ambil alih dengan bermacam cara, termasuk mengubah cara berpikir kita tentang ilmu tauhid dan fikih disesuaikan dgn pemahaman wahabi, sehingga kita meragukan asyariyah sebagai ahlussunah. Skenario selanjutnya setelah mereka mengambil alih nama ahlussunah, maka mereka akan mengabarkan kepada dunia bahwa wahabi adalah islam dan ajaran islam itu adalah ajaran wahabi.

  38. Selanjutnya, tanpa warisan ilmu kalam, tanpa tasawuf islam, kalau islam adalah wahabi, maka tentulah wajah islam akan terlihat bengis, jumud, kaku dan tidak toleran. Itulah yg diinginkan oleh musuh islam. Wajah Islam yg kelihatan kejam, bodoh dan terbelakang. Maka orang islam takut dgn agamanya sendiri, lihatlah bgmn para pemurtad islam menampilkan citra islam ala wahabi ekstrim. Maka umat islam sebagian akan menjadi teroris, sebagian penghamba amerika dan barat, mereka akan saling perang juga akhirnya. Walaupun pengikut wahabi tidak semua seperti citranya saat ini, maka selama wahabi terus ‘memerangi’ kelompok mayoritas maka selama itulah umat islam terus bermusuhan. Maka gembiralah musuh-musuh islam. Maka sekarang sudah sunnatullah wahabi yg ‘diperangi’. Semoga pengikut wahabi menyadarinya. Wallahualam.

  39. Selanjutnya, tanpa warisan ilmu kalam, tanpa tasawuf islam, kalau islam adalah wahabi, maka tentulah wajah islam akan terlihat bengis, jumud, kaku dan tidak toleran. Itulah yg diinginkan oleh musuh islam. Wajah Islam yg kelihatan kejam, bodoh dan terbelakang. Maka orang islam takut dgn agamanya sendiri, lihatlah bgmn para pemurtad islam menampilkan citra islam ala wahabi ekstrim. Maka umat islam sebagian akan menjadi teroris, sebagian penghamba amerika dan barat, mereka akan saling perang juga akhirnya. Walaupun pengikut wahabi tidak semua seperti citranya saat ini, maka selama wahabi terus ‘memerangi’ kelompok mayoritas maka selama itulah umat islam terus bermusuhan. Maka gembiralah musuh-musuh islam. Maka sekarang sudah sunnatullah wahabi yg ‘diperangi’. Semoga pengikut wahabi menyadarinya. Wallahualam.

  40. Nt sma jangan asal nuduh karena bisa kmbli pd dri nt bila gk benar tdhnya,nt sma datangin dulu ustad salafy terus tanya soal agamanya jangan kayak beo bsy niru omongan org, nt pd py otak nggak sh?Tau nggak tabayun dasar pd bego smua

    1. Hendra@

      Coba anda pikir secara rasional saja, apakah mungkin para Ulama itu membenci Wahabisme seandainya Wahabisme itu bukan kesesatan? Apakah anda tidak sadar bahwa sejak kemunculan Wahabisme sudah terbit beratus-ratus buku ulama yg mencoba menyorot dan mengoreksi kesesatan Wahabisme? Kalau sudah sedemikian banyaknya para Ulama yg menghukum sesat Wahabi, maka itu sudah mencapai tingkat muthowatir yg berarti kesesatannya tidak diragukan lagi.

      Orang-orang awam yg jadi korban penipuan dakwah Salafy Wahabi tidak akan maampu mendeteksi kesesatan Wahabisme, sebab para ustadz Wahabi/Salafy juga berbicara dg mengutip AlQur’an dan Hadits Nabi Saw dan bahkan mereka mengklaim sebagai kelompok yg paling paham AlQur’an dan Hadits. Makanya korbannya adalah orang-orang awam yg tidak memiliki dasar pendidikan Islam waktu kecilnya, atau memang orang-orang bodoh yg malas berpikir untuk membanding-bandingkan informasi keislaman.

      Kalau para Ustadznya sih untung dapat fulus real Saudi, nah kalau para pengikutnya dapat apa selain dapat kebanggaan semu sebagai penganut Islam murni yg ternyata juga digugat kemurniannya oleh para Ulama? Itu artinya para pengikut Salafy Wahabi tadak dapat apa-apa kecuali kerugian akibat kena tipu dakwah sesat Wahabisme. Berpikirlah kalian wahai para pengikut yg masih awam, atau nt tanya kepada Ahli Ilmu agar tidak terkena rayuan-rayuan setan Wahabisme. Berpikirlah, berpikirlah, berpikirlah jika kalian merasa sebagai orang-orang beriman dan bertaqwa.

  41. @hendra. Fakta yg bicara. Banyak ulama yg mengkritik ajaran wahabi, banyak ahli sejarah yg menulis sejarah wahabi. Anda bisa cari sendiri kalau mau, tinggal googling aja. Kalau anda tuduh, itu fitnah oleh orang yg tidak senang dengan wahabi, maka coba anda cari tahu mengapa banyak orang yg membenci dan menolak ajaran wahabi, lalu bandingkan dgn ulama salaf, kenapa tidak ada dari umat islam ini yg membencinya, dan menolak ajarannya.

    1. @ Dianth …..apalagi tasawuf yang ajarannya mengenai ahlak dan pembersihan hati ada dua kubu yang menentangnya yaitu wahabi dan kaum orientalis ……..padahal dari kaum sufi tak pernah sekalipun dalam sejarah menyakiti sesamanya ….wallohualam

  42. Memang benar dari dulu sampai sekarang Tasawuf itu diutak atik sama yahudi n nasrani, karena itu inti agama, jadi intinya dulu yang dihajar baru tepiannya, ada yang berdalih filsafat atau apalah. Dari tasawuf lahir ilmu-ilmu : Ibnu Jabir Batani menemukan Dalil penguraian matematika tangen cotangen, Ibnu Arabi memulai dalil teori Kosmic alam, Ibnu Sina filsafat (penemu helikopter Scikorsky, mengaku belajar filsafatnya ibnu sina “tirulah burung diangkasa”).
    Wassalam

  43. Mas..saya sudah cari Syaikh pengarang buku ini di seluruh Google…
    Gak jelas siapa orangnya,,,
    Kalian suka banget ya ngikutin orang yang gak jelas,,,
    Ohya mas, siapa yang suka bilang kebakaran jenggot,,? Bang Arifin Ilham, sang Ustadz Dzikir juga jenggotan mas,,,kok gak pada ngikutin Ustadz ya…???Ah udah biasa itu,,,!!!!

    1. Lho, mereka sudah main razia toh, padahal belum berkuasa kan? Gemana kalau mereka berkuasa, bukan merazia buku aja tapi merazia orang yg berziarah kubur dan yg bertawassul. Kalau ketemu lagsung dihalalkan darahnya sebab di mata mereka sudah musyrik, dan itulah kesesatan Salafy Wahabi yang nyata seperti yg pernah terjadi di awal-awal sejarah munculnya Salafy Wahabi dari Najd Arab Saudi pada tahun 1800-an Masehi. Bumi Allah ini langsung banjir darah kaum Muslimin ketika itu akibat kebengisan dan kedholiman Salafy Wahabi.

  44. saya sudah baca buku ini. Benar2 konkret dan tak terbantahkan.. Buktinya jelas dan mengena. Bertaubatlah wahai salafiyyun aw wahhabiyyun.. Ane dukung buat ummati supaya orang2 yang baru belajar islama tidak tersandung ke dalam paham salafi/wahabi yang jelas menebar fitnah..

  45. bismillah…..mari bediskusi….agar runtut dan rinci tanpa menyisakan satupun pertanyaan lagi. apa dasar kita menentukan itu baik dan benar?saya tunggu jawaban anda

  46. setelah googling dapet lagi ini
    apa link tersebut dapat dipercaya ? mohon pendapatnya !
    karena membaca komen disini jadi pengin tau siapa Muhammad bin abdul wahabb.

  47. saya kebetulan mengaji di dua tempat, di aswaja dengan para Habaib dan di salafy dengan para ustadz-ustadznya, jadi kalau ada perdebatan antara 2 kelompok terus terang saya tidak ikut-ikutan karena niat saya cuma pengen belajar, saya belum sampai ke maqam untuk adu argumentasi..teman saya sempat kaget saya mengaji di 2 jamaah tersebut, karena dia melihat antara aswaja dengan salafy perbedaannya hampir 180 derajat, dia bertanya apa nanti kamu nggak stres dan kamu siap tidak apabila masing-masing pihak mencurigai kamu, umpama dari aswaja curiga kamu penyusup, dari salafy juga curiga kamu penyusup. ya bagi saya selama Habib atau ustadz tersebut masih mengijinkan saya menimba ilmu insya Allah walaupun murid-muridnya curiga tidak jadi masalah, kalau stres saya berdoa kepada Allah semoga dilindungi dari hal tersebut amiin..saya hanya tidak ingin kehilangan manfaat ilmu dari kedua jamaah tersebut hanya karena keduanya terdapat konflik.

    1. tetapi kalo dalam amaliah sehari2, ente ngikutin ilmunya siapa? yang dari habaib apa yang dari salafy? apa campur-campur ??

  48. Ikutan nimbrung, Tuk Salafi Wahabi yahudiyun (nggak salah kan sy pake istilah ini? Rasul SAW dari Abu Darda’ ra. : “Seorang hamba jika ia melaknat sesuatu, laknat itu akan naik ke langit lalu pintu-pintu langit ditutup, kemudian laknat itu dikembalikan ke bumi lalu pintu-pintunya pun (pintu-pintu bumi) ditutup. Lalu ia mencari kekanan dan kekiri sampai tidak ada lagi ijin (tempat). Lalu ia akan kembali pada yang dilaknat jika laknat itu benar. Jika tidak, maka laknat itu akan kembali pada yang melaknat” (HR. Abu Dawud no. 4905 Bab Fi Al-La’an),

    Bukanlah seorang muslim yang suka melaknat, mencela, berkata keji dan kotor” (HR. Ibn Hibban no. 196Bab Dzikru Nafyi Ismi Al-Imam ‘Aman Ata bi Baghdil Khisal Al-lati Tanqushu bi ityanihi imanihi).

    Hadis Rasul SAW dari Ibn Umar ra.: “Siapa saja yang berkata kepada saudaranya : ‘Wahai orang kafir’. Maka akan kembali (sebutan kafir itu) kepada salah satu dari keduanya (orang yang dituduh), jika ia seperti yang dituduhkan. Jika tidak (sebutan kafir itu) akan kembali kepadanya” (orang yang menuduh) (HR. Muslim no. 60 dalam Bab Bayan Hal Al-Iman Man Qala li Akhihi Al-Muslim : ‘Ya Kafir’). hadis yang diriwayatkan dari Anas Ibn Malik ra. dari Nabi SAW : “Orang mukmin adalah mereka yang manusia merasa aman bersamanya, dan orang muslim adalah mereka yang orang-orang Islam lainnya terjaga dari lisan dan tangannya. Dan orang yang berhijrah adalah mereka yang meninggalkan keburukan yang dilakukan oleh tangannya. Seorang hamba tidak akan masuk surga jika tetangganya tidak aman dari kejahatannya” (HR. Al-Hakim no. 25).

    hadis dari Abu Hurairah ra : seorang laki-laki berkata : Wahai Rasul Allah, ada seorang wanita yang banyak beribadah tetapi ia (suka) menyakiti (orang lain) dengan lisannya !. Maka Nabi SAW menjawab : Wanita itu berada di neraka. Lalu ia bertanya lagi : Wahai Rasul Allah, ada seorang wanita yang sedikit shalat dan puasanya, ia banyak bersedekah serta ia tidak (suka) menyakitimengganggu tetangganya ?. Rasul menjawab : Wanita itu didalam surga ! ” (HR. Ibn Hibbab no. 5764).

    orang yang datang belakangan yang mengklaim dirinya Ulama penerus Salaf, yang tentu kualitas keilmuannya jauh dibawah para Ulama Rabbani ini, yang lisan mereka begitu enteng untuk mengkafirkan saudaranya sesama muslim dan menjelek-jelekkan para Ulama dengan mengatakan ‘ulama fulan dan fulan’ salah dalam masalah aqidah atau masalah din lainnya dan hanya Imam kami yang benar’ !!!

    Perhatikan dengan baik hadis dari Abi Hurairah ra. , dari Nabi SAW : “Tahukan engkau siapakah orang yang bangkrut itu ?, Para Sahabat menjawab : Orang yang bangkrut menurut kami adalah orang yang tidak punya uang dirham dan harta benda. Lalu Nabi SAW menjawab : Orang yang bangkrut dari umatku adalah orang datang pada hari kiamat dengan membawa (pahala) puasa dan shalat, tetapi mereka suka mencaci maki, menuduh orang lain tanpa bukti, memakan harta dengan cara yang dzalim, menumpahkan darah, dan memukul orang yang tidak bersalah. Sebagian amal kebaikankanya diberikan untuk menebus pada (kejahatan) ini, dan sebagian yang lain untuk menebus kejahatan (yang lainnya), sehingga (semua) amal kebaikannya habis. Tetapi kesalahannya masih belum tertebus, lalu diambilkan dari dosa-dosa mereka (orang yang pernah didzalimi), lalu ditanggungkan kepadanya (orang yang sholat, puasa tapi suka mencaci maki menuduh tanpa bukti dll), kemudian ia dilempar ke dalam neraka” (HR. Muslim no. 2581Bab Tahrim Adz-Dzulm).

  49. Wah, terbukti lagi neh wahabi yg brutal. Kalau dibiarkan mereka nanti bisa meratakan kuburan, tidak boleh lagi ada gundukan tanahnya, he he he….

  50. INI ADALAH BUKTI DOKTRIN MUHAMMAD IBN ABDUL WAHHAB TERNYATA SUKSES DIGUNAKAN UNTUK MERACUNI PEMIKIRAN KAUM MUDA ISLAM ZAMAN INI UNTUK MENGACAU ISLAM DARI DALAM.
    ==================================================================================

    Syarif Sebut Ayahnya Sendiri ‘Kafir’

    VIVAnews — Abdul Ghofur yakin 100 persen bahwa anaknya adalah orang tewas –yang diduga polisi sebagai pelaku- dalam bom bunuh diri di Cirebon, Jumat 15 April lalu. Kini sang ayah tinggal menunggu kepastian resmi dari kepolisian saja.

    Sang ayah yang berusia 66 tahun itu berkisah bahwa dulu Syarif adalah anak yang baik tapi belakangan tabiatnya berubah keras. Dan Abdul Ghofur menduga perubahan itu terjadi setelah dia bertemu dengan sekelompok orang dari aliran keras. ” Dia bertemu aliran keras mulai 2009. Alirannya nggak ngerti saya apa, tapi Syarif memakai pakaian jubah,” kaya Abdul ditemui di rumahnya, Senin 18 April 2011.

    Perubahan yang paling kentara, bisa diamati dari omongannya. “Saya nasehati malah saya dibilang kafir, “bapak kafir”, ” kata dia.

    Syarif juga kerap malah balas menasehati. Kata dia, “Orang tua mau masuk surga nggak”. Serasa surga ada di tangan dia. Syarif juga berpendapat, KUHP adalah hukumnya orang kafir, peninggalan Belanda.”

    Diceritakan Abdul Ghofur, pada Juli 2010, saat Syarif nikah, datanglah serombongan tamu memakai jubah. “Itu mungkin alirannya, pas ada kyai baca doa nikah, teman-temannya tidak mengucapkan ‘amin’. Mungkin bukan alirannya kali,” kata dia.

    Setelah akad nikah, rombongan berjubah itu langsung pergi ke Ciamis. “Katanya mau menghadiri tabligh akbar Abu Bakar Baasyir.”

    Ketidakyakinan Abdul Ghofur bahwa putranya pelaku bom bunuh diri luruh, saat ia melihat gambar yang dipublikasikan polisi. “Saya langsung yakin 100 persen itu Syarif, karena jempolnya luka bekas ganti ban kegencet, jadi luka cantengan. Kalo gigi patah itu pas SD renang jatuh dari perosotan,” kata dia, dengan mata basah.

    Hingga saat ini belum menemukan motivasi peledakan bom di Cirebon itu. Mabes Polri juga belum mengkonfirmasi benarkah pria yang tewas di atas sajadah merah masjid adalah Muchamad Syarif. Masih menunggu tes DNA.

    Meski demikian, keyakinan dimiliki Kapolda Jawa Barat Irjen Suparni Parto. “MS, kami meyakini, karena persentasenya sekitar 90 persen,” kata dia, Minggu 17 April 2011.

    • VIVAnews

  51. Bismillah…

    benar benar aneh, menuduh salafi (dalam hal ini berarti syaikh utsaimin rahimahullah termasuk di dalamnya) mengharamkan bahasa inggris. Padahal beliau rahimahullah BERANGAN-ANGAN UNTUK BELAJAR BAHASA INGGRIS. Simak pernyataan beliau :

    ???? ????? ??? ?????? ???? ???? :” ??? ??? ??? ?????? – ?????????? – ?????? ????? ??? ?????? ???????? ?? ?? ????? ???? ? ???? ??? ???? ??? ?????? ???? ???? ??????? ?? ??? ?? ?????? ?

    Beliau mengatakan, “Akan tetapi bahasa Inggris adalah bahasa dunia yang terkenal. Bahasa ini digunakan oleh muslim dan kafir (sehingga sekarang tidak bisa lagi disebut bahasa khas orang kafir, pent). Di samping itu bahasa Inggris itu menjadi bahasa yang wajib Anda pelajari (diberbagai jenjang pendidikan, pent). Andai bahasa Inggris adalah bahasa khas orang kafir, boleh jadi pada suatu waktu Anda membutuhkannya.

    ???? ????? ?? ???? ??? ?????? ???? ???? ???? ????? ????? ?? ?????? ??? ???? ? ???? ??? ????? ??? ????? ??? ?????? ?? ?????? ??? …..

    Aku berangan-angan, andai aku menguasai bahasa Inggris. Aku jumpai terdapat manfaat sangat besar bagi dakwah dengan menguasai bahasa Inggris. Karena tidak menguasai bahasa Inggris ada seorang yang akan masuk Islam dihadapanmu namun ternyata anda tidak bisa berkomunikasi dengannya…”

    *?????? ?????? ??????? ???? ??? 1402 ( ??? ?????? ???? ??? ??? ????????? ???? ??????? ?????? ??? ?? ??? ????? ) ( ?????? ?????? ?????? 332 ?? ???????)

    Liqa’ al Bab al Maftuh no 61 pertanyaan no 1402, hari Kamis 14 Muharram 1415 H. Buku Liqa’ al Bab al Maftuh jilid 3 hal 332.

    Lantas dengan dasar apakah penulis menuduh bahwa salafi mengharamkan untuk mempelajari selain dari bahasa arab???

    Sungguh buku yang ANEH, bahkan penulisnya pun tidak berani mencantumkan namanya.
    Berhati-hatilah ikhwah sekalian, sesungguhnya setiap perkataan, setiap perbuatan, setiap tulisan akan dimintai pertanggung jawaban.

  52. Abu Zaky@

    Kasihan para pengikut Wahabi, akibat fatwa tumpang tindih dan kontradiktif yg dikeluarkan oleh ulama-ulama Wahabi membuat pengkutnya jadi stress, kaya Abu Zaky ini bawaannya marah2 melulu karena stress.

    yg mengharamkan belajar bahasa asing itu bernama Ibnu Fauzan dalam bukunya Al Wala Wa Al-bara’, terbitan al-wathon li an-Nasyr, Riyad Saudi Arabia, halaman 7. Dia berkata: “Maka diharamkan menyerupai orang-orang kafir dalam hal ciri khas, bla bla bla…., dan berbicara dg bahasa mereka.”

    Jadi kontraditif sekali antara ulama yg satu dg yang lain padahal sesama wahabi. Hukum halal haram kok dibuat main-main, gemana menurut antum?

  53. Baihaqi@

    wah gimana ya, karena itulah saya mah ttp di ASWAJA aja. Ada ikhtilaf dalam ranah furu`iyah, ttp toleran, tawadhu`, waro dan istiqomah sesuai tuntunan Al-quran dan Sunnah yang diajarkan para Habaib, Kyai, Ajengan, Mua`llim, Asatidz dengan pemahaman Madzhab Ahlu sunnah wal wal jama`ah.

  54. baru banjir darah udh pd ribut yng banjir lahar dingin aj tenang 2 aje,dlm hal ini yng diuntungkan PMI ngk usah susah sush cari donor darah tnggal sedia plastik ama ember.

  55. Kita semua ingin berislam dengan benar, karena itulah satu-satunya jalan menuju Jannah Alloh. Jalan kebenaran telah ada dan nyata di depan kita. Kesombongan dalam menerima kebenaran dan sikap egoisme hanya akan mencelakakan diri sendiri.
    Khusus bagi Anda yang ingin tahu hakikat fitnah syubhat ini, silakan tunggu/dapatkan di majalah AL FURQON edisi Rojab 1432 (edsi 115) insya Alloh, masalah ini akan dibahas dengan rapi dan ilmiah.
    Semoga Alloh menunjukkan kepada kita bahwa yang haq adalah haq dan yang nathil adalah bathil dan kita diberi kekuatan melaziminya. Amin

    1. @min Ibadurrohman

      para salafy teman-teman gue biasanya akan membantah walaupun fakta disodorkan kepadanya. Sudah jadi kebiasaan bagi golongan yg merasa paling benar. Kebenaran satu-satunya adalah milik salafy, bravo salafy.

      Kalau perlu ngibul maka kami akan ngibul demi tegaknya salafy di atas bumi. Tapiii bisa nggak ya? jangan-jangan Allah Swt tidak ridlo dg tindakan kami yg mengha;a;kan berbagai macam trik ini.

  56. Waduh….. kok jadi pada begini dalam beragama ya…. saling tuding, saling caci, saling fitnah, saling benci, saling hujat, saling sesat menyesatkan, saling emosi. waduh waduh. apa sudah mendekati kiyamat kubro ya…… taubat, taubat, ayu pada taubat….. saling memaafkan, saling kasih mengkasihi, saling nasehat menasehati, saling andap asor, saling berpelukan. Nanti kalau ketemu bareng di surga biar tidak malu. Lho kamu di dunia dulu kan sesat, kok masuk surga juga ya…. lho kamu juga kok bisa masuk surga…….

  57. ati2 lah orang2 salafi/wahabi…ente seakan2 paling benar tapi ente lah yg tersesat…
    membi’dh kan kaum muslim yang punya dasar dan landasan yang jelas..

    belajarlah ilmu Hadits yg benar…jgn dari terjemahan, jgn hanya baca..tapi dipelajari..

    Rujukan ada….fakta pun ada…masih mau nyangkal????

    INGAT…Dosa pertama dan yg paling di benci itu adalah SOMBONG

  58. kenapa negeri saudi juga terkena bom oleh teroris, kenapa osama difatwakan sebagai perusak oleh ulama yang disebut wahabi…. mudah-mudahan diskusi ini untuk mencari kebenaran.. bukan untuk membenarkan dirinya sendiri… Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya” (QS. Al-Israa’:36)
    Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang FASIK membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.’surah Al-Hujurat 49 : 6.

  59. SAMPAI KAPAN PUN DAKWAH FAHAM WAHABI YG MENGAKU-NGAKU SALAFY TIDAK AKAN PERNAH BERHASIL DI INDONESIA INI, INSYA ALLAH !!!
    KARENA PARA HABAIB, KYAI, ULAMA DAN MASYARAKAT INDONESIA TIDAK AKAN PERNAH TINGGAL DIAM UNTUK MELAWAN DAKWAH WAHABI YG MENGAKU-NGAKU SALAFY, FAKTANYA MAJLIS-MAJLIS ILMU DGN MADZHAB SYAFI’I YG JELAS-JELAS SALAF DAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI JAKARTA DAN SEANTERO INDONESIA MAKIN MEREBAK LUAS, ALLAHU AKBAR !!! FAKTA !!! FAKTA !!! FAKTA !!!

    MEMURNIKAN AKIDAH DENGAN KEMBALI KPD JALAN SALAF DGN BERMADZHAB

  60. Apa ga kebalik tuh.. Tuh malah semakin besar jama’ahnya. Karena sudah tahu doa di kuburan itu ga diperbolehkan dan ga masuk di akal. Jadi wajar, masyarakat di indonesia sekarang sudah tidak percaya gitu-gituan, yang aneh2 kaya gitu. Seperti 7 hari, 40 hari, 100 hari, 1000 hari. disamping menghabis-habiskan uang, juga ga bermanfaat.

    1. abu Umar abdillah , kenapa ente gak Kritis terhadap Bid`ah Bid`ah yang dimunculkan oleh sekte Wahabi…? sebaik apapun Ibadah yang ente lakuin kalo nt masih meyakini Bid`ah-bid`ah sekte wahabi , amalan nt semuanya jadi percuma , kunci amal shalih ada dalam aqidah atau keyakinan, abu Umar bid`ah sekte wahabi ini bisa membatalkan Syahadat lho …? kok ente diemin…?

      1. Siapa bilang? ente sendiri yang bilang. Kalau emang wahabi sesat, kenapa ya pengikutnya semakin banyak? hehehe.. Jadi bangga nih, ternyata dakwahnya berhasil

        1. @ abu umar
          kata siapa semakin banyak, justru pengikut ajaran sesat wahabi banyak yg tobat kembali ke ASWAJA.
          Kalian walaupun pintar dan berpendikan tinggi gak ubahnya kerbau dicucuk hidungnya mau saja, didoktrin sama ustadnya nurut aja tanpa dikaji dulu dgn membandingkan dari buku2 ulama klasik yg asli yg belum dipalsu oleh wahabi dan penerbit wahabi serta bertanya dari ulama2 ASWAJA, jangan mau terima aja apa yg dijejalkan ustad kalian tapi teliti dulu kebenarannya

          1. Sudah di teliti dan dibandingkan, ternyata benar, Justru itu orang2 sufi yang memalsu dalil, atau dalil dhoif banyak yang di pake untuk menguatkan hujahnya.

          2. abu umar, yang sudah diteliti dan dibandingkan itu apanya bu….? yang dipalsu dalil yang mana bu…? tuh lihat bid`ahnya wahabi semuanya masalah Ushul aqidah , makanya ana ajak nt diskusi soal bid`ah-bid`ah kaum wahabi biar nt melek gak taklid buta, hati-hati lhjo syahadat nt bisa batal bu.

  61. persis seperti pengikut sekte sesat lainnya selalu berkembang , abu umar kebenaran itu tidak dilihat dari perkembangannya , coba nt lihat bid`ah bid`ah sekte wahabi sandingkan dengan qur`an dan Hadist banyak yang merupakan bentuk pengingkaran terhadap keduanya , pengingkaran terhadap qur`an dan hadist bisa menyebabkan keluarnya seseorang dari Islam , cobalah nt kritisi Bid`ah wahabi itu biar nt selamet mumpung masih ada umur dan kesempatan.

    1. kalau wahabi, mengingkari juga ga kalau pengakuan musyrik Quraisy ( bahwa pencipta alam, dll itu Allah ) adalah pengakuan dusta ?? atau kalau musyrik Quraisy itu rabb nya banyak ? … karena itu semua inti tauhid, inti akidah…

  62. sekte wahabi tidak mengakui jika neraka akan kekal selama lamanya. Lihat al-qoulul Mukhtar Li fanai an- nar , penulis abdul karim hamid hal 7, begitu juga dalam Syarh Aqidah Thohawiyah libni abil `iz yang dipuji oleh bin baz , hal 427 cet. Al-maktab al-islami beirut.

    sekte wahabi juga mengatakan alam semesta Qodim azali, kitab yang sama hal. 132.

    bisa kah anda datangkan dalilnya….?

    1. abu umar tadi nt bilang dalilnya sudah jelas kok sekarang tanya aja ulamanya gimana tokh ternyata nt juga taklid buta tokh…?

  63. Ane sekarang baru tau ternyata kalian semua itu kebakaran jenggot, mengetahui perkembangan wahabi yang semakin pesat. kalian semua takut ya? kedok kalian terbongkar semua.

  64. tidak mengakui jika neraka akan kekal selama lamanya , adalah bentuk pengingkaran terhadap apa yang Allah beritakan dalam al- qur`an : ” dan bagi orang-orang yang mengingkari untuk mereka neraka Jahannam yang tidak terputus dengan kematian , dan tidak di ringankan baginya siksa begitulah kami balas setiap orang yang mengingkari ” (qs. Al-fathir 36.)

    allah juga berfirman : ” sungguh orang-orang Kafir tidadal menolong mereka harta dan anaknya sedikitpun dari siksa Allah , mereka menjadi isi neraka yang kekal selama-lamanya (qs. Al-imron 116.)

    bahwasannya orang-orang yang mengatakan Robb kami adalah Allah , kemudian mereka teguh dalam pendiriannya itu mereka tidak akan merasa takut dan sedih merekalah penghuni surga yang kekal didalamnya selama-lamanya sebagai balasan dari perbuatan mereka. (Qs. Al-ahqof 13-14.)

    Allah yang mengatakan jika neraka itu kekal selama lamanya , wahabi bilang neraka dan siksa didalamnya tidak akan kekal selama-lamanya. Inilah Bid`ah dolalah kaum wahabi.

  65. Allah mengatakan jika alam semesta itu diciptakan , wahabi bilang alam semesta itu Qodim azali alias tidak ada yang menciptakan , inilah bentuk kekufuran nyata dari Bid`ah sekte Wahabi dan bentuk Kemusyrikan yang nyata karena telah menjadikan alam semesta setara dengan Allah sang maha pencipta.

    mengatakan alam semesta Qodim azali, adalah bentuk pengingkaran terhadap firman Allah : ” Allah pencipta segala sesuatu ” qs. Az-zumar 62.
    Begitu juga ayat-ayat lain yang sangat banyak.

    1. amattahid..amattahid….
      Yang gue tahu orang wahabi tuch lebih qu’rani daripada yang ngaku aswaja…
      Coba loe datangi orang wahabi deh, tanya yang betul ya…!!!!

  66. muda , muda coba nt pake akal sehat kritis dikit napa sih…? itu maraji`nya sudah saya sebutkan berikut halamannya kok nt mo nutup telinga nutup mata sih…? katanya lebih qur`ani kok menentang qur`an…? ana gak per lu nanya soalnya itu tertulis di bukunya kaum wahabi apa ente mau bilang itu salah cetak….? lucu.. cu… cu…

    kalo nt belum tahu coba nt tanya sama pembesar-poembesar Wahabi biar nt tahu kok wahabi tuh sebenarnya ahli Bid`ah.

  67. Yang melakukan bid’ah itu ente, pake dalil palsu lagi. Menentang Qur’an gmn? Coba ente mengakui tidak? (QS. Yunus [10]: 31; QS. az-Zukhruf : 87; QS. al-’Ankabut: 63; QS. an-Naml: 62) Perhatikanlah! Dalam ayat-ayat di atas terlihat bahwasanya orang-orang musyrik itu mengenal Allah, mereka mengakui sifat-sifat rububiyyah-Nya yaitu Allah adalah pencipta, pemberi rezeki, yang menghidupkan dan mematikan, serta penguasa alam semesta. Namun, pengakuan ini tidak mencukupi mereka untuk dikatakan muslim dan selamat. Kenapa? Karena mereka mengakui dan beriman pada sifat-sifat rububiyah Allah saja

  68. abu umar,ahli bid`ah yang teriak Bid`ah ini lho saya kasih tahu ada sekitar 86 penyimpangan sekte wahabi 12 diantaranya sudah jelas Bid`ah dolalah : 1. membagi Tauhid
    2. menyamakan muslim ahli Tauhid dengan Musyrikin quresy
    3. mengharamkan Ta`wil
    4. mengatakan Allah duduk di dikursi , disebutkan dalam kitab ” Fathul Majid ” hal. 356 penulis abdurrahman bin hasan bin muhammad bin abdil Wahhab. Cet. Darusalam riyad.
    5. menetapkan adanya anggota tubuh bagi Allah disebutkan oleh Bin Baz dalam tulisannya Tanbihat fi rodd man taawwala sifat hal 19, cet . al-riasah al ammah lil Ifta Riyad.
    6. menetapkan arah bagi Allah
    7. mengatakan Abu Jahal dan Abu Lahab lebih berTauhid dan lebih ber-Iman dari Muslimin dan mukminin. Lihat kitab ” Kaifa Nafhamu Tauhid ” penulis Muhammad Ba syamil hal 16 cet. Riyad saudi
    8. tidak mengakui jika Nabi adam adalah Nabi dan Rosul , lihat kitab mereka al- iman bil anbiya jumlatan, penujlis abdullah bin zeid , cet al-maktab al- islami Beirut.
    9. tidak mengakui jika neraka akan kekal selama lamanya. Lihat al-qoulul Mukhtar Li fanai an- nar , penulis abdul karim hamid hal 7, begitu juga dalam Syarh Aqidah Thohawiyah libni abil `iz yang dipuji oleh bin baz , hal 427 cet. Al-maktab al-islami beirut.
    10. mengatakan alam semesta Qodim azali, kitab yang sama hal. 132.
    11. mengkafirkan semua Muslimin yang mengoreksi faham sesat wahabi
    12. jiarah kubur Syirk bagi wanita

    apakah ente mau bahas satu persatu …? kalo mau yuk kita bahas dari ponit 1 ya…?

  69. Yang ahli bid’ah itu ente. Apa ga nyadar coba? Pembahasan seperti itu sangat panjang dan sudah termasuk pada taraf tingkat ulama kelas atas. Jadi Coba bantah aja pada syeikh2 yang ane sebutkan sebagai generasi sekarang (nomor 10).
    Biar lebih tenang hati ente?

    1. abu umar Ahli Bid`ah yang gak nyadar , pembagian Tauhid itu gak ada dalil perintahnya dari Rosulallah.

      menyamakan muslimin yang ber Tawassul dengan Musyrikin quresy juga tidak ada Dalilnya.

  70. PIHAK WAHABI HANYA MENGKLAIM MEREKA TELAH BANYAK DI INDONESIA, FAKTANYA “NOL”, BAHKAN DI MAKKAH DAN MADINAH SENDIRI BANYAK DARI MEREKA MENGAKUI FAHAM WAHABI KARENA TAKUT DENGAN PEMERINTAHAN YG ADA.

    JIKA ANDA TIDAK PERCAYA SILAHKAN LAKUKAN PENELITIAN SEBERAPA BESAR FAHAM WAHABI BERPENGARUH TERHADAP MASYARAKAT DI MAKKAH DAN MADINAH.

    DAN PASTINYA ANDA AKAN TERCENGANG DENGAN PENELITIAN ANDA BAHWA MEREKA WAHABI HANYA BISA MENGKLAIM.

    FAKTA SEJARAH MENUNJUKKAN BAHWA PERKEMBANGAN FAHAM WAHABI BERBARENGAN DENGAN BERDIRINYA KERAJAAN SAUD, JIKA PARA WAHABI ITU PINTAR KENAPA HARUS DGN SISTEM KERAJAAN BUKAN SISTEM ISLAM ??

    1. kalau nol mengapa anda takut? pengajar universitas madinah salafynya seabreg tu mas? ya saya tercengang dengan komentar anda. Wahabi muncul abad 2 H di andalusia Spanyol dan udah punah, saudi abad berapa mas? itu salafy bukan wahabi. Emang mau diganti demokrasi to? Sudahlah mas yang kearab-araban kamu tolak, tapi yang kebarat-baratan ok, gitu aja ko repot pake sebutan wahabi segala

      1. Aji : kalau nol mengapa anda takut?
        – hahahahaa hanya wahabi yg takut klo pemahaman mereka punah…

        pengajar universitas madinah salafynya seabreg tu mas?
        – itu kan orang” dia jg si wahabi cs yg menjilat pemerintahan saudi sbg penyokong dakwah kan ?? hahahaha ketahuann diaa…hahahahaa

        ya saya tercengang dengan komentar anda. Wahabi muncul abad 2 H di andalusia Spanyol dan udah punah, saudi abad berapa mas?
        – wahhhh ngarang sejarah baru nih wahabin dari andalusia ?? boleh donk buku’a….tp jgn yg karangan ente ji…klo karangan ente takut byk ngarang-ngarang cerita…hehehehee

        itu salafy bukan wahabi.
        – weehhh ternyata salafy bukan wahaby kata si aji….hebat nih prof. aji andalusia…ckckckckc
        – cuma bisa mengaku-ngaku ikut salafy aj somseeee…hahahahahaa

        Emang mau diganti demokrasi to?
        – yg jelas bukan diganti dgn hukum wahaby yg ngaku salafy

        Sudahlah mas yang kearab-araban kamu tolak, tapi yang kebarat-baratan ok, gitu aja ko repot pake sebutan wahabi segala
        – Sudahlah ji jgn sok wahaby ap lg ngaku” salafy…yg jelas ente tolak, tp main internetan yg kebarat-baratan ok, gitu aj ko repot pake ngaku-ngaku salafy lagi…ap lagi ngaku” wahaby segala…ckckckckckckckkk

        KASIAN BWT DAKWAH WAHABY YG NGAKU-NGAKU SALAFY 🙂 kasiaann dehhh lohhh…heheheheee

        Maju terus pemuda Aswaja jgn kasiah ruang bwt pergerakan wahaby yg ngaku” salafy di Indonesia 🙂

    1. salafy = wahabi ganti kulit …..gitu aja kok nge lles silahkan baca juga buku yang lain yang membicarakan permulaan munculnya faham tsb …….

    1. aji, adakah beda antara Salafi dg Wahabi? Bukankah Salafi itu nama baru dari gerombolan Wahabi?

      Bukankah Nabinya kaum Salafi dan Wahabi juga sama yaitu Muhammad bin Abdul Wahab?

      Bukankah kaum Wahabi/Salafi itu sama-sama lebih beriman kepada Muhammad bin Abdul Wahab dari pada Sayyidina Muhammad bin Abdullah Saw?

      Silahkan dijawab oleh para pengikut Muhammad bin Abdul Wahab.

  71. dalam bantahan abu Jibril terhadap tulisan abu fateh tentang pembagian Tauhid terdapat pernyataan :

    ” Nah sama persis bukan keyakinan kafir quraisy dulu dengan abou fateh dan ummati cs? jika begini, maka siapakah yang sebenarnya dalam kebingungan dan kesamaan dengan nashrani ??
    Inilah yang kata peribahas : Menepuk air didulang memercik muka sendiri !!!”

    bagi saya pribadi tidak begitu mempermasalahkan Penyamaan yang dilakukan Abu jibril , biarlah abu jibril menganggap saya kafir , toh yang menyatakannya juga orang sesat , tetapi ini adalah teologi yang menjadi akar pengkafiran dan brutalisme yang harus disikapi dengan tegas , adakah kawan-kawan Ummati yang mau membuat bantahan atas bantahan abu Jibril…..?

    1. wah keterlalaun abu Jibril ini, itukan berarti seluruh ulama dan para Waliullah adalah kafir? sungguh laknat si abu Jibril yg sudah berani mengkafirkan ulama2 ASWAJA, apakah dia merasa sudah tinggi mqomnya dengan hadratuseykh Hasyim Asyari atau R. Rahmat Sunan Ampel? saya pikir tidak dan masih jauuuuuuh sekali

      @ahmadsyahid
      lanjuuuuuut kang mas

    2. abu jibril dan kebanyakan wahabiyyun taunya cuma copas , tolong jangan dibandingin sama hadrotusyeikh apalagi awliya.
      abu Jibril itu hanya muallaf, pengetahuan tentang Islamnya masih Nol , dia hanya bisa memutar balik dan meramu hasil copasnya, ya inilah dunia orang jahil kaya abu Jibril pun ada saja yang ngikutin, musibah memang.

    3. Sebaiknya ya tidak usah ditanggapi, Mas Syahid. Nanti dia untung jadi terkenal kalau ditanggapi di sini sebab blog ini cukup ramai pengunjung. Kalau mau nanggapi di blog abah Jibril aja. Tapi jangan lupa simpan setiap coment yg kita kirim. Nanti kalau dia curang biar kita ada bukti. Gitu aja menurut saya.

      Dia itu orang rendah ilmunya tapi sudah berani memplokamirkan diri sebagai Perisai Islam, apa gak berlebihan itu? Kalau menurut saya sih dia itu Perisai Wahabisme baru tepat dan proporsional.

      Yg perlu di garis bawahi, abah jibril yg jahil tapi sok berilmu itu ibaratnya MELUDAH KE LANGIT MAKA LUDAHNYA KENA MUKA SENDIRI.

    4. tuh belum apa-apa abu jibril dah curang , tapi ngakunya jadi perisai Islam kacau kacau bener kata mas jabir pasnya perisai dul wahab.

  72. Aji : kalau nol mengapa anda takut?
    – hahahahaa hanya wahabi yg takut klo pemahaman mereka punah…

    pengajar universitas madinah salafynya seabreg tu mas?
    – itu kan orang” dia jg si wahabi cs yg menjilat pemerintahan saudi sbg penyokong dakwah kan ?? hahahaha ketahuann diaa…hahahahaa

    ya saya tercengang dengan komentar anda. Wahabi muncul abad 2 H di andalusia Spanyol dan udah punah, saudi abad berapa mas?
    – wahhhh ngarang sejarah baru nih wahabin dari andalusia ?? boleh donk buku’a….tp jgn yg karangan ente ji…klo karangan ente takut byk ngarang-ngarang cerita…hehehehee

    itu salafy bukan wahabi.
    – weehhh ternyata salafy bukan wahaby kata si aji….hebat nih prof. aji andalusia…ckckckckc
    – cuma bisa mengaku-ngaku ikut salafy aj somseeee…hahahahahaa

    Emang mau diganti demokrasi to?
    – yg jelas bukan diganti dgn hukum wahaby yg ngaku salafy

    Sudahlah mas yang kearab-araban kamu tolak, tapi yang kebarat-baratan ok, gitu aja ko repot pake sebutan wahabi segala
    – Sudahlah ji jgn sok wahaby ap lg ngaku” salafy…yg jelas ente tolak, tp main internetan yg kebarat-baratan ok, gitu aj ko repot pake ngaku-ngaku salafy lagi…ap lagi ngaku” wahaby segala…ckckckckckckckkk

    KASIAN BWT DAKWAH WAHABY YG NGAKU-NGAKU SALAFY 🙂

    Maju terus pemuda Aswaja jgn kasiah ruang bwt pergerakan wahaby yg ngaku” salafy di Indonesia 🙂

    1. bilang saja wahabi keluar dari muslim, trus tulis yang besar di judulnya, atau jadikan nama situs, gak usah sembunyi2, kami sudah tau rencana kalian ko

      1. aji , coba deh diskusi disini ada mas dianth ada mas baihaqi ada abah zahra ada banyak kawan kawan lainnya yang siap diskusi dengan aji dan kawan-kawan.

        biar clear ga selalu buruk sangka.

  73. all wahabiyun
    baru saja mendapat kiriman buku yang ana beli di http://www.toko-buku-albarokah.blogspot.com judul buku “Buku Pintar Berdebat dengan Wahabi” dan isinya banyak berdebatan yang tidak tuntas oleh wahabiyun, banyak hujah2nya dibantah mentah2 oleh penulis, penilaian saya mereka para pengikut faham wahabi kurang ilmunya, baik hadis maupun dalil2 alquran.

    saya juga pingin baca buku bantahan dari buku tsb (bukan buku lainnya) kalo ada…monggo dibantah aja di forum ini buku tersebut dengan adab diskusi yang baik, saya akan menyimak

  74. Muda,

    Sudah kebiasaan Wahabi lah, fakta apapun akan dibantah oleh Wahabi. Contoh yg cukup top adalah soal Wilayah Nejd tempat lahirnya dua tanduk Syetan. Nejd itu letaknya sudah sangat jelas ada di wilayah Arab Saudi, lho ternyata Wahabi masih saja membantah bahwa Nejd letaknya di Iraq. Apa nggak gemblung itu para Wahabiyyun? Apakah karena Nejd itu tempat kelahiran Syekh Muhammad bin Abdul Wahab sang perintis sekte Wahabi?

    Jadi kesimpulannya dari contoh di atas ternyata Wahabi itu nggak punya rasa malu sedikit pun. Asal bantah aja, kira-kira seperti itulah buku-buku bantahan yg dibuat Wahabi.

  75. Mas Sujarwo, you betul Mas, ternyata blog yg dikasih si Muda@ itu blog pengecut. Blog yg ngomong sendiri seperti orang bingung. Lha buku yg dibantah itu fakta semuanya kok masih dibantah? Wahabi itu memang lucu-lucu dan nggak punya malu. Udah gitu manas-manasi para pembacanya yg ahli untuk ngadain penelitian terhadap buklu tsb. Kalau saya sih teliti aja, ntar Nte semua yg geleng-geleng kepala sebab yg ditulis oleh Syaikh Idahram adalah fakta semuanya. Sumber rujukannya adalah buku-buku Wahabi. Nah lho, gemana tuh kalau ternyata buku-buku sumbernya dari buku-buku Wahabi? Salahin dong buku-buku Wahabi, heh heh heh….

    Itulah yg disebut dg istilah SENJATA MAKAN TUAN. Kena tuh Wahabi. Si Lukito yg bikin tulisan di blog itu apa gak lihat, kalau buku yg diamuknya itu ternyata referensinya dari buku-buku Wahabi sendiri? Wahabi itu memang lucu dalam arti luccu yg sebenarnya, ha ha ha…..

    1. @ Yanto Jenggot
      ya memang lucu wahabi, gelar sarjana ustad2 lulusan arab saudi kan LC, kependekan dari lucu ni ye.
      LC……lucu ni ye, ha ha ha…….

    1. Muda, Muda… link yg Nte kasi ini tidak berani kasih kolom komentar. Begitulah Wahabi pengecut, he he he….

      Kalau gak kasih kolom komentar lalu buat apa dibaca, malas baca ah, blog yg kamu kasih itu blog pengecut ,tidak mungkin pengecut kok membawa kebenaran? Pasti dusta, makanya gal berani kasih kolom komentar. Yah, seandainya ada kolom komentarnya juga pasti tidak akan dimunculkan, seperti itulah rata-rata blog Wahabi yg penuh tipu daya.

    1. Muda, Muda… antara Wahabi dan Syi’ah itu kan sama-sama sesat, sama-sama lahir atas campur tangan Yahudi agar Ummat Islam terpecah belah. Lalu kenapa Wahabi dan Syi’ah itu bermusuhan seperti kucing sama anjing?

      1. Loe yang gak sadar terpengaruh sama syiah bro…
        Buat maulidan seperti orang syiah…
        Buat acara haul kayak orang syiah…
        Loe tengok aja bukunya di atas, di bantah bagus kok,..

        Kalo wahabi sama syiah itu sama gak mungkin berantam seperi anjing dan kucing,,,

        1. Muada muada…,

          Syiah n Wahabi itu emang di setting oleh Yahudi supaya berantem seperti kucing n anjing. Ane nyindir Nte kok Nte gak paham?

          Oh ya, Nte gak tahu Wahabi juga Mauludan atas lahirnya Muhammad bin Abdul Wahab dan Utsaimin. Emang kedua orang ini Nabinya Wahabi kok diperingati maulidnya?

          1. Wah…gak pernah bikin tuch para wahabi di Indonesia…
            kalo ada pasti gua dapat undangan Maulidnya dong,,,

        2. @muda

          ketika kita ngomong harusnya mempunyai dasar yang kuat sayakira antum setuju dg ane, betul? nah untuk itu saya copaskan tuk antum, dan tanggapi pernyataan berikut:

          Ibnu taymiyah Pun Mendukung Maulid Nabi
          1) Al-Imam al-Hujjah al-Hafiz as-Suyuthi: Di dalam kitab beliau, al-Hawi lil Fatawa, beliau telah meletakkan satu bab yang dinamakan Husnul Maqsad fi ‘Amalil Maulid, halaman 189, beliau mengatakan: Telah ditanya tentang amalan Maulid Nabi ??? ???? ???? ???? pada bulan Rabiul Awal, apakah hukumnya dari sudut syara’? Adakah ia dipuji atau dicela? Adakah pelakunya diberikan pahala atau tidak?
          Dan jawapannya di sisiku: Bahawasanya asal kepada perbuatan maulid, iaitu mengadakan perhimpunan orangramai, membaca al-Quran, sirah Nabi dan kisah-kisah yang berlaku pada saat kelahiran baginda dari tanda-tanda kenabian, dan dihidangkan jamuan, dan bersurai tanpa apa-apa tambahan daripadanya, ia merupakan bid’ah yang hasanah yang diberikan pahala siapa yang melakukannya kerana padanya mengagungkan kemuliaan Nabi ??? ???? ???? ???? dan menzahirkan rasa kegembiraan dengan kelahiran baginda yang mulia.
          2) Syeikh Ibn Taimiyah : “Di dalam kitab beliau, Iqtidha’ as-Shiratil Mustaqim, cetakan Darul Hadis, halaman 266, beliau nyatakan: Begitu juga apa yang dilakukan oleh sebahagian manusia samada menyaingi orang Nasrani pada kelahiran Isa ???? ??????, ataupun kecintaan kepada Nabi ??? ???? ???? ???? dan mengagungkan baginda, dan Allah mengurniakan pahala kepada mereka atas kecintaan dan ijtihad ini…”
          Seterusnya beliau nyatakan lagi : “Ia tidak dilakukan oleh salaf, tetapi ada sebab baginya, dan tiada larangan daripadanya.”
          Kita pula tidak mengadakan maulid melainkan seperti apa yang dikatakan oleh Ibn Taimiyah sebagai: “Kecintaan kepada Nabi dan mengagungkan baginda.”
          3) Syeikhul Islam wa Imamussyurraah al-Hafiz Ibn Hajar al-‘Asqalani: Berkata al-Hafiz as-Suyuthi dalam kitab yang disebutkan tadi: Syeikhul Islam Hafizul ‘Asr Abulfadhl Ibn Hajar telah ditanya tentang amal maulid, dan telah dijawab begini: “Asal amal maulid (mengikut cara yang dilakukan pada zaman ini) adalah bid’ah yang tidak dinaqalkan dari salafussoleh dari 3 kurun (yang awal), walaubagaimanapun ia mengandungi kebaikan serta sebaliknya. Maka sesiapa yang melakukan padanya kebaikan dan menjauhi yang buruk, ia merupakan bid’ah yang hasanah.
          Telah jelas bagiku pengeluaran hukum ini dari asal yang tsabit iaitu apa yang tsabit dalam shahihain (shahih al-Bukhari dan shahih Muslim) bahawa Nabi ??? ???? ???? ???? ketika tiba di Madinah mendapati orang Yahudi berpuasa Asyura’, lalu baginda bertanya kepada mereka (sebabnya). Mereka menjawab: Ia merupakan hari ditenggelamkan Allah Fir’aun dan diselamatkan Musa, maka kami berpuasa kerana bersyukur kepada Allah. Maka diambil pengajaran darinya melakukan kesyukuran kepada Allah atas apa yang Dia kurniakan pada hari tertentu, samada cucuran nikmat atau mengangkat kesusahan.”
          Seterusnya beliau berkata lagi: Dan apakah nikmat yang lebih agung dari nikmat diutuskan Nabi ini ??? ???? ???? ????, Nabi Yang Membawa Rahmat, pada hari tersebut? Dan ini adalah asal kepada amalan tersebut. Manakala apa yang dilakukan padanya, maka seharusnya berlegar pada apa yang difahami sebagai bentuk kesyukuran kepada Allah Ta’ala samada tilawah, memberi makan, sedekah, membacakan puji-pujian kepada Nabi, penggerak hati atau apa sahaja bentuk kebaikan dan amal untuk akhirat.”
          Inilah istinbat-istinbat yang dikatakan oleh mereka yang menentang sambutan maulid (anti-maulid) sebagai istidlal yang bathil serta qias yang fasid, lalu mereka mengingkarinya. Cukuplah bagi kita memerhatikan siapakah yang mengingkari dan siapa pula yang mereka ingkari!!!

          semoga menjadi ilmu bermanfaat

          mas @muda mohon tanggapannya
          syukron

          1. wkwkwkwkwkwkwkwkw……
            Lucu deh kamu….
            Emang kalo Ibnu Taymiyah bilang begitu harus di ikuti,,…
            Gue aja gak tahu itu bener apa gak…
            Gini aja bos….
            Sahabat Nabi dan para Imam Mazhab itu khan yang di ikuti…
            Mereka gak pernah bikin maulidan kok, jangankan Ibnu Taymiyah, Imam Syafi’i sekalipun yang bilang di perbolehkan maulid Nabi, gue juga gak mau ikutin, karena para sahabat juga gak ada yang bikin maulid nabi…
            Sedang mereka itu jamin masuk surga…
            Mereka gak bikin maulid, kenapa kita harus bikin, jangan-jngan loe dengan bikin maulid Nabi supaya lebih duluan masuk surga dari para sahabat yang gak ada bikin maulid, jadi pahala loe lebih banyak dari mereka,,?barangkali,,,

        1. Syiah itu sudah di kafirkan oleh para “ulama Salafy mas, mereka bukan islam…
          Loe aja yang menganggapnya orang Islam…

  76. DARI ADMIN UMMATI:
    Maaf COPASNYA kepanjangan, terpaksa kami delete!!!

    Kalau mau bebas COPAS sepanjang yg antum suka, silahkan COPAS di blog antum sendiri, oke?

    Lagian COPASAN antum sudah banyak linknya di sisni. Jadi sebelum antum COPAS pembaca blog ini sudah pada kunjung ke blog Syiah-Wahahabi Indonesia tsb.

  77. MOHON PERHATIAN..
    Blog ini tidak sehat.. Mereka yang ada di sini cuma mentingin hawa nafsunya. Tidak dalam rangka mencari KEBENARAN. Melainkan membuat syuhbat umat.
    Lihat komen2 mereka.. cuma mentingin hawa nafsunya.. karena demi uang semua dilakukan..
    KALAU MEREKA TERDESAK LANGSUNG MENGHUJAT “TAUHID ANDA TRINITAS”..
    itulah andalan mereka jika terdesak.
    Mereka tidak sadar dengan bid’ah2 yang mereka kerjakan. dan membuat semua baik. sedangkan amalan2 sunnah ditinggalkan.

    1. Cah Ndeso Poll ini paling aneh di antara Wahabiyyun yg koment di blog ini. Kalau nggak mudeng ya tidak usah koment lah. Cukup nyimak aja siapa tau lama-lama dapat hidayah?

      Nte dan Wahabiyyun lainnya sebagai ahli bid’ah tulen kok gak merasa? Tauhid Trinitas Wahabi itu memang jelas-jelas bid’ah dholalah, buktinya sampai sekarang gak ada yg mampu menunjukkan dalilnya? Mana dalilnya tentang pembagian Tauhid sehingga menjadi TRINITAS seperti itu? Karena itulah Wahabi itu biangnya ahli bid’ah sebab bid’ahnya ini menyangkut bid’ah USHUL/POKOK AGAMA. Kalian gak sadar ya kalau diri kalian itu biangnya ahli bid’ah?

      1. Coba ente masuk ke forum orang2 sekuler..
        Di uji dulu pemahaman ente..
        Nanti ente dijamin pasti keok di sana.. ga bisa apa2. apa lagi tentang ilmu laduni.. mampus ga coba..
        atau mungkin malah sama pemahamannya dengan mereka..

      2. Nih ulama yang membagi tauhid menjadi tiga…
        Baik secara tersirat maupun tersurat….

        1. Imam Abu Ja’far Ath-Thahawy (wafat th. 321), di dalam muqaddimah kitab beliau Al-Aqidah Ath-Thahawiyyah. Beliau berkata:

        ???? ?? ????? ???? ??????? ?????? ???? ?? ???? ???? ?? ???? ?? ? ? ?? ??? ???? ? ? ?? ??? ????? ? ? ?? ??? ????

        Artinya: “Kami mengatakan di dalam pengesaan kepada Allah dengan meyakini: bahwa Allah satu tidak ada sekutu bagi-Nya, tidak ada yang serupa dengan-Nya, tidak ada yang melemahkan-Nya, dan tidak ada tuhan yang berhak disembah selain-Nya.

        Perkataan beliau: “Tidak ada yang serupa dengan-Nya.”: Ini termasuk tauhid Asma’ dan Sifat.

        Perkataan beliau: “Tidak ada yang melemahkan-Nya.”: Ini termasuk tauhid Rububiyyah.

        Perkataan beliau: “Dan tidak ada tuhan yang berhak disembah selain-Nya.”: Ini termasuk tauhid Uluhiyyah.

        2. Ibnu Abi Zaid Al-Qairawany Al-Maliky (wafat th. 386 H), di dalam muqaddimah kitab beliau Ar-Risalah Al-Fiqhiyyah hal. 75 (cet. Darul Gharb Al-Islamy). Beliau mengatakan:

        ?? ??? : ??????? ?????? ? ????? ??????? ??? ???? ??? ???? ?? ??? ???? ? ? ?? ???? ?? ? ?? ????? … ? ????? ??? ??? ? ??? ?? ?? ?????? ? ?? ??????? ??????? ???????? ? ??????

        Artinya: “Termasuk diantaranya adalah beriman dengan hati dan mengucapkan dengan lisan bahwasanya Allah adalah sesembahan yang satu, tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Dia, tidak ada yang serupa dengan-Nya dan tidak ada tandingan-Nya.”

        Pencipta segala sesuatu, ketahuilah bahwa Dia adalah pencipta hamba-hamba-Nya dan pencipta amalan-amalan mereka, dan yang menakdirkan gerakan-gerakan mereka dan ajal-ajal mereka.”

        Perkataan beliau: “Sesembahan yang satu, tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Dia.”: Ini termasuk tauhid Uluhiyyah.

        Perkataan beliau: “Tidak ada yang serupa dengan-Nya dan tidak ada tandingan-Nya”: Ini termasuk tauhid Asma’ wa Sifat.

        Perkataan beliau: “Pencipta segala sesuatu, ketahuilah bahwa Dia adalah pencipta hamba-hamba-Nya dan pencipta amalan-amalan mereka, dan yang menakdirkan gerakan-gerakan mereka dan ajal-ajal mereka.” : Ini termasuk tauhid Rubiyyah.

        3. Ibnu Baththah Al-’Akbary (wafat th. 387 H), di dalam kitab beliau Al-Ibanah ‘an Syariatil Firqatin Najiyyah wa Mujanabatil Firaq Al-Madzmumah (5 / 475)

        ???? ?? ??? ??????? ????? ???? ??? ??? ????? ??????? ?? ????? ??????? ?? ????? ????? : ????? : ?? ????? ????? ??????? ????? ???? ?????? ????? ??? ??????? ????? ?? ?????? ????? . ?????? : ?? ????? ???????? ? ????? ?????? ???? ????? ??? ????? ????? ????? ??????? ??????? ??? ?? ??????? ???? . ??????? : ?? ?????? ?????? ??????? ???? ?? ???? ??? ?? ???? ?????? ??? ?? ????? ??????? ??????? ????? ?? ??? ?? ???? ?? ?????

        Artinya: Dan yang demikian itu karena pokok keimanan kepada Allah yang wajib atas para makhluk untuk meyakininya di dalam menetapkan keimanan kepada-Nya ada 3 perkara:

        Pertama: Hendaklah seorang hamba meyakini rabbaniyyah Allah (kekuasaan Allah) supaya dia membedakan diri dari jalan orang-orang atheisme yang mereka tidak menetapkan adanya pencipta.

        Kedua: Hendaklah meyakini wahdaniyyah Allah (keesaan Allah dalam peribadatan) supaya dia membedakan diri dari jalan orang-orang musyrik yang mereka mengakui adanya pencipta alam kemudian mereka menyekutukan-Nya dengan selain-Nya.

        Ketiga: Hendaklah meyakini bahwasanya Dia bersifat dengan sifat-sifat yang memang harus Dia miliki, seperti ilmu, qudrah (kekuasaan), hikmah (kebijaksanaan), dan sifat-sifat yang lain yang Dia tetapkan di dalam kitab-Nya.

        4. Abu Bakr Muhammad bin Al-Walid Ath-Thurthusyi (wafat th. 520 H), di dalam muqaddimah kitab beliau Sirajul Muluk (1/1), beliau berkata:

        ????? ?? ????????? ??????????. ???? ??? ?? ????? ?? ??????? ??????. ??????? ?????. ?????? ??????

        Artinya: Dan aku bersaksi atas rububiyyah-Nya dan uluhiyyah-Nya, dan atas apa-apa yang Dia bersaksi atasnya untuk dirinya berupa nama-nama yang paling baik dan sifat-sifat yang tinggi dan sempurna.

        5. Al-Qurthuby (wafat th. 671 H), di dalam tafsir beliau (1/ 102) , beliau berkata ketika menafsirkan lafdzul jalalah (????) di dalam Al-Fatihah:

        ????? ??? ??????? ???? ?????? ????? ???????? ??????? ????? ????????? ??????? ??????? ???????? ?? ??? ??? ?? ??????.

        Artinya: Maka ( ???? ) adalah nama untuk sesuatu yang benar-benar ada, yang mengumpulkan sifat-sifat ilahiyyah (sifat-sifat sesuatu yang berhak disembah), yang bersifat dengan sifat-sifat rububiyyah (sifat-sifat sesuatu yang berkuasa), yang sendiri dengan keberadaan yang sebenarnya, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain-Nya.

          1. @ahmadsyahid

            mas syahid kayaknya cokgalicok itu dalil ye he he he
            jadi ibarat jaka sembung bawa golok ga nyambung go*lok…..

          2. Wkwkwkwkwkwkkw…
            Coba loe sebutin deh dalil sifat 20 yang loe agungkan itu bro, yang justru pembuatnya udah bertobat dari pemahaman itu

  78. oh ya , poin 3 , Ibnu Bathoh al-`akbari , seorang pemalsu Hadist , pantas jika wahabi jadi takfiri , ngambil aqidahnya dari Ibnu Bathoh sang Pemalsu Hadist Nabi, dan tokoh Mujassimah ternama.

  79. @ muda
    tanggapan untuk muda komen #233

    muda said: “Emang kalo Ibnu Taymiyah bilang begitu harus di ikuti,,… Gue aja gak tahu itu bener apa gak…”

    apakah antum merasa lebih alim dari ibn Taimiyah? ane rasa antum keras kepala atau merasa benar sendiri ketika ada data secara fakta menjelaskan hal tsb, dari situlah Ibnu Taimiyah dianggap kafir oleh sebagian penganut WAHABI karena fatwa beliau

    muda said: “Gini aja bos…. Sahabat Nabi dan para Imam Mazhab itu khan yang di ikuti…”

    hal ini sudah dijelasakan oleh Ibnu Taimiyah sbb:“Ia tidak dilakukan oleh salaf, tetapi ada sebab baginya, dan tiada larangan daripadanya.”
    antum tidak melakukan juga tidak masalah, namun menghukumi yg melakukan hal tersebut dengan kata2 orang musyrik dan keluar dari islam itu yang menjadi kami permasalahkan dan banyak lagi ulama2 salaf yang membolehkan hal tersebut salah duanya adalah

    1. Imam Al-‘Allamah Utsman bin Sind, beliau wafat pada tahun 205 H dan pernah menulis kitab Maulid dalam bentuk sya’ir dengan tema memuji dan mengagungkan Rasulullah.

    2. Al-Imam Junaid Al-Baghdadiy rahimahullah (?????? ?????? ???????? ???? ????) adalah ulama yang terkenal zuhud, beliau terkenal sebagai ahli tashawuf pada kurun ketiga, generasi awal umat Islam. Imam Junaidi wafat pada tahun 297 H, masih dalam kurun Tabi’ut tabi’in yaitu kurun yang oleh Rasulullah katakan kurun yang senantiasa dalam kebaikan.

    masihkah antum meras lebih alim dan lebih salaf dari beliau2?

    1. Dan satu lagi yang aneh dari kalian, Ibnu Thaymiyah sering di katakan musyabih, majassim tapi pendapatnya di pake juga,,,
      wkwkwkwkwkwkw,,,
      cucian deh loe,,,!!!

  80. itulah sikap adil Aswaja , kalo baik dibilang baik kalo jelek dibilang jelek , tidak semua tulisan Ibnu taimiyah salah ada juga yang benarnya , pernyataan ibnu taimiyah diambil hanya dalam rangka mengingatkan pengikutnya.

    oh ya muda soal Ibnu Bathoh , diakan disamping mujassim juga seorang waddo` (pemalsu hadist) kenapa ente jadikan landasan….? dalam aqidah lagi….?

  81. Bismillah
    Setelah saya menelaah buku ini, akan coba saya paparkan beberapa kelemahan yang terdapat dalam buku ini,

    1. Dari sisi penulisnya. Penulis buku ini adalah Syaikh Idahram dan penulis ini adalah majhul (tidak dikenal). Semua kalangan perguruan tinggi, ormas-ormas Islam kemudian dari beberapa pesantren juga sudah mencoba mencari dan tidak menemukan nama sang penulis. Nama ini sepertinya adalah nama samaran atau nama pena. Bisa beberapa kemungkinan seperti “Marhadi” (dibalik dari kata idahram) atau “Rahmadi” (hasil rangkaian kata dari idahram).

    2. Tidak konsisten dalam tujuan penulisan buku ini (terdapat dibagian pengantar buku). Disampaikan bahwa buku ini ditulis bukan untuk memperbesar jurang dan perpecahan tersebut melainkan untuk memperbaiki keadaan yang tidak nyaman itu dan meluruskan apa yang seharusnya diluruskan dengan cara menyingkap kekeliruan-kekeliruan pemahaman kaum salafi wahabi yang sangat tersembunyi dan hampir tidak pernah disadari oleh para pengikutnya dan bahkan tokoh-tokohnya sekalipun. Itu adalah keinginan dari penulis akan tetapi sebaliknya buku tersebut justru memunculkan masalah-masalah baru karena jurang yang muncul bertambah semakin besar.

    3. Dalam definisi salaf, salafi dan seterusnya. Pada tidak lebih dari lima halaman awal sumber rujukan dari pendefinisian cukup bagus akan tetapi pada halaman-halaman selanjutnya menjadi tidak karuan.

    4. Kesalahan dari sisi penulisan dan pencetakan seperti kesalahan dalam penyebutan pencetakan Kamus Lisanul Arab.

    5. Klaim yang terlalu cepat membuat hukum, vonis dengan kalimat bahwa tidak ada satupun riwayat shohih yang menerangkan bahwa ada diantara para sahabat Nabi, ulama salaf, ulama mujtahid (Imam 4 Mahdzab seperti Imam Abu Hanifah, Imam Syafi’i, Imam Malik, Imam Ahmad) yang menyampaikan bahwa mereka adalah kelompok salafi. Dan tentu ini perlu dicek ulang dan diklarifikasi dengan melihat beberapa riwayat yang disampaikan oleh beberapa ulama.

    6. Buku tersebut menyatakan bahwa Syaikh Nashiruddin Al-Albani yang pertama kali mempopulerkan istilah salafi ini. Dan tentu ini merupakan kekeliruan. Kalau dikarenakan kita sering baca buku beliau dan tidak membaca buku dari ulama lain mungkin bagi sebagian orang akan begitu.

    7. Penulis sepertinya merasa sakit hati dengan Syaikh Nashiruddin Al-Albani (Syaikh Al-Albani) sehingga menggunakan bahasa-bahasa yang provokatif dan menghujat. Sebagai contoh dengan menyebutkan bahwa Syaikh Al-Albani “mengaduk-aduk hadits”. Syaikh Al-Albani dikatakan sebagai pendatang baru di ranah wahabi dan semisalnya.

    8. Ketidakpahaman penulis dalam menterjemahkan bahasa Arab atau ketidakpahaman dalam memahami konteks kalimat.

    9. Ketidakpahaman penulis dalam memahami biografi dan sejarah Syaikh Muhammad ibn Abdul Wahab sehingga yang ada adalah klaim subjektif. Sebagai contoh dengan mengatakan secara tersirat bahwa ilmu agama Syaikh Muhammad ibn Abdul Wahab cetek dan semisalnya.

    10. Kesalahan penulis dengan berusaha menghubung-hubungkan bahwa nabi-nabi palsu termasuk Musailamah Al-Kadzab dari Bani Tamim dan termasuk juga Syaikh Muhammad Ibn Abdul Wahab juga dari Bani Tamim sehingga saling berhubungan. Jika hal ini masuk dalam kaidah salah dan benar sebuah pemahaman tentu banyak sekali orang-orang yang bisa masuk ke dalam kaidah tersebut. Seperti sebagai contoh Abu Lahab. Abu Lahab memiliki seorang putra bernama Ikrimah dan ini jelas sangat dekat hubungannya (hubungan keturunan). Akan tetapi Abu Lahab musuh Islam sedangkan Ikrimah adalah sahabat Nabi. Apalagi jika dibandingkan antara Musailamah dengan Syaikh Muhammad Ibn Abdul Wahab tentu sangat jauh sekali. Musailamah di abad keberapa dan Syaikh Muhammad Ibn Abdul Wahab di abad keberapa. Ini benar-benar tidak nyambung.

    11. Tambahan terjemahan ketika menukil dari buku. Sebagai contoh dengan menambahkan kata-kata “pengkafiran-pengkafiran”.

    12. Kesalahan dalam harokat. Dalam bahasa Arab kesalahan dalam harokat berakibat dalam kesalahan arti.

    13. Kesalahan dalam nukilan-nukilan sejarah yang diambilkan dari buku dan tidak dijelaskan siapa penulis buku sejarah tersebut. Apakah dia pakar sejarah atau sekedar orang yang menulis saja. Dan buku-buku sejarah yang tidak jelas memang semangat untuk menghabisi.

    14. Kesalahan yang fatal karena tidak memberikan kriteria atau pemetaan seperti dalam pembagian istilah salafi. Penulis menyebutkan terdapat dua faksi dalam salafi, salafi haroki dan salafi yamani. Pembagian yang disampaikan oleh penulis sangat tidak jelas karena tidak ada pembatasan dalam pembagian tersebut. Sebagai contoh apakah penyebutan salafi yamani itu karena dari yaman ?. Jika demikian berarti ada istilah salafi saudi dan salafi daerah lain. Itu jika memang merujuk berdasarkan daerah atau negara.

    15. Kesalahan dalam penukilan riwayat keturunan Kyai Haji Ahmad Dahlan. Beliau dikatakan berasal dari keluarga habaib. Di dalam buku ke-Muhammadiyah-an tidak pernah diajarkan bahwa beliau berasal dari keluarga habaib. Tentu ini adalah masalah yang janggal.

    16. Kesalahan dalam metodologi. Tidak ada metodologi yang jelas dalam membuat kriteria seseorang disebut salafi atau wahabi. Apa batasan dari wahabi ?. Definisi dari wahabi itu apa ?. Sebagai contoh orang yang tidak mau tahlilan maka disebut sebagai wahabi. Jika ini menjadi sebuah kaidah maka banyak sekali yang disebut sebagai wahabi. Muhammadiyah tidak tahlilan berarti wahabi. Apakah benar demikian ?. Jika tidak maka batasan yang jelas itu apa ?17. Kesalahan dalam istilah wahabi. Batasan saja sudah tidak jelas maka istilah wahabi juga tidak jelas. Bahkan daftar nama-nama yang disebut salafi wahabi yang ada di buku merupakan daftar nama-nama yang pernah dipresentasikan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) di depan PP Muhammadiyah dan PBNU.

    18. Tidak akurat dalam pendataan. Sebagai contoh data-data alamat ormas Islam juga mengalami kesalahan. Dan masih banyak lagi.

    19. Kesalahan dalam memahami teks dan pemahaman yang sempit dari penulis. Buku ini ingin menggambarkan bahwa salafi wahabi memiliki aqidah takfir (orang yang beda pemahaman dengan mereka maka kafir). Sebagai contoh jika ditemukan kata-kata “halal darahnya” dan semisalnya maka cepat-cepat penulis langsung menyatakan bahwa ini adalah takfir.

    20. Kesalahan dalam informasi daftar makam yang dihancurkan oleh kaum salafi wahabi. Sebagai contoh pemakaman di Ma’la. Maksud dihancurkan itu seperti apa juga tidak jelas.21. Kesalahan dalam menyebutkan hadits. Takhrij hadits disebutkan lengkap walaupun penyebutan takhrij tidak standar. Hal ini membuktikan penulis tidak menguasai ilmu hadits.

    22. Kesalahan dalam penafsiran hadits. Penafsiran bukan dari ulama tapi dari penulis sendiri.

    23. Dalam membuat sebuah rujukan berpaku pada satu sumber. Sebagai contoh penulis menyebutkan bahwa terdapat fatwa-fatwa nyleneh salafi wahabi. Sumber tersebut terdapat pada satu situs. Dalam metode ilmiah maka hal ini menjadi tidak ilmiah karena harusnya nukilan diambil dari sumber aslinya.

    24. Kesalahan dalam metode fatwa. Penulis tidak menyampaikan secara lengkap dalam menukil fatwa. Seperti pertanyaan dari si penanya yang menanyakan fatwa yang bersangkutan. Karena bisa jadi fatwa-fatwa yang ada diambil karena satu kasus-kasus khusus dan kasus-kasus tertentu.

    Dan masih banyak lagi kesalahan-kesalahan yang lain dari buku tersebut. Kesimpulannya bahwa buku ini buku yang tidak layak disebarkan dan bukan termasuk buku yang ilmiah. Buku ini tidak layak dibaca dan buku ini gagal untuk mematahkan argumen-argumen dalam mengkritisi paham salafi wahabi.

    Semoga bermanfaat dan memperjelas kaum muslimin untuk berpendapat sesuai dalil bukan hawa nafsu dan fanatisme golongan. Itulah yang diajarkan Rasulullah bagi kaum muslimin. Terutama bagi kaum yang mengakungaku Ahlussunnah Waljamaah.

    Abu Abdillah

    1. Abu Abdillah@

      Membaca Koment antum, saya yakin antum hanya baca sepintas-sepintas buku yg antum kritik. Dan saya yakin antum antum tidak menyadari bahwa buku yg antum tanggapi tsb memiliki 95% referensi buku2 Wahabi sendiri. Apakah masuk akal tanggapan antum ini yg artinya antum tidak menanggapi yg 95% yg bersumber dari sumber2 Wahabi sendiri.

      Kalau asal memberi tanggapan asal-asalan semua juga bisa melakukannya.

        1. Betul Mas Super Nova, Wahabi itu yg sebenarnya pada kebakaran jenggot. Buku berdarah Sejarah Salafy Wahabi adalah full fakta yg bersumber dari buku-buku Wahabi sendiri. Buku2 referensinya ada sekitar 150 buku, 95% nya adalah buku-buku Wahabi. Ditambah Majallah2 Wahabi, situs2/Website Wahabi. Bantahan-bantahan para pengikut Wahabisme di Indonesia ini persis kata pepatah BAGAIKAN ORANG MELUDAH KE LANGIT AKAN KENA MUKA SENDIRI.

          Jadi kesimpulan saya tentang orang-orang Wahabi itu nyaris semuanya tidak ada yg jujur. Pembohong semuanya, lha buku Ilmiah karya Syaikh Idahram ini sengaja dikesankan negative, padahal buku tsb sangat kuat dg fakta2 yg ada yg diambil dari referensi Wahabi sendiri. Jadi aneh sekali saya baca koment Abu Abdillah di atas. Ternyata rupanya dia belum baca sendiri bukunya, dan komentnya ternyata hanya COPAS toh?

  82. telah dibantah habis2an.
    para ahlul bid’ah pada mati kutu

    lihat Bantahan2annya. dsini contohnya:

    http://www.belajarislam.com/undangan-kajian-bedah-buku-sejarah-berdarah-sekte-salafi-wahabi/
    http://hijrahdarisyirikdanbidah.blogspot.com/2011/08/membongkar-kebohongan-buku-sejarah.html
    http://www.voa-islam.com/counter/liberalism/2011/07/11/15551/membongkar-kebohongan-penyesatan-buku-sejarah-berdarah-sekte-salafi-wahabi/
    http://id-id.facebook.com/media/set/comments/?set=a.172520136151805.41600.107334069337079

    dll , masih banyak yang lain.

    Para Ahlul bid’ah mati kutu, tak akan mampu menjawab bahwa sejarah kelam bukunya dibongkar.

    Ormas Muhammadiyah pun sampai berperan dalam membongkar kedok Ahlul bid’ah.

  83. @cingkrang
    di kirain sih artikel,..tahunya..??
    nt cingkrang belajar aja sejarah dahulu..kenapa mesti ada NU berdiri..?
    itu aja…Insya Allah ntar nt faham,…thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker