Advertisement

AffiliatBlog Solusi Berbagai Kebutuhan Affiliate Marketing Anda

Sejarah

Sejarah Islam : Dinasti Umayyah dan Dinasti Abbasiyyah

Sejarah Islam : Secuil Sejarah Dinasti Umayyah dan Dinasti Abbasiyyah

Dengan adanya kebencian dan kedengkian sebagian orang terhadap keturunan Ahlul-Bait Rasulallah saw, mengingatkan kita kembali kepada sejarah Islam yaitu zaman dinasti Bani Umayyah dan dinasti Bani Abbasiyyah.

Menurut riwayat, kaum muslimin mulai dilanda perselisihan, pertengkaran dan perpecahan sejak masa-masa terakhir kekhalifahan ‘Utsman bin ‘Affan ra.’ yakni kurang lebih dalam periode terakhir dasawarsa ke empat Hijriah, ketika itu mulailah beberapa perang saudara sesama muslim berkecamuk diantaranya:

Antara kekuatan trio Aisyah, Thalhah, Zubair [radhiyallahu ‘anhum] dan kekuatan Amirul-Mu’minin Imam ‘Ali bin Abi Thalib ra. Perang saudara ini be kobar di Bashrah, yang dalam sejarah Islam terkenal dengan nama ‘Waq’atul-Jamal’, disusul kemudian oleh perang saudara yang tidak kalah hebatnya, yaitu perang ‘Shiffin’, antara kekuatan Amriul-Mu’minin Imam Ali ra, dan kekuatan pemberontak dibawah pimpinan Mu’awiyah bin Abi Sufyan. Kemudian disusul dengan perang yang berkobar di kawasan yang terkenal dengan sebutan ‘Bainan-Nahrain’ (Diantara dua Bengawan), yakni daerah antara dua bengawan Tigris dan Eferat (Dajlah dan Al-Furat).

BACA JUGA:  Santri Dijampi Kiai Jadi Tak Terlihat Masuk Markas Belanda

Pertengkaran dan perpecahan yang diakibatkan oleh perang saudara Bainan-Nahrain’ ini jauh lebih parah daripada yang diakibatkan perang saudara yang sebelumnya. Dalam perang saudara ini kekuatan Imam Ali ra, terpecah dan sempal menjadi dua. Sebagian tetap setia kepada Amirul Mu’minin Ali bin Abi Thalib dan yang sebagian lainnya memberontak dan memerangi Imam Ali ra. Sempalan atau pecahan inilah yang dalam sejarah Islam terkenal dengan kaum Khawarij, dibawah pimpinan ‘Abdullah bin Wahb Ar-Rasiby.

BACA JUGA:  PENGHANCURAN SITUS SEJARAH ISLAM DI MAKKAH - MADINAH

Kemudian disusul perang saudara yang berkobar dalam rangka kebijakan Imam ‘Ali ra menumpas pemberontakan kaum Khawarij, di Nahrawand. Perang saudara ini lebih memperparah lagi perpecahan kaum muslimin. Dalam perang saudara di Nahrawand ini, kekuatan Imam Ali ra. unggul dan berhasil menghancurkan kekuatan bersenjata kaum Khawarij, “yang sejak terjadinya pembangkangan” sudah mengkafir-kafirkan Imam Ali ra

BACA JUGA:  Kronologi Perjuangan Santri Demi Kemerdekaan RI

(lebih mudahnya silahkan baca kitab ‘Imamul-Muhtadin Sayyidina ‘Ali bin Abi Thalib ra’ penerbit Yayasan Al-Hamidiy, Jakarta dan ‘Al-Fithatul-Kubra’ penerbit Pustaka Jaya, Jakarta) ….

 

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker