Advertisement

AffiliatBlog Solusi Berbagai Kebutuhan Affiliate Marketing Anda

Berita Iran

Rusia Tepati Janji, Iran Cabut Gugatan ke Rusia Soal Rudal S-300

Rusia tepati janjinya akan segera mengirimkan ke Iran sistem pertahanan udara Rudal S-300, karena itu Iran pastikan mencabut gugatan kepada Rusia Soal sengketa jual beli rudal S-300 ….

 

 

Iran dipastikan akan mencabut gugatan terhadap Rusia terkait dengan S 300 setelah Rusia memastikan akan segera mengirimkan sistem pertahanan udara tersebut. - Rusia Tepati Janji, Iran Cabut Gugatan ke Rusia Soal Rudal S-300

 

Islam-Institute, MOSKOWNegara Islam Iran dipastikan akan mencabut gugatan terhadap Rusia terkait dengan pembelian rudal S-300, setelah Rusia memastikan akan segera mengirimkan sistem pertahanan udara tersebut. Hal itu disampaikan oleh Wakil Perdana Menteri Rusia, Dmitry Rogozin.

BACA JUGA:  Seruan Iran untuk Gencatan Senjata di Yaman Ditolak Arab Saudi

Bermula pada tahun 2007 lalu, Moskow dan Teheran menandatangani kesepakatan untuk pengiriman lima unit rudal S-300 ke Iran dengan kontrak sebesar USD 800 juta. Namun, pada tahun 2010, Rusia menangguhkan kontrak, setelah adanya resolusi Dewan Keamanan PBB terkait soal embargo senjata terhadap Teheran, akibat pengembangan teknologi nuklir Iran.

Iran kemudian tidak terima dengan keputusan Rusia tersebut dengan mengambil langkah mengajukan gugatan terhadap Moskow di Mahkamah Internasional. Gugatan inilah yang akan dicabut Iran, setelah kedua negara akhirnya kembali sepakat soal pengiriman S-300.

BACA JUGA:  John Kerry ke Saudi untuk Buktikan AS Tidak Berpaling ke Iran

“Pengiriman sistem pertahanan udara S-300 ditentukan oleh kontrak yang ditandatangani tahun lalu. Pengiriman akan dimulai setelah pembayaran pertama diterima. Dana sudah ditransfer ke organisasi Rusia yang sesuai dan kontrak sekarang sedang dipenuhi,” kata Rogozin.

“Kami mendapatkan jaminan dari Iran bahwa mereka akan segera mencabut gugatan yang berkaitan dengan pembatalan pengiriman S-300 beberapa tahun lalu,” sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Senin (11/1).

BACA JUGA:  Rusia Tekan AS Soal Banyak Mobil Toyota Dipakai ISIS

Kelanjutan dari pengiriman rudal S-300 ke Iran sendiri ditentukan oleh kesepakatan nuklir antara Iran dan enam kekuatan dunia. Dengan tercapainya kesepakatan itu, satu persatu sanksi terhadap Iran dicabut, juga termasuk dicabutnya embargo senjata.  (al/esn/sn)

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker