Berita Turki

Robert Fisk: Erdogan Sedang Bergerak Hancurkan Turki

LONDON – Robert Fisk megatakan dalam analisanya bahwa kudeta palsu di Turki akan segera disusul kudeta yang sukses. Robert Fisk, analis terkenal Inggris, di surat kabar Independent menulis sejarah, memperkuat spekulasi bahwa dalam beberapa tahun mendatang kita akan menyaksikan kudeta yang sukses di Turki.

Robert Fisk menekankan bahwa tanggung jawab kudeta ada pada Erdogan. Dalam surat kabar “Independent” ia menulis, “Erdogan terlambat memahami akibat dari prilakunya yang otoriter”.

Fisk menambahkan “militer Turki tidak akan selamanya taat, sementara Erdogan telah menganggap negara tetangganya (Suriah) sebagai musuh dan merubahnya menjadi lelucon”.

Robert Fisk juga menekankan, salah jika kita mengatakan kudeta militer di Turki telah digagalkan, karena sekarang masalahnya adalah tentara Turki akan dipaksa taat kepada Erdogan.

BACA :  Turki Ajukan Ekstradisi Fethullah Gulen

 

analisa kudeta militer turki - Robert Fisk: Erdogan Sedang Bergerak Hancurkan Turki

Analis Inggris itu juga menyinggung bahwa kudeta ini telah menelan 250 orang tewas, 1.400 orang lainnya luka-luka, dan lebih dari 6000 tentara dan jaksa yang diduga terlibat kudeta militer ditangkap, semua ini menunjukkan lembaga negara telah runtuh.

Terkait reaksi Washington atas kudeta militer di Turki, yang mengatakan “rakyat Turki harus mendukung pemerintah sah mereka dan demokrasi di negar itu”, Robert Fisk menulis, mencerna “demokrasi” bukan hal yang mudah. Pekerjaan akan semakin sulit, sebagaimana ingatan kita masih segar terkait kudeta yang menjatuhkan Presiden Mohammad Morsi yang terpilih secara demokratis di Mesir.

banner gif 160 600 b - Robert Fisk: Erdogan Sedang Bergerak Hancurkan Turki

Saat itu, Washington tidak meminta kepada rakyat Mesir untuk mendukung pemerintah Morsi, bahkan segera mengumumkan dukungannya terhadap kudeta militer yang dipimpin Jendral El-Sisi, yang mana kudeta di Mesir lebih tragis dan berdarah-darah dari pada kudeta di Turki”.

 

BACA :  Suriah: Arab Saudi Tidak Punya Tentara untuk Serang Suriah

kudeta palsu turki - Robert Fisk: Erdogan Sedang Bergerak Hancurkan Turki

 

Robert Fisk juga menambahkan “jika militer Turki berhasil dalam kudetanya, pasti Erdogan akan diperlakukan seperti El-Sisi memperlakukan Morsi”.

Robert Fisk menyakini tanda-tanda yang mengkhawatirkan bagi Erdogan dan Barat sewaktu mereka mengingat pengalaman di Pakistan. Ia lebih lanjut menulis, “Amerika menggunakan Pakistan untuk mengirim rudal, senjata dan uang tunai untuk “mujahidin” yang berjuang melawan Soviet di Afganistan.

Ketika Ankara memainkan peran yang sama untuk Amerika di Suriah, mengirim senjata kepada para pemberontak, memberikan data intelijen kepada kelompok-kelompok teroris yang berperang dengan pemerintah Suriah. Turki sama persis dengan Pakistan, tunduk pada pemboman dan pengaruh ekstrimis. Selain itu, Turki melancarkan perang terhadap Kurdi di tenggara negara itu, sekarang sebagian dari wilayah Diyarbakir sama seperti Homs dan Aleppo porakporanda.”

Menurut Robert Fisk, Erdogan terlambat menyadari akibat perilaku dan ambisi regionalnya, dan menambahkan, meskipun Anda telah meminta maaf kepada Vladimir Putin dan kembali membangun hubungan dengan Netanyahu, tapi Anda tidak lagi dapat meyakinkan militer dan masalah yang jauh lebih serius akan muncul.

Robert Fisk juga menyakini meskipun Erdogan menahan lebih dari 6000 tentara dan jaksa, namun ribuan tentara Turki lainnya masih ada, dan Robert Fisk menyakini bahwa Erdogan sedang bergerak menghancurkan negaranya sendiri, Turki.  (al/arn)

BACA :  NATO Lepas Tangan Jika Terjadi Perang Turki VS Rusia

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker