Berita Indonesia

PT. Lundin Industri: Indonesia Ciptakan Tank Laut Pertama di Dunia

PT. Lundin Industri: Indonesia Ciptakan Tank Laut Pertama di Dunia, Kombinasi Boat dengan Heavy Tank

Dengan keberhasilan dibuatnya kendaraan militer tank laut oleh PT. Lundin dan Helikopter oleh PT. Dirgantara, Indonesia telah membuktikan kemampuan teknologinya. Terwujudnya kendaraan militer laut dan udara sebagai karya anak bangsa Indonesia, kini kemampuan Indonesia tidak lagi dipandang sebelah mata oleh warga dunia.

Islam-institute, Jakarta – Indonesia semakin diakui dunia dalam kemampuan teknologinya. Setelah menciptakan kapal perang siluman yakni Kapal Cepat Rudal Trimaran atau KRI Klewang, PT. Lundin Industri kembali menggagas ide membangun kombinasi boat atau kapal dengan tank berat atau heavy tank.

Kapal Tank laut tersebut di beri nama X18 Tank Boat atau mirip dengan konsep tank laut. Tank Boat X18 ini diklaim menjadi salah satu yang pertama di dunia karena belum ada negara lain yang membuatnya, bahkan Amerika dan Rusia sekalipun. Kapal tank laut tersebut diklaim pertama kali dibuat dan belum ada di pasar senjata dunia.

BACA JUGA:  Kalah Perang di Suriah, WNI Anggota ISIS Pulang ke Indonesia

John Lundin, Presiden Direktur PT Lundin Industri, di sela acara Armored Vehicle Asia (AVA) Conference 2015, Hotel Crowne, Jakarta, mengungkapkan bahwa: “Kita melihat ini dapat dipakai untuk operasi di laut dan sungai. Heavy tank memiliki kendala untuk operasi di pendalaman dan juga daerah kepulauan. Maka kita kembangkan kombinasi boat dan tank guna mendukung pendaratan amfibi namun dilengkapi senjata berat.”

Bahan baku yang digunakan kapal X18 Tank Boat adalah material komposit. Material ini dinilai lebih kuat 10 kali dari baja namun juga 10 kali lebih ringan dari baja. John menjamin komposit material untuk Tank Boat tahan api. Ia memastikan tidak akan terulang kembali musibah serupa yang menimpa KRI Klewang karena memakai bahan serupa.

“Persoalan sudah diselesaikan. Material komposit memang memiliki masalah soal daya tahan terhadap api. Ini masalah di dunia. Sekarang teknlogi material komposit sudah dipakai di kereta dan pesawat. Teknologi terbaru dari material komposit 100% tahan api,” jelasnya.

BACA JUGA:  Stop Provokasi Sunni - Syiah, Ulama Agar Turun Tangan

John bercerita, kombinasi tank berat dan boat ini pernah dibuat oleh Rusia saat perang dunia ke-2 serta saat perang Vietnam oleh Amerika Serikat. Meski dikembangkan, produk boat tank belum berhasil untuk diproduksi karena kendala teknologi. Kini, material komposit membantu menyelesaikan persoalan beban.

“Saat ini, turret dari bahan alumunium. Mau tembak dari laut, butuh kestabilan tinggi. Namun dahulu nggak bisa. Ini produk ringan karena pakai komposit. Yang mungkin 5-15 tahun lalu susah dibuat,” jelasnya.

PT. Lundin Industri berancana menggandeng PT Pindad (Persero) untuk mengembangkan tank laut ini. Sementara untuk pembuatan turet dengan kaliber 105 MM, Lundin menggandeng CMI Defence, sedangkan Bofors asal Swedia digandeng untuk pengembangan sistem senjata. John mengaku TNI merespon positif konsep tank laut ini.

“Mereka sangat berkesan. Cuma 5-10 tahun lalu produk ini belum ada jadi belum masuk rencana mereka jadi kita kerja keras untuk kembangkan,” jelasnya.

Saat beroperasi, X18 Tank Boat mampu membawa 4kru dan 20 personil. Di atas air, kapal buatan Banyuwangi ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 40 knots. Kapal ini memiliki panjang 18 meter dengan lebar 6,6 meter.

BACA JUGA:  Parade Tauhid, Propaganda 'Halus' Gerakan Radikal

Dengan adanya tank laut X18 Tank Boat ini jelas akan menambah kekuatan TNI AL serta membuat kekuatan militer Indonesia diperhitungkan dunia. Selain itu, ini juga dapat menjadi terobosan baru dalam memperluas pasar Alutsista Indonesia di luar negeri. Hal ini akan bisa mengankat nama Indonesia di pentas kemiliteran Dunia.

Dengan keberhasilan dibuatnya kendaraan militer tank laut oleh PT. Lundin dan Helikopter oleh PT. Dirgantara, Indonesia telah membuktikan kemampuan teknologinya. Terwujudnya kendaraan militer laut dan udara sebagai karya anak bangsa Indonesia, kini kemampuan Indonesia tidak lagi dipandang sebelah mata oleh warga dunia. (MFA)

wAAACwAAAAAAQABAEACAkQBADs= - PT. Lundin Industri: Indonesia Ciptakan Tank Laut Pertama di Dunia
Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.
Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker