Berita Indonesia

Ponpes Darusy Syifa Bekerjasama dengan KPP Gelar Seminar

Meskipun terjadi adu argumen antara narasumber dan audiens, namun aktifitas seminar ini berlangsung dengan lancar dan ilmiah.

Ponpes Darusy Syifa bekerjasama dengan KPP Gelar Seminar Regional di Lombok Timur. Kegiatan seminar ini untk memberikan pencerahan kepada masyarakat terkait isu kekinian yang berkembang di Indonesia.

Penyelenggara acara adalah Komunitas Partisipasi Publik (KPP) Lombok. Mereka melangsungkan seminar regional di Pondok Pesntren Darusy Syifa Tirtanadi Labuhan Haji Lombok Timur pada 21 september 2017.

Seminar ini dihadiri 100 peserta, di antaranya dari sebagian santri, MMI NTB dan publik figur masyarakat. Hadir sebagai penceramah dari akademisi UIN Mataram H. Zubaidi S. Ag Mpd.i dan DR. Jumarim Umar Maye M.Hi.

BACA :  KH Yahya Cholil Staquf dan Sistem AHWA / Ahlul Halli Wal 'Aqdi

Tiga tema besar dikupas dalam seminar

Tiga tema besar di kupas dalam seminar tersebut. Yang pertama, penguatan kembali ajaran Islam rahmatalil’almin di kalangan ormas Islam terutama di pesantren guna menahan penyebaran khilafah. Kedua, satukan persepsi ormas, pesantren dan pemerintah pasca pembubaran HTI. Dan ketiga, pertumbuhan ekonomi semester 1 tahun 2017.

TGH. Tafaul Amri Jaya, Pengasuh Ponpes Darusy Syifa Lombok Timur dalam sambutannya berharap supaya para peserta dapat serius mengikuti aktifitas seminar regional ini. Karena dalam seminar, semua peserta bisa akan mendapatkan ekstra pemahaman.

BACA :  NU dan Tokoh NU Difitnah, Sebaiknya Nahdliyin Tidak Terpancing
banner gif 160 600 b - Ponpes Darusy Syifa Bekerjasama dengan KPP Gelar Seminar

“Seminar regional ini bisa memberikan kebajikan dan membawa berkah,” pesan TGH. Tafaul Amri Jaya.

Selanjutnya, Dr. Jumarim Umar Maye MHi, narasumber kesatu mengawali pemaparan materi mengenai Islam Rahmatallilalalmin. Menurutnya, Islam datang itu membawa Rahmat dan berkah untuk semua alam semesta.

Umat Islam harusnya bisa mengayomi

Sebagai negara dengan warga muslim terbanyak, seharusnya Indonesia menjadi negara yang indah, damai, dan beradab sebagaimana sudah diajarkan dalam agama Islam.”Islam mayoritas dengan begitu banyak pemeluk harusnya bisa mengayomi,” katanya.

BACA :  PT. Lundin Industri: Indonesia Ciptakan Tank Laut Pertama di Dunia

Sementara H Zubaidi S. Ag Mpd.i narasumber kedua bicara mengenai Islam tersebut sebagai pedoman hidup dan sebagai keyakinan.

Menurutnya, Islam tersebut sudah tuntas dalam berbangsa dan bernegara. Al quran itu berkata tentang seluruh aspek kehidupan. Seperti mengenai  politik, sejarah, edukasi dan cara berkata dan agama.

Usai pemaparan, Seminar Regional yang dipandu oleh Taufan Iswandi, M.Si selanjutnya diisi dengan tanya jawab. Meskipun terjadi adu argumen antara narasumber dan audiens, namun aktifitas seminar ini berlangsung dengan lancar dan ilmiah. (Zulfikar/Beritamonas.com)

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker