Berita Australia

Perawat Australia Ditangkap Setelah Kembali dari Suriah

Perawat Australia dan Sekitar 120 Warga Australia Berada di Irak atau Suriah untuk Bergabung ISIS

Perawat Australia yang diduga bekerja sama dengan militan ISIS ditangkap setelah kembali dari Suriah secara sukarela, ungkap polisi Australia, Sabtu, 25/7.

Adam Brookman, warga Melbourne, ayah dari lima orang anak, menyerah kepada pejabat Turki awal pekan ini menjelang kedatangannya di Sidney pada Jumat 24/7 kemarin.

“Seorang warga negara Australia berusia 39 tahun ditangkap setelah tiba di Bandara Internasional Sydney kemarin malam dengan surat perintah penangkapan antarnegara, yang berkaitan dengan dugaan keterlibatannya dalam konflik di Suriah,” kata polisi federal dalam sebuah pernyataan.

“Orang itu secara sukarela menyerahkan diri kepada pejabat Turki di Turki pada hari Selasa, 21 Juli. Perjalanannya kembali ke Australia dinegosiasikan antara individu, Polisi Federal Australia, Polisi Victoria, instansi pemerintah Persemakmuran lainnya dan mitra internasional.”

 

Perawat Australia Akan Ditanya Tim Gabungan Kontra-Terorisme Melbourne

Pria tersebut muncul melalui link video di Pengadilan Sydney Parramatta Bail, kemudian hakim memberikan ekstradisi ke negara bagian Victoria, di mana ia akan ditanyai oleh tim gabungan kontra-terorisme Melbourne.

banner 2 2 - Perawat Australia Ditangkap Setelah Kembali dari Suriah

Belum ada hukuman yang ditetapkan, meskipun pemerintah Australia selama ini bersikeras bahwa orang yang terlibat dalam kegiatan teroris akan menghadapi kekuatan hukum secara penuh.

Pemerintah memperkirakan sekitar 120 warga Australia telah berangkat untuk berperang di Irak atau Suriah. Sementara itu sekitar 160 orang lain aktif mendukung pembiayaan dan perekrutan organisasi-organisasi ekstremis di rumah masing-masing.

Tingkat siaga teror Australia berada di peringkat tertinggi pada bulan September tahun lalu dengan dua serangan ketika itu -penusukan dua polisi di Melbourne dan pengepungan kafe mematikan di Sydney- serta enam serangan lainnya yang berhasil digagalkan.

Bulan lalu, pemerintah memperkenalkan undang-undang ke parlemen untuk mencoret status kewarganegaraan dari warga negara ganda yang membantu teroris. Dalam hal ini tidak jelas apakah Brookman adalah termasuk warga negara ganda.

Berdasarkan hukum Australia, si perawat Australia, Brookman terbukti bersalah jika tujuannya pergi ke Suriah adalah untuk kegiatan terorisme, atau untuk merekrut teroris lainnya.

Awal pekan ini, dalam sebuah wawancara dengan Fairfax Media ia mengaku bahwa awalnya ia melakukan pekerjaan kemanusiaan di Suriah dan dipaksa untuk bergabung dengan kelompok jihad setelah terluka dan dikirim ke wilayah yang berada di bawah kendali ISIS.

Pada akhirnya ia melarikan diri dari militan dengan bersembunyi di Turki dan ingin pulang ke rumah, tambahnya. (EF/Al-Arabiya)

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker