Berita Turki

Pemilu Turki: Partai AKP Pimpinan Erdogan Menang

Pemilu Turki: Partai AKP Pimpinan Erdogan Menang, Berpotensi Memperuncing Perpecahan masyarakat

Turki tampaknya akan kembali pada pemerintahan satu partai yaitu partai dibawah kepemimpinan Erdogan, AKP. Seperti diberitakan Reuters kemenangan ini akan menjadi dorongan besar untuk Presiden Tayyip Erdogan tapi hasilnya mungkin akan memperuncing perpecahan dalam masyarakat.

Islam-Institute, ANKARA – Partai AKP Turki meraih kemenangan setelah mengamankan sekitar 49 persen suara dalam pemilihan umum ke- 26 di Turki pada hari Minggu (1/11) kemarin. Data ini masih menurut hasil awal berdasarkan 95,12 persen suara dihitung.

Komite pemilihan di 81 provinsi di seluruh negeri, yang dibagi menjadi 85 distrik (Istanbul, Ankara dan provinsi Izmir, provinsi memiliki beberapa distrik), memulai penghitungan suara setelah pemungutan suara ditutup pada pukul 5 sore waktu setempat.

BACA :  Erdogan Temui Raja Salman Pasca Tewasnya Pembesar Jaissy al-Islam

Menurut hasil awal yang disusun oleh Anadolu Agency, jumlah surat suara dibuka hingga pukul 08:35 waktu setempat adalah 174.554 dari 183.518 surat suara di seluruh Turki, yang hal itu berarti setara dengan 95,12 persen suara.

Hal ini menunjukkan bahwa Turki tampaknya akan kembali pada pemerintahan satu partai yaitu partai dibawah kepemimpinan Erdogan, AKP. Seperti diberitakan Reuters kemenangan ini akan menjadi dorongan besar untuk Presiden Tayyip Erdogan tapi hasilnya mungkin akan memperuncing perpecahan dalam masyarakat.

BACA :  Oposisi Turki: Kebijakan Erdogan Demi Selamatkan Entitas Israel
banner gif 160 600 b - Pemilu Turki: Partai AKP Pimpinan Erdogan Menang
Pendukung AKP Rayakan Kemenangan Di Ankara


Sementara itu, di tenggara kota Kurdis di Diyarbakir, tentara Turki menembakkan gas air mata, kepada sekelompok pengunjuk rasa. Pengunjuk rasa itu memprotes hasil pemilu setelah partai oposisi pro-Kurdi mendapatkan hasil hampir kurang dari 10 persen sebagai syarat untuk masuk ke parlemen.

Pada Juni lalu, AKP sempat kalah untuk mendapatkan suara mayoritas yang mereka dapatkan sejak tahun 2002. Erdogan telah mempresentasikan hasil polling tentang kemungkinan untuk memperbaiki stabilitas usai ketegangan dengan pemberontak Kurdi dan setelah dua serangan bom yang dikaitkan dengan ISIS, ketika muncul berbagai kritik mengenai kemungkinan munculnya pemerintah yang otoriter.

BACA :  Robert Fisk: Erdogan Sedang Bergerak Hancurkan Turki

Kini dengan kemenangan dari 95 persen suara yang telah dihitung, AKP mendapatkan 49,5 persen suara, berdasarkan siaran dari televisi pemerintah TRT. Angka ini lebih tinggi dari yang diperkirakan para anggota partai. Sementara itu partai oposisi terbesar CHP mendapatkan 25,2 persen yang membuat para politis senior mengatakan koalisi sangat tidak mungkin terjadi. (AL/ARN/LM/Al-Bawaba)

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker