Islam

PBNU Sampaikan Islam Nusantara Ke China

Gema dakwah Islam Nusantara yang mengedepankan nilai-nilai Islam yang moderat, gaungnya merambah sampai ke China. Oleh karena itulah Komunitas Muslim Tiongkok (China) baru-baru ini mengundang PBNU sebagai pencetus label dakwah Islam Nusantara untuk berkunjung ke China.

Maka segeralah kunjungan PBNU (20/4/2015) dipimpin Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj untuk memenuhi undangan tersebut. Ini sekaligus kesempatan untuk menyampaikan dakwah Islam Nusantara ke China. Ada sabda Nabi “Carilah ilmu walaupun sampai ke China”, tapi PBNU kali ini seakan menyontek seruan hadits tersebut, “Sampaikan Islam Nusantara Walau Sampai ke China”.

Berikut ini adalah laporan dari kunjungan  PBNU ke China yang kami rangkum dari berbagai sumber. Silahkan menyimak laporannya, semoga bermanfaat….

 

 

PBNU Kenalkan Islam Nusantara yang Moderat ke China

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melakukan kunjungan ke Tiongkok (China), Rabu (20/4/2015). Kunjungan berlangsung atas undangan dari Komunitas Muslim Tiongkok.

BACA :  China Marah dan Gertak AS karena Langgar Teritorial China

Kunjungan ke China diketuai Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj ditemani Bendahara Umum PBNU H Bina Suhendra, Ketua PBNU H Eem Suryaman, Wasekjen PBNU Muhammad Said Aqil, Ketua Muslimat NU, Nyai Hj. Nurhayati dan Sespri Ketum PBNU Muhammad Sofwan.

Dalam agenda pertama kunjungan ini, Rombongan PBNU disambut dengan hangat oleh Kepala Directory Urusan Agama Pemerintah China, Wung Zuoan, bertempat di kantornya di Beijing.

KH Said Aqil Siroj berbicara terkait hubungan Islam, Tiongkok dan Indonesia “hubungan Islam tiongkok dan Indonesia telah lama terjalin diawali ketika datangnya Pangeran Cheng Ho ke Nusantara dengan membawa pasukan muslim, yang kemudian membangun kota semarang,” Kata KH Said Aqil Siroj.

Kiyai Said Aqil lalu memperkenalkan tentang Islam Moderat di Indonesia yang menitikberatkan pada pendidikan akhlak. Ini sekaligus adalah salah satu cara yang tepat untuk mencegah ekstrimisme.

BACA :  Memalukan, Rakyat Uni Emirat Arab Paling Doyan Mabuk alias Teler
banner gif 160 600 b - PBNU Sampaikan Islam Nusantara Ke China

“Fenomena munculnya ekstrimisme di mana-mana pasti ada, walaupun kecil jumlahnya tetap harus diwaspadai, dan salah satu cara agar Islam tetap moderat dan tidak ekstrim adalah dengan jalan pendidikan,” jelas Kiyai Said

PBNU mendorong agama Islam dapat berkembang pesat di Tiongkok: “Kita memiliki pandangan yang sama bahwa Islam agama yang damai, model Islam seperti ini harus kita jaga, dan kami mendorong agama Islam berkembang pesat di Tiongkok,” katanya.
Kiai asal Cirebon ini juga berharap apa yang terjadi di Iraq, Suriah, Yaman jangan sampai ajaran mereka yang tidak baik masuk mempengaruhi kita.

“Dan saya turut bersedih degan adannya konflik di Timur Tengah yang tak kunjung selesai, mungkin kita merasa perlu adanya tukar menukar pandangan seperti ini, untuk menyamakan persepsi, demi terwujudnya Islam yangg damai, moderat, toleran, anti radikalisme dan terorisme,” tuturnya.

BACA :  Soal Pemimpin Non Muslim, Cara Berpikir NU Itu Dinamis

Dalam kesempatan ini PBNU mengundang Ulama Tiongkok untuk hadir dalam acara International Summit of The Moderate Islamic Leaders (ISOMIL).

Acara Isomil akan diadakan dari tanggal 5 sampai 9 Mei 2016 di Jakarta Convention Center (JCC). Rencananya acara tersebut akan dihadiri oleh sekitar 100 pemimpin negara dan organisasi Islam dari seluruh dunia serta para pengurus NU dari tingkat wilayah.

Directory Urusan Agama Pemerintah Tiongkok, Wung Zuoan sangat tertarik dengan Islam di Indonesia Khususnya NU yang mengembangkan dakwah Islam Nusantara, yaitu nilai-nila Islam yang beradatasi dengan lokalitas Indonesia.

“kami salut dengan perkembangan Islam di Indonesia yang dikenal dengan Islam yang ramah, toleran dan moderat, tentunya NU sebagai Ormas Islam terbsar mempunyai peranan yang sangat penting, kami sangat tertarik untuk belajar dari Islam di Indonesia dan juga kepada NU,” pungkasnya. (al/dari berbagai sumber)

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker