Advertisement

AffiliatBlog Solusi Berbagai Kebutuhan Affiliate Marketing Anda

Inspirasional

Para Penentang Pancasila Agar Tinggalkan Indonesia

Ketum PBNU, KH Said Aqil Siradj sebut siapa yang masih mempermasalahkan Pancasila agar ditangkap karena merongrong dasar negara.

KH Said Aqil Siradj minta para Penentang Pancasila agar tinggalkan Indonesia. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj meminta pihak-pihak yang tidak sepaham dengan Pancasila agar angkat kaki dari Indonesia. Kiai Said mengatakan hal itu pada saat peringatan Hari Santri Ketiga di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (22/10/2017).

Menurut Kiyai Said, sudah semestinya Pancasila tidak dipersoalkan lagi. Seharusnya para Penentang Pancasila tidak lagi mempermaslahkan Pancasila sebagai dasar negara. Sebab, Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang tidak dapat dipertentangkan semaunya.

“Pancasila tidak boleh dipermasalahkan. Saya minta aparat bagi siapa yang mempermasalahkan Pancasila, tangkap! Jelas melanggar dasar undang-undang,” kata Kiyai Said.

Sementara di sisi lain, Kiyai Said juga mengharapkan pihak-pihak yang sudah berkontribusi dalam menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sampai saat ini patut diapresiasi.

BACA JUGA:  Sebab Perceraian: Suami Istri Tak Mampu Kelola Konflik

“Untuk yang menerima Pancasila silakan hidup di Indonesia. Tapi untuk yang menolak dan masih mempermasalahkan Pancasila, silahkan hidup di Afganistan,” tegas Kiai Said memperingatkan para Penentang Pancasila.

Lebih lanjut ulama kelahiran Cirebon, 3 Juli 1953 itu mengatakan, setiap manusia Indonesia yang berideologi Pancasila merupakan saudara. Sebab, perbedaan suku, agama dan budaya bukan berarti harus mengikis persaudaraan. Yaitu persaudaraan sebangsa setanah air.

“Kita semua dengan orang Papua, orang NTT atau dari Sumatera Utara itu saudara sebangsa setanah air. Persaudaraan sesama, sebangsa dan setanah air juga sesama umat manusia.” Ujar Kiyai Said dalam peringatan Hari Santri yang mengangkat tema “Meneguhkan Peran Santri dalam Bela Negara, Menjaga Pancasila dan NKRI”.

BACA JUGA:  Prestasi KH Aqil Siradj Selama Lima Tahun Pimpin NU

Para Penentang Pancasila Sebagai Dasar Negara Agar Ditangkap

Ketum PBNU menghimbau pihak aparat, bagi para Penentang Pancasila, atau siapa saja yang masih mempermasalahkan Pancasila sebagai dasar negara agar ditangkap. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( PBNU) KH Said Aqil Siradj meminta semua pihak tak lagi mempermasalahkan Pancasila sebagai dasar negara. Menurut dia, hal itu sudah final. Pernyataan kiyai Said ini sebagaimana disampaikan dalam pidatonya pada peringatan Hari Santri di Tugu Proklamasi, Jakarta, Minggu (22/9/2017).

Namun demikian, kata kiyai Said, Pancasila boleh dielaborasi untuk mencari penerapannya dalam berbagai lini kehidupan berbangsa dan bernegara.

BACA JUGA:  Misteri Tafsir Akhir Ad-Duha dan Sodaqah Sirri

Kiyai Said menambahkan, kaum santri sejak lama telah menyepakati secara final. Hal itu ditunjukkan dengan sikap NU yang menerima ketika tujuh kata dalam piagam Jakarta yang menyatakan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi muslim.

Sikap itu, lanjut Kiyai Said, menunjukan kemoderatan dan toleransi yang selalu dijunjung tinggi oleh para santri dan ulama.

Hal tersebut, sambung dia, senada dengan Islam yang didakwahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kala itu, tutur Said, Nabi Muhammad dperintahkan oleh Allah untuk membangun organisasi besar yaitu umat.

“Umat yang diperintahkan oleh Allah adalah wasathan, moderat, anti kekerasan, tidak radikal dan tidak liberal. Itu sesuai dengan misi umatan wasathan (umat tengah-tengah). Artinya Islam anti-radikalisme dan liberalisme,” ucap Said.

source

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker