Advertisement

AffiliatBlog Solusi Berbagai Kebutuhan Affiliate Marketing Anda

Berita Turki

Operasi Militer Turki di Suriah, Turki Berharap Berlangsung Singkat

ANKARA – Untuk Operasi Militer Turki di Suriah, Turki berharap bisa berlangsung singkat. Menteri Dalam Negeri Turki, Efkan Ala menuturkan, pihaknya berharap operasi darat untuk memberangus ISIS di Suriah berlangsung secara singkat. Menurut media setempat, Operasi Militer Turki di Suriah itu diprediksi akan berlangsung selama dua pekan.

“Turki mengharapkan untuk cepat menghilangkan ancaman dari ISIS. Setelah meluncurkan operasi dengan pasukan koalisi yang dipimpin Amerika Serikat (AS). Untuk menyapu militan dari kota Jarablus yang berada di perbatasan Suriah dan Turki,” ucap Efkan. Seperti dilansir Reuters pada Rabu (23/8).

 

ankara berharap operasi darat di suriah berlangsung singkat zUA thumb - Operasi Militer Turki di Suriah, Turki Berharap Berlangsung Singkat

Efkan juga mengatakan, Turki telah mengevakuasi warga dari Karkamis dan enam desa lainnya. Yang berada di dekat perbatasan Turki dan Suriah. Hal ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan setelah Operasi Militer Turki di Suriah yang melibatkan jet, artileri, dan pasukan khusus. Oparasi dimulai pada Rabu pagi.

BACA JUGA:  Penembakan Jet Tempur Rusia Aksi Balas Dendam Erdogan

Dia menambahkan, operasi yang dilakukan di Suriah tidak hanya berfokus pada ISIS. Melainkan juga kepada seluruh kelompok teroris yang ada. Hal ini, lanjut Efkan, dikarenakan ancaman bukan hanya ditimbulkan ISIS. Tapi juga dari kelompok seperti al-Nusra atau juga Kurdi.

“Turki tidak akan membiarkan kelompok militan mengancam negara. Dan ancaman yang datang tidak hanya dari ISIS. Tapi juga dari organisasi teroris lainnya,” sambung Efkan.

Namun, nampaknya Operasi Militer Turki di Suriah, yang dilancarakan Turki tersebut tidak akan berjalan mulus. Pasalnya, Kurdi di Suriah telah menyatakan mereka akan menghadang pasukan Turki di Suriah. Dan akan membuat mereka bernasib sama dengan ISIS. Kurdi berhasil mengalahkan ISIS dan mengusir kelompok itu dari sebagian besar wilayah di utara Suriah.

 

Operasi Militer Turki di Suriah, Turki Kirim Tank Tambahan ke Suriah

Dalam Operasi Militer Turki di Suriah, setidaknya lebih dari 10 tank Turki terlihat menyebrang ke Suriah. Pengiriman ini dilakukan sehari setelah pasukan oposisi Suriah, yang didukung Ankara, mengusir militan ISIS dari kota Jarabulus. Kota ini ada dekat perbatasan negara itu dengan Suriah.

BACA JUGA:  Ribuan Demonstran Berkumpul di Istanbul Pasca Ledakan

Tank-tank tersebut bergabung dengan kontingen sebelumnya yang telah melintasi wilayah perbatasan sehari sebelumnya. Untuk melakukan operasi darat yang disebut Efrat Shield. Operasi Militer Turki di Suriah tersebut bertujuan untuk membersihkan wilayaha Jarabulus dari ISIS serta milisi Kurdi.
Menurut seorang pejabat senior Turki, saat ini ada lebih dari 20 tank Turki di dalam wilayah Suriah. Ia menambahkan akan ada tank tambahan untuk Operasi Militer Turki di Suriah. Dan mesin konstruksi akan dikirim dalam waktu dekat jika diperlukan.

BACA JUGA:  Tentara Turki Mengaku Tak Tahu Sedang Kudeta, Tahunya Latihan

“Kita perlu mesin konstruksi untuk membuka jalan dan kita mungkin membutuhkan lebih banyak di masa mendatang. Kami juga memiliki pengangkut personel lapis baja yang dapat digunakan di sisi Suriah. Kita mungkin menempatkan mereka ke dalam peralatan yang diperlukan,” tutur pejabat itu seperti dikutip dari Alaraby, Kamis (25/8/2016).

Tentara Pembebasan Suriah (FSA) yang didukung Ankara telah menguasai kota perbatasan Suriah, Jarabulus, Rabu kemarin. Setelah ISIS meninggalkan pos-pos mereka. Rekaman video yang diposting pejuang FSA menunjukkan kenangan perjalanan ketika menuju pusat Jarabulus. Yang kini telah ditinggalkan setelah mereka menguasai empat desa di dekatnya. (al/sn)

Turki di bawah rezim Erdogan punya mimpi membangun kembali kekhilafahan Turki dengan memasukkan Suriah ke wilayah Turki. Mungkinkah ini ada kaitannya dengan Operasi Militer Turki di Suriah.

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker