Iman

Nabi Adam Bertawassul dengan Perantara Nabi Muhammad Saw

Nabi Adam bertawassul dengan perantara Nabi Muhammad Saw, seperti dikisahkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al Hakim yang sanadnya bersambung sampai kepada Sayyidina Umar Ibn Khotthob.

 

 

Nabi Adam Bertawassul taubat - Nabi Adam Bertawassul dengan Perantara Nabi Muhammad Saw

 

Islam-Institute, Jakarta – Berdo’a dengan metode tawassul (menggunakan perantara) sebenarnya telah dipraktekkan oleh manusia pertama, yakni Nabi Adam ‘alaihis salam.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al Hakim yang sanadnya bersambung sampai kepada Umar Ibn Khotthob, Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda : ”Ketika Adam melakukan kesalahan, ia berdo’a ; “Ya Alloh, Aku mohon kepada-Mu dengan haknya Muhammad agar Engkau mengampuniku.”

Alloh berkata; ‘Wahai Adam bagaimana engkau mengenal Muhammad padahal Aku belum menciptakanya ?”

“Wahai Tuhanku, ketika Engkau menciptakanku dengan kekuatan-Mu dan Engkau tiupkan nyawa pada tubuhku dari roh-Mu, maka aku tengadahkan kepalaku lalu aku melihat di kaki-kaki ‘Arsy terdapat tulisan “Laa Ilaha illalloh Muhammadur Rosululloh”, maka saya yakin Engkau tidak menyandarkan pada nama-Mu kecuali nama makhluk yang paling Engkau cintai,” jawab Adam.

“Benar kamu wahai Adam, Muhammad adalah makhluk yang paling Aku cintai. Berdo’alah kepada-Ku dengan haknya Muhammad, maka Aku ampuni kamu. Seandainya tanpa Muhammad, Aku tidak akan menciptakanmu.” lanjut Alloh. (Imam Al Hakim menilainya sebagai hadits shohih)

Hadits di atas diriwayatkan pula oleh Imam Al Baihaqi dalam kitabnya Dalaailun Nubuwwah, sedang beliau berkomitment untuk tidak meriwayatkan hadits palsu sebagaimana beliau sampaikan dalam muqoddimah kitabnya. Imam As Suyuthi juga meriwayatkannya dalam kitab Al Khoshoishun Nabawiyyah, dan beliau juga mengkategorikan sebagai hadits shohih.

Syaikh Ibnu Taimiyah juga menyebutkan hadits serupa dari jalur Maisaroh :

رَوَى أَبُو الْفَرَجِ اِبْنُ الْجَوْزِي بِسَنَدِهِ إِلَى مَيْسَرَةَ قَالَ قُلْتُ : يَا رَسُولَ اللهِ مَتَى كُنْت نَبِيًّا ؟ قَالَ لَمَّا خَلَقَ اللهُ الْأَرْضَ وَاسْتَوَى إلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَوَاتٍ وَخَلَقَ الْعَرْشَ : كَتَبَ عَلَى سَاقِ الْعَرْشِ مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللهِ خَاتَمُ الْأَنْبِيَاءِ وَخَلَقَ اللهُ الْجَنَّةَ الَّتِي أَسْكَنَهَا آدَمَ وَحَوَّاءَ فَكَتَبَ اسْمِي عَلَى الْأَبْوَابِ وَالْأَوْرَاقِ وَالْقِبَابِ وَالْخِيَامِ وَآدَمُ بَيْنَ الرُّوحِ وَالْجَسَدِ فَلَمَّا أَحْيَاهُ اللهُ تَعَالَى نَظَرَ إلَى الْعَرْشِ فَرَأَى اسْمِي فَأَخْبَرَهُ اللهُ أَنَّهُ سَيِّدُ وَلَدِك فَلَمَّا غَرَّهُمَا الشَّيْطَانُ تَابَا وَاسْتَشْفَعَا بِاسْمِي إلَيْهِ

Abul Faroj Ibnu Al Jauzi meriwayatkan dengan sanad sampai kepada Maisaroh, ia berkata,: “Saya bertanya; “Wahai Rosululloh, kapan engkau menjadi Nabi?”

banner gif 160 600 b - Nabi Adam Bertawassul dengan Perantara Nabi Muhammad Saw

Nabi menjawab : “Ketika Alloh menciptakan bumi dan naik ke atas langit dan menyempurnakannya menjadi tujuh langit, dan menciptakan ‘Arsy maka Alloh menulis di atas kaki ‘Arsy “Muhammad Rosululloh Khootamul Anbiyaa’.” Dan Alloh menciptakan sorga yang ditempati oleh Adam dan Hawwaa’. Lalu Dia menulis namaku pada pintu, daun, kubah dan kemah. Saat itu kondisi Adam berada antara ruh dan jasad. Ketika Alloh menghidupkan Adam, ia memandang ‘arsy dan melihat namaku. Lalu Alloh menginformasikan kepadanya bahwa Muhammad (yang tercatat pada ‘arsy) adalah junjungan keturunanmu. Ketika Adam dan Hawwa’ terpedaya oleh syetan, keduanya bertaubat dan memohon syafa’at kepada-Nya dengan namaku.”

وَرَوَى أَبُوْ نُعَيْم اَلْحَافِظُ فِي كِتَابِ دَلَائِلِ النُّبُوَّةِ وَمِنْ طَرِيْقِ الشَيْخِ أَبِي الْفَرَجِ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ رَشِيْدٍ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ سَعِيْد اَلْفِهْرِي حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ الْمَدَنِي عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ :(لَمَّا أَصَابَ آدَمُ الْخَطِيْئَةَ رَفَعَ رَأْسَهُ فَقَالَ : يَارَبِّ! بِحَقِّ مُحَمَّدٍ إِلَّا غَفَرْتَ لِي ، فَأَوْحَى إِلَيْهِ : وَمَا مُحَمَّدٌ وَمَنْ مُحَمَّدٌ ؟ فَقَالَ : يَا رَبِّ ! إِنَّكَ لَمَّا أَتْمَمْتَ خَلْقِي رَفَعْتُ رَأْسِي إِلَى عَرْشِكَ فَإِذًا عَلَيْهِ مَكْتُوْبٌ : لآ إِلَهَ إِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ ، فَعَلِمْتُ أَنَّهُ أَكْرَمُ خَلْقِكَ عَلَيْكَ إِذْ قَرَنْتَ اسْمَهُ مَعَ اِسْمِكَ ، فَقَالَ : نَعَمْ ، قَدْ غَفَرْتُ لَكَ ، وَهُوَ آخِرُ الْأَنْبِيَاءِ مِنْ ذُرِّيَّتِكَ ،وَلَوْلَاهُ مَاخَلَقْتُكَ) فَهَذَا الْحَدِيْثُ يُؤَيِّدُ الَّذِي قَبْلَهُ ، وَهُمَا كَالتَّفْسِيْرِ لِلْأَحَادِيْثِ الصَّحِيْحَةِ .اهـ من الفتاوى

Al-Hafidh Abu Nu’aim meriwayatkan dalam kitab Dalaailun Nubuwwah dan melalui jalur Syaikh Abil Faroj. Menceritakan kepadaku Sulaiman ibn Ahmad, menceritakan kepadaku Ahmad ibn Rosyid, menceritakan kepadaku Ahmad ibn Sa’id al-Fihri, menceritakan kepadaku Abdulloh ibn Ismail al-Madani dari Abdurrohman ibn Yazid ibn Aslam dari ayahnya dari ‘Umar bin Khotthob, ia berkata :

Rosululloh bersabda: “Ketika Adam melakukan kesalahan, ia mengangkat kepalanya dan berdo’a; “Wahai Tuhanku, dengan hak Muhammad, mohon Engkau ampuni aku,”.

Alloh bertanya melauli wahyu kepada Adam, “Apa dan siapakah Muhammad?”

Nabi Adam menjawab : “Ya Tuhanku, ketika Engkau menyempurnakan penciptaanku, aku mendongakkan kepalaku ke arah ‘arsy-Mu dan ternyata di sana tertera tulisan “Laa Ilaaha illalloh Muhammadur Rosululloh”. Jadi saya tahu bahwa Muhammad adalah makhluk Engkau yang paling mulia di sisi-Mu. Karena Engkau merangkai namanya dengan namaMu,”

“Betul,” jawab Alloh, “Aku telah mengampunimu, dan Muhammad adalah Nabi terakhir dari keturunanmu. Jika tanpa dia, Aku tidak akan menciptakanmu.”

Ibnu Taimiyah berkata : Hadits ini menguatkan hadits sebelumnya, dan kedua-nya seperti tafsir atas beberapa hadits shohih. (Majmu’ Al Fatawa, vol. II, hlm. 151)

 

Oleh: Ustadz Abu Hilya

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker