Advertisement

AffiliatBlog Solusi Berbagai Kebutuhan Affiliate Marketing Anda

Berita Indonesia

Militer Indonesia Menempati Posisi Terkuat di Asia Tenggara

Berita Militer Indonesia: Ternyata Militer Indonesia Terkuat di Asia Tenggara

Arti lain dari posisi ke-12 militer dunia, berarti kekuatan militer Indonesia merupakan negara paling kuat secara militer di Asia Tenggara.

Islam-institute.com, Indonesia — Anda sudah membaca laporan GFP – Global Firepower? GFP adalah sebuah situs yang menyediakan analisis detail kekuatan militer sebagian besar negara di dunia. Situs ini memberi informasi 100 negara dengan militer terkuat berdsarkan basis 50 faktor berbeda.

Faktor-faktor yang menjadi dasar penilaian kekuatan militer sebuah negara ialah seperti jumlah populasi penduduk, usia warga yang bisa mendaftar sebagai personel militer. Kemudian, anggaran militer, jumlah peralatan militer, konsumsi BBM, utang luar negeri, dan banyak pengukur lainnya.

BACA JUGA:  Rencana Peledakan BOM di Hari Kemerdekaan Digagalkan Densus 88

Misalnya, jumlah populasi penduduk sebuah negara menjadi awal penilaian daftar ini. Secara umum, semakin besar populasi penduduk sebuah negara, kekuatan militer negara itu akan semakin besar.

Agar penilaian menjadi adil, kapabilitas sebuah negara mengembangkan dan memiliki persenjataan nuklir tidak menjadi faktor acuan dalam penilaian.

Semua penilaian menunjukkan kemampuan militer sebuah negara jika terjadi perang konvensional baik perang darat, udara, maupun laut.

Setelah melakukan analisis menggunakan 50 basis penilaian itu, GFP menentukan, untuk tahun 2015.

Negara dengan militer terkuat di dunia masih dipegang Amerika Serikat, diikuti Rusia dan China di peringkat kedua dan ketiga.
Sementara itu, negara India dan Inggris menduduki peringkat keempat dan kelima negara-negara dunia dengan militer paling mumpuni.

BACA JUGA:  Kapal Perusak USS Nitze Milik AS Dicegat Kapal Iran

Negara Asia lain yang menduduki posisi 10 besar adalah Korea Selatan di peringkat ketujuh dan Jepang di peringkat kesembilan.

 

Inilah Posisi Kekuatan Milter Indonesia

Lalu, di mana posisi militer Indonesia? Dengan 50 basis penilaian yang sangat ketat itu, GFP menempatkan Indonesia menjadi negara dengan militer terkuat ke-12 di dunia.

Posisi militer Indonesia ini tepat di bawah mliter Israel (11) dan di atas militer Australia (13).

BACA JUGA:  Kaum Wahhabi Melihat Makam Wali Sebagai Berhala

Dengan posisi ini, militer Indonesia juga lebih kuat dibanding beberapa militer negara Eropa, seperti Polandia, Ceko, atau Denmark.

Arti lain dari posisi ke-12 militer dunia, berarti kekuatan militer Indonesia merupakan negara paling kuat secara militer di Asia Tenggara.

Militer negara terkuat kedua di Asia Tenggara ditempati militer Thailand yang secara global menempati peringkat ke-20.

Diikuti militer Vietnam (21), militer Singapura (26), militer Malaysia (35), militer Filipina (40), militer Myanmar (44), militer Kamboja (96), dan militer Laos (117).

Sementara itu, lima negara dengan kekuatan militer terbawah dalam daftar ini adalah Libya, Zambia, Mali, Mozambik, dan Somalia. (al)

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker