Kisah Sukses

Michael Dell Drop Out Kuliah, Kini Memiliki 220 Trilliun Rupiah

Michael Dell Berbisnis Komputer dari Nol, Kini Memiliki 220 Trilliun Rupiah

jiwa entrepreneur Michael muncul, ketika itu dia bekerja sebagai pengantar koran. Dengan hanya mengantar koran, Michael mendapatkan uang 18 ribu dolar selama setahun.

Tidak semua mahasiswa mengambil jurusan kuliah sesuai dengan keinginannya, begitu pula dengan Michael Dell yang drop out dari jurusan kedokteran tapi sukses menjadi pebisnis komputer di dunia.

Jika ada yang menyebut nama Michael Dell mungkin banyak yang tidak mengetahui siapa dia. Tetapi kalau menyebut komputer Dell, pasti Anda langsung paham. Ya, Michael Dell adalah founder dari perusahaan Dell Inc. sebuah perusahaan komputer yang berbasis di kota Texas, Amerika Serikat. Michael Dell ini ternyata tidak mempunyai gelar sarjana, dan pendidikan terakhirnya adalah drop out dari Universitas Texas, jurusan kedokteran.

 

Michael Dell Sukses Bisnis Komputer Tanpa Gelar Sarjana Komputer – Photo Credit: Kevin.
BACA JUGA:  Inspirasi Bisnis: Ketika Sampah Diubah Jadi Barang Mewah

Michael Dell nekad bongkar komputer Apple II

Michael Dell lahir di Texas pada tanggal 23 Februari, 49 tahun yang lalu. Michael lahir dari anak dari pasangan ibu seorang makelar saham dan ayah seorang dokter gigi. Kehidupan masa kecilnya sama dengan anak-anak seusianya, hanya Michael tertarik dengan komputer. Pada waktu SMP, dia sudah mampu memprogram kalkulator sendiri. Lalu pada umur 15 tahun, Michael mendapatkan komputer dari ayahnya, Apple II. Komputer tersebut merupakan keluaran dari perusahaan Apple. Karena penasaran bagaimana komputer ini dibuat, akhirnya Michael membongkar komputer pertamanya tersebut hanya untuk mengetahui bagaimana cara komputer itu bekerja.

Pada waktu SMA, jiwa entrepreneur Michael muncul, ketika itu dia bekerja sebagai pengantar koran. Dengan hanya mengantar koran, Michael mendapatkan uang 18 ribu dolar selama setahun. Itu digunakan untuk memodifikasi dan belajar banyak tentang komputer.

BACA JUGA:  Anak Kecil Dapat 1 Miliar per Bulan dari YouTube

Michael Dell masuk fakultas kedokteran kemudian drop out

Ternyata keinginan Michael untuk belajar komputer di bangku universitas tidak direstui oleh orang tuanya. Maka untuk menyenangkan orang tuanya, Michael masuk ke dalam jurusan kedokteran Universitas Texas. Tetapi bukan malah belajar kedokteran, Michael malah mengutak-atik komputer di kamar asrama, membeli spare part, upgrade dan menjualnya kembali. Ternyata bisnis tersebut menguntungkan, hanya dalam 1 bulan Michael mendapatkan 180ribu dolar.

Karena mendapatkan order yang cukup banyak, kamar asrama Michael sampai penuh dengan peralatan komputer. Lalu Michael meminta izin untuk tidak melanjutkan kuliahnya kepada orang tuanya. Setelah semester pertama, Michael tidak melanjutkan kuliahnya.

Michael Dell mempopulerkan model bisnis “pesan terlebih dahulu”

Michael bekerja secara full time pertama kali pada usia 19 tahun dan perusahaannya dinamakan PC’s Limited. Karena tidak mempunyai modal yang cukup untuk menyewa kantor. Michael mensiasati dengan order via telepon dan online. Seseorang hanya perlu telepon untuk memesan, dan pesanan pun akan dikirim. Cara ini sangat berguna karena mampu menghemat dana. Karena Michael hanya perlu membeli perangkat yang dibutuhkan. Pada tahun pertama, Michael menjual setidaknya sampai 6 juta dolar.

BACA JUGA:  Inspirasi Bisnis 10 Miliarder Berusia muda di Dunia

Kemudian Michael merubah nama perusahaannya PC’s Limited menjadi Dell Computer Corp pada tahun 1987, dan pada tahun 1988 Dell Computer mendapatkan penjualan 159 juta dolar. Itu menjadikan Dell sebagai CEO termuda yang pernah masuk daftar orang terkaya di Forbes.

Sekarang Dell Computer termasuk 3 vendor komputer terbesar diseluruh dunia, didaftar tersebut juga ada Lenovo dan HP. Dan Dell Computer memimpin penjualan PC monitor nomor satu didunia. Kesuksesan Dell yang pada awalnya adalah mahasiswa kedokteran perlu kita contoh. Kini, Michael Dell telah memiliki harta sebanyak 21,8 Milliar Dollar atau sekitar 220 Trilliun Rupiah.

( al/studentprener/Photo Credit: Kevin]

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker