Berita Irak

Menteri Perang ISIS Eks Kepala Pasukan Khusus Didikan AS

MOSUL, Menteri Perang ISIS – Kolonel Gulmurod Khalimov, mantan kepala pasukan khusus Tajikistan. Sosok ini pernah dilatih Amerika Serikat (AS), kini telah diangkat menjadi Menteri Perang ISIS, setelah bergabung setahun di kelompok ISIS. Khalimov membelot dari Tajikistan dan bergabung dengan ISIS pada 2015.

Media lokal di Tajikistan melaporkan bahwa Khalimov yang dikenal sebagai “The Tajik” di kalangan kelompok Islamic State (ISIS). Orang Tajikistan ini telah dipromosikan untuk menggantikan Abu Omar al-Shishani yang juga dikenal sebagai “Ginger Jihad” sebagai Menteri Perang ISIS.

Abu Omar al-Shishani, adalah Menteri Perang ISIS sebelumnya yang berasal dari Georgia. Dan pernah bertempur di Chechnya. Kini telah berakhir karirnya karena telah tewas dalam serangan udara AS di Irak pada Juli 2016.

eks kepala pasukan khusus didikan as ini jadi menteri perang isis 8dw thumb - Menteri Perang ISIS Eks Kepala Pasukan Khusus Didikan AS

Gulmurod Khalimov, Menteri perang ISIS ini juga pernah dilatih Rusia

Sumber keamanan Irak yang dikutip Iraq News mengatakan bahwa ISIS tidak resmi mengumumkan promosi Khalimov sebagai Menteri perang ISIS. Alasannya karena takut dia akan menjadi sasaran serangan koalisi yang dipimpin AS.

As percaya Khalimov menjadi salah satu pemimpin senior ISIS. AS menawarkan hadiah sebesar USD 3 juta untuk informasi yang mengarah pada lokasi atau penangkapan Khalimov. Hal ini mungkin menimbulkan keraguan, apakah sandiwara ataukah kesungguhan AS. Mengingat AS adalah konspirator yang menciptakan ISIS, seperti diakui sendiri oleh Obama dan Hillary Clinton.

Sejak bergabung dengan ISIS, Khalimov pernah muncul dalam video yang diunggah di YouTube. Dalam video, dia tampak berada di Mosul dan bersumpah setia pada pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi. Setahun bergabung dengan ISIS, kini Khalimov menjadi Menteri perang ISIS.

banner 2 2 - Menteri Perang ISIS Eks Kepala Pasukan Khusus Didikan AS

Gulmurod Khalimov, 41, dianggap sebagai ancaman karena menguasai pelatihan kontra-terorisme. “Termasuk respons krisis. Negosiasi sandera dan kepemimpinan taktis”. Kata Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan pada akhir Agustus 2016 lalu.

Gulmurod Khalimov yang jadi pemimpin “jihad” dan penembak jitu terlatih pernah mengumbar ancaman mengerikan terhadap AS, Rusia dan Tajikistan. Terlebih kini dia menjadi Menteri perang ISIS.

“Dengar, Anda Amerika babi. Saya sudah tiga kali ke Amerika, dan saya melihat bagaimana Anda melatih militan untuk membunuh umat Islam”. Katanya, seperti dikutip IB Times, Selasa (6/9/2016). “Ata izin Tuhan, saya akan datang dengan senjata ini ke kota-kota Anda. Rumah Anda. Dan kami akan membunuh Anda.”

Reuters melaporkan bahwa layanan keamanan Tajikistan sedang menyelidiki ancaman teror yang mungkin  terkait dengan Gulmurod Khalimov. Selain pernah dilatih AS, Gulmurod Khalimov yang kini menjadi Menteri Perang ISIS itu juga pernah menjalani pelatihan di Rusia.

Simpan

Simpan

Simpan

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker