Berita Asia

Menteri Korut Puji ASEAN dalam Dinner Para Dubes di Pyongyang

ASEAN Telah Berkontribusi Terhadap Kesejahteraan Bagi Kawasan dan Perdamaian Dunia

Islam-Institute.com, JAKARTA – Lima Duta Besar (Dubes) negara-negara ASEAN di Pyongyang menggelar dinner (makan malam) dengan Menteri Hubungan Ekonomi Luar Negeri Korea Utara (Korut), Ri Ryong-nam. Dalam kesempatan itu, Ri memuji peran ASEAN dalam perdamaian dunia.

Jamuan makan malam persahabatan di Pyongyang itu digelar dua hari menjelang ulang tahun (Ultah) ke-48 berdirinya Association of South East Asian Nations (ASEAN). Dalam sambutannya, Ri mengucapkan selamat ulang tahun pada ASEAN.

BACA :  Operasi Militer Myanmar Habisi Etnis Rohingya Rakhine

Menurutnya, sejak terbentuk, ASEAN telah berkontribusi terhadap kesejahteraan bagi kawasan dan perdamaian dunia. Lebih lanjut, Ri menceritakan hubungan baik Korut dan ASEAN yang telah dirintis sejak lama oleh Kim Il-sung, Kim Jong-il (para mendiang pemimpin Korut) dengan para pemimpin ASEAN.

Kini, di saat Korut dipimpin Kim Jong-un, kata Ri, negaranya juga menaruh perhatian terhadap pengembangan hubungan Korut dan ASEAN. Dia yakin, hubungan baik Korut dan ASEAN dapat terus ditingkatkan di masa mendatang sesuai dengan kepentingan nasional kedua pihak.

BACA :  Perang Terbuka, Korut Putus Jalur Diplomasi dengan AS
banner gif 160 600 b - Menteri Korut Puji ASEAN dalam Dinner Para Dubes di Pyongyang

 

dinner para dubes di pyongyang menteri korut puji asean 9o9 - Menteri Korut Puji ASEAN dalam Dinner Para Dubes di Pyongyang
Para Dubes ASEAN di Pyongyang dinner dengan Menteri Hubungan Ekonomi Luar Negeri Korut, Ri Ryong-nam. | (KBRI Pyongyang/Tedjo)

 

Sementara itu, Dubes Indonesia untuk Korut yang juga Ketua ASEAN Committee in Pyongyang (ACP), Bambang Hiendrasto, mengatakan, di Indonesia ada pepatah “tak kenal, maka tak sayang”. Untuk itu, melalui acara tersebut para Dubes ASEAN ingin memperkenalkan diri kepada Menteri Ri tentang ACP, ASEAN dan negara-negara anggotanya, terutama yang memiliki perwakilan di Pyongyang yakni, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia dan Vietnam.

BACA :  China Marah dan Gertak AS karena Langgar Teritorial China

Sebaliknya, para Dubes ASEAN berharap dapat memperoleh informasi langsung dari Menteri Ri mengenai ekonomi dan perdagangan luar negeri Korut. Menurut keterangan tertulis KBRI Pyongyang yang diterima Sindonews, Sabtu (8/8/2015), dalam acara makan malam itu, para Dubes dan Menteri Ri saling bertukar informasi dan pandangan mengenai berbagai kemungkinan peningkatan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan kedua pihak. (al/mas/sindonews)

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker