Berita Arab Saudi

Menagih Janji Arab Saudi Santuni Korban Crane Masjidil Haram

Menagih Janji Arab Saudi Santuni Korban Crane Masjil Haram yang Tak Kunjung Turun

 

Anggota jamaah haji Indonesia yang meninggal dunia dalam musibah crane Masjidil Haram sebanyak 12 orang. Sementara itu, jumlah korban cedera dan sempat dirawat di rumah sakit ada 42 orang. Sampai hari ini mereka belum mendapatkan Santunan seperti yang dijanjikan  Arab Saudi.

 

Islam-Institute, JAKARTA – Sampai hari ini, sudah hampir 3 bulan lamanya, Pemerintah Arab Saudi belum juga memberikan santunan yang dijanjikan bagi korban musibah jatuhnya crane Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi, pada September lalu.

BACA :  Pejuang Houthi Tangkap 85 Tentara Bayaran Arab Saudi

Menurut Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Abdul Jamil membenarkannya, memang Arab saudi belum merealisasi janji santunan tersebut hingga hari ini. Namun, pihak Kemenag berjanji akan terus berhubungan dengan Pemerintah Arab Saudi untuk menagih janji Arab saudi.

“Kita melalui KBRI senantiasa melakukan kontak dengan otoritas Saudi,” kata Abdul Jamil saat dihubungi Kompas, Senin (16/11/2015).

Dari informasi yang terakhir didapatkannya, pemerintah Arab Saudi saat ini tengah memproses terkait janji pemberian santunan tersebut.

banner gif 160 600 b - Menagih Janji Arab Saudi Santuni Korban Crane Masjidil Haram

Pemerintah Arab Saudi sebelumnya menjanjikan santunan sebesar 1 juta riyal atau Rp 3,8 miliar bagi semua keluarga korban meninggal dan cacat fisik tetap serta 500.000 riyal atau Rp 1,9 miliar untuk korban luka.

BACA :  Serangan Udara Arab Saudi Tewaskan 30 Warga Sipil Yaman

Sementara itu, untuk santunan dari Pemerintah Indonesia, Abdul Jamil mengatakan sedang dalam proses bahkan ada yang sudah selesai diproses. Namun, untuk jumlah anggota jamaah yang santunannya telah cair, dia mengatakan perlu melihat data lebih lanjut.

“(Santunan dalam negeri) sudah jalan dan ada yang sudah selesai,” ujar Abdul Jamil.

Ketika dihubungi terpisah, Kepala Bidang Humas Kementerian Agama Rosidin Karidi mengatakan, besaran santunan asuransi dalam negeri untuk anggota jamaah wafat karena kecelakaan adalah sebesar Rp 35 juta.

BACA :  Belgia Tolak Jual Senjata ke Arab Saudi karena Eksekusi Massal Saudi

Santunan tersebut merupakan santunan asuransi jiwa hasil kerja sama pemerintah dengan perusahaan asuransi.

“Kalau santunan asuransi dalam negeri untuk jamaah wafat karena kecelakaan itu Rp 35 juta. Informasi yang saya tahu sebagian besar sudah cair,” ujar Rosidin.

Anggota jamaah haji Indonesia yang meninggal dunia dalam musibah crane Masjidil Haram sebanyak 12 orang. Sementara itu, jumlah korban cedera dan sempat dirawat di rumah sakit ada 42 orang. Sampai hari ini mereka belum mendapatkan Santunan seperti yang dijanjikan  Arab Saudi. (AL/SFA/Kompas)

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker