Advertisement

AffiliatBlog Solusi Berbagai Kebutuhan Affiliate Marketing Anda

Berita Fakta

Masjid Ijabah, Tempat Rasulullah Berdoa Tiga Permohonan

Ada Tiga Doa Nabi Muhammad di Masjid Ijabah: Dua Dikabulkan, Satu Tidak Dikabulkan

Jika berkunjung ke Madinah, Arab Saudi, mampirlah ke salah satu masjid yang ada di kota suci ini. Namanya Masjid Ijabah yang artinya dikabulkan. Letaknya tidak terlalu jauh dari pemakaman Baqi yang berada di sisi timur Masjid Nabawi, sekitar 385 meter.

Dibandingkan masjid-masjid yang ada di Madinah, masjid Ijabah tidak terlalu besar. Bercat paduan warna krem dan coklat tua, masjid ini dilengkapi sebuah menara tinggi menjulang. Meski letaknya di pinggir jalan raya, persisnya Jalan As-Sittin, Distrik Bani Muawiyah, masjid ini tidak terlalu mencolok karena hampir menyatu dengan toko-toko yang ada di sekitarnya.

Saat VIVAnews berkunjung ke masjid ini, 15 Oktober 2014 lalu, sejumlah jemaah dari berbagai negara baru saja tiba. Kebanyakan dari Iran. Mereka berjalan kaki dari pondokan-pondokan yang tersebar di sekitar masjid. Jemaah wanita langsung memasuki tempat salat khusus, yang di masjid Ijabah ini terletak di lantai dasar. Umumnya masjid-masjid di Arab Saudi menempatkan lokasi salat khusus kaum perempuan di lantai atas.

BACA JUGA:  Metode Amtsilati: Cara Cepat Bisa Baca Tulisan Arab Tanpa Harakat

Begitu masuk pintu khusus wanita di samping masjid Ijabah, jemaah tinggal belok ke kiri beberapa langkah. Sampailah di ruang salat yang berukuran sekitar 10 x 10 meter. Ornamen dalam masjid berkarpet merah ini tampak sederhana. Jemaah yang berkunjung kebanyakan langsung melaksanakan salat hajat dengan memanjatkan doa khusus kepada Allah SWT.

Jemaah haji menurut salah satu petugas Panitia Penyelenggara Haji Indonesia, Sidik Sisdiyanto, kebanyakan meyakini doa mereka akan dikabulkan jika melaksanakan salat hajat di masjid ini.

Tentu saja ada cerita di balik keyakinan jemaah yang berdoa di masjid yang awalnya bernama Masjid Bani Mu’awiyah ini. Masjid Ijabah ini merupakan saksi begitu besarnya cinta Nabi Muhammad kepada umatnya.

Dalam Shahih Muslim diriwayatkan, Amir bin Sa’dari menuturkan dari ayahnya, bahwa suatu hari Rasulullah, Muhammad SAW, datang dari Al-Aliyah dan melewati Masjid Bani Mu’awiyah. Rasulullah kemudian masuk ke masjid dan salat dua rakaat. Saat itu Rasulullah berdoa sangat lama.

BACA JUGA:  Sembuhkan Virus Wahabi Dengan Memahami At Tark Secara Benar

Usai berdoa, dalam riyawat itu, Rasulullah berkata, “Aku meminta tiga hal kepada Rabbku. Tetapi, hanya dua hal dikabulkan, dan satu hal tidak diperkenankan. Aku meminta agar umatku tidak dibinasakan dengan paceklik. Permintaanku pun dikabulkan. Aku memohon agar umatku tidak ditenggelamkan. Permohonanku pun dikabulkan. Aku mengharap agar permusuhan umatku tidak terjadi antar sesama mereka, tetapi permintaanku tidak dikabulkan.”

Terkait doa Rasulullah ini, Malik meriwayatkan dari Abdullah bin Jabir bin Atik, dia berkata, “Abdullah bin Umar datang kepada kami di Bani Muawiyah—salah satu desa kaum Anshar—dan bertanya, ‘Apakah kalian tahu di mana dulu Rasulullah SAW salat di masjid kalian ini?’ Aku menjawab, ‘Ya.’ Lalu aku menunjuk ke satu arah.

BACA JUGA:  Syaikh Shuraim: Orang yang Mengkritik Wahabi Adalah ATEIS

Dia kembali bertanya,‘Apakah engkau tahu tiga hal yang diminta oleh Rasulullah SAW?’ Aku menjawab, ‘Ya, aku tahu. Beliau berkata, ‘Beri tahu aku tiga hal itu!’ Aku berkata, ‘Rasulullah SAW berdoa agar tidak dikalahkan oleh musuh dari golongan orang kafir. Dan agar tidak dibinasakan dengan paceklik. Keduanya dikabulkan oleh Allah SWT. Rasulullah SAW juga berdoa agar permusuhan umatnya tidak terjadi antar sesama mereka. Tetapi, permohonan ini tidak dikabulkan.’ Ibnu Umar berkata, ‘Engkau benar. Sehingga peperangan, fitnah, dan perselisihan terus berlangsung hingga Hari Kiamat nanti.

Seperti umumnya masjid-masjid di Madinah, masjid Ijabah yang kini berdiri juga telah direnovasi oleh Raja Fahd bin Abdul Azis pada 1418 H/1977. Masjid Ijabah memiliki luas 1.000 meter persegi. Dari luas itu, 100 meter persegi dilokasikan untuk jamaah wanita yang terletak di sisi timur laut masjid. (al/vivanews)

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker