Berita Indonesia

Masjid di Bandung : Ribuan Masjid Salah Arah Kiblat

Ada 2.000 Masjid di Bandung Salah Arah Kiblat. Ketua Badan Hisab dan Rukyat Kota Bandung Maftuh Kholil memperkirakan 2000-an, atau separuh lebih masjid di Bandung salah arah kiblat. Berdasarkan pengalaman badan itu sebelumnya, upaya perbaikan arahnya dinilai sulit di beberapa masjid. “Ada yang menolak diperbaiki sampai bertengkar sesama pengurus masjid,” kata Maftuh saat ditemui Tempo, Selasa, 9 Desember 2014.

Menurut Maftuh, ada beberapa faktor penolakan dalam upaya memperbaiki arah kiblat masjid di Bandung. Diantaranya, sesama pengurus masjid berbeda pendapat dan keinginan soal arah kiblat masjid. Kemudian, menyangkut kepercayaan jamaah ke masjid. “Suka ada yang tanya juga, ibadah yang dulu di masjid, salah juga?” katanya.

Maftuh menjelaskan, perbaikan arah kiblat masjid tidak mempengaruhi ibadah sebelumnya. Berdasarkan catatan Badan Hisab dan Rukyah Kota Bandung, banyak masjid yang dibangun dengan arah tidak pas ke Ka’bah sebagai patokan kiblat. “Asal ke arah barat dan sesuai perasaan saja, perancang masjid juga belum tentu tahu arah kiblat yang benar,” ujarnya.

Pihaknya, kata Maftuh, siap mengerahkan 10 anggota Badan Hisab dan Rukyah untuk membantu perbaikan dan penentuan arah kiblat masjid di Bandung. Layanan itu dijamin gratis. “Alat sudah ada, teknologi makin canggih, sekarang tinggal kemauan,” katanya.

Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Bandung Sodik Hasan mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke pengurus masjid di Bandung. Selanjutnya juga menyasar ke masjid-masjid seperti di mal dan pertokoan. “Kalau sosialisasinya baik, tidak ada masalah memperbaiki arah kiblat,” ujarnya.

BACA :  Ponpes Darusy Syifa Bekerjasama dengan KPP Gelar Seminar

Arah Kiblat Masjid di Bandung Ada yang ke Israel

Ketua Badan Hisab dan Rukyat Kota Bandung Maftuh Kholil memperkirakan 2.000 lebih masjid di Bandung salah arah kiblat. Melencengnya mulai dari 3 hingga 30 derajat dari arah seharusnya. “Jadi ada yang kiblatnya ke Afrika Selatan, Moscow, atau Israel,” katanya saat ditemui Tempo, Selasa, 9 Desember 2014.

Menurut Maftuh, total jumlah masjid di Kota Bandung sekitar 4.000. Separuhnya atau lebih diperkirakan melenceng arah kiblatnya. Arah yang benar itu pakai kompas, dari titik barat 25 derajat 10 menit.

Maftuh mengatakan arah kiblat mengarah ke barat laut. Ukuran 10 menit, kata Maftuh, bisa tidak dipakai mutlak, atau perkiraan saja. “Kalau tidak pas arah kiblatnya, tidak sah salatnya,” katanya.

Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Bandung Sodik Hasan membenarkan hal tersebut. Cukup banyak masjid di Bandung yang arah kiblatnya melenceng, salah satunya Masjid Raya Cipaganti. “Itu kabarnya melenceng jauh, karena dulu dibuat mengikuti posisi jalan raya,” ujarnya saat dihubungi Tempo, Selasa, 8 Desember 2014.

banner gif 160 600 b - Masjid di Bandung : Ribuan Masjid Salah Arah Kiblat

Agar Arah Kiblat Masjid di Bandung Tidak ke Israel

Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Bandung Sodik Hasan membenarkan cukup banyak masjid yang arah kiblatnya melenceng. Menurut Sodik, tak sulit mengubah arah kiblat di masjid, cukup hanya menggeser posisi karpet atau alas salat.

BACA :  Video Pengakuan Komandan FSA Berkolaborasi dengan Israel

“Belum pernah ada masjid yang dibongkar gara-gara salah arah kiblat,” kata Sodik ketika dihubungi Tempo di Bandung, Selasa, 9 Desember 2014. (Baca: Arah Kiblat Masjid di Bandung Ada yang ke Israel)

Sebelumnya, Ketua Badan Hisab dan Rukyat Kota Bandung Maftuh Kholil memperkirakan 2.000 lebih masjid di Bandung salah arah kiblat. Melencengnya mulai dari 3 – 30 derajat dari arah seharusnya.

“Jadi ada yang kiblatnya ke Afrika Selatan, Moscow (Rusia), atau Israel,” kata Maftuh, saat ditemui Tempo, Selasa, 9 Desember 2014. (Baca juga: 2.000 Masjid di Bandung Salah Arah Kiblat)

Menurut Maftuh, total jumlah masjid di Bandung sekitar 4.000. Separuhnya atau lebih, diperkirakan melenceng arah kiblatnya. Arah yang benar itu pakai kompas, dari titik barat, 25 derajat, 10 menit.

Tak Cuma Masjid di Bandung, Kuburan Pun Salah Arah Kiblat

Selain lebih dari 2.000 masjid di Bandung, kuburan di Bandung juga dipastikan ada yang salah arah kiblat. Badan Hisab dan Rukyah Kota Bandung berencana memasang patok dan tugu arah kiblat di kuburan. (Baca: Agar Arah Kiblat Masjid di Bandung Tidak ke Israel)

Ketua Badan Hisab dan Rukyah (BHR) Kota Bandung Maftuh Kholil mengatakan, jenazah secara Islam dimakamkan dengan jasad menghadap ke kiblat seperti arah salat. Kiblat itu berpatokan ke Kakbah di Mekah. “Ulama sepakat, mayat harus menghadap ke kiblat,” ujarnya saat ditemui Tempo, Selasa, 9 Desember 2014.

BACA :  5 Fakta Terduga Teroris Malang Menurut Situs Online Liputan6

Sebelumnya Maftuh Kholil memperkirakan 2.000 lebih masjid di Kota Bandung salah arah kiblat. Di antaranya ada yang arah kiblatnya ke Israel. (Baca: Arah Kiblat Masjid di Bandung Ada yang ke Israel)

Masjid di Bandung, arah kiblat pada kompas dari titik barat, ditambah 25 derajat ke kanan, dan 10 menit, atau condong ke arah barat laut. Dari pengamatan BHR ke sejumlah tempat pemakaman umum, arahnya tak sesuai ke kiblat. “Banyak yang melenceng, sebagian sudah benar,” ujarnya.

Namun begitu, dia tak menyarankan ahli waris atau pengelola pemakaman untuk membongkar kuburan untuk memperbaiki arah mayat sesuai kiblat. BHR memilih cara untuk memasang patok dan tugu di kuburan sebagai pemandu arah kiblat. “Misalnya ada dua patok lalu ditarik garis, itu jadi arah mayat dikuburkan,” ujarnya. (Baca juga: 2.000 Masjid di Bandung Salah Arah Kiblat)

Lokasi yang sudah dijajaki BHR yaitu Taman Pemakaman Cikutra. Menurut Maftuh, Wali KLota Bandung Ridwan Kamil sudah setuju, tinggal teknis pemasangannya yang perlu berkoordinasi dengan Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung. Tugu arah kiblat misalnya, direncanakan setinggi 3 meter. “Biayanya kami yang tanggung,” kata Maftuh.

(al/ANWAR SISWADI/tempo.co)

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker