Amalan Cerdas

Manfaat Membaca Shalawat Nabi Muhammad Saw

Indikasi dari kecintaan orang-orang beriman kepada Baginda Nabi Muhammad SAW adalah mereka senang membaca shalawat kepada Nabi Saw

Manfaat Membaca Shalawat Nabi, Islam-Institute.com – Allah dan Malaikat-NYA Bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw. Salah satu indikasi dari kecintaan orang-orang beriman kepada Baginda Nabi Muhammad SAW adalah mereka senang membaca shalawat kepada Nabi Saw. Selain karena rasa cinta kepada Nabi Saw, membaca shalawat untuk Nabi Saw adalah perintah Allah kepada Orang-orang beriman. Di mana Allah sendiri melakukan bershalawat untuk Nabi, juga malaikat-NYA.

Hal tersebut ditegaskan dalam Al-Qur’an surah al-Ahzab ayat 56: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu sekalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam kepadanya dengan penuh penghormatan.”

Membaca shalawat punya kandungan arti yang berbeda. Jika Shalawat datang dari Allah berarti pemberian rahmat. Jika datang dari malaikat berarti memintakan ampunan. Dan jika shalawat datang dari orang-orang beriman berarti mereka berdoa untuk diberi rahmat.

Manfaat membaca Shalawat Nabi bagi para pembacanya

Ada beberapa manfaat membaca Shalawat Nabi. Selain sebagai perintah langsung dari Allah SWT, yang mana Allah dan para Malaikat mencontohkannya. Semestinya kita tidak mengabaikan manfaat membaca shalawat Nabi. Artinya, banyak-banyaklah membaca shalawat Nabi. Berikut ini sebagian manfaat membaca shalawat Nabi.

Manfaat membaca Shalawat Nabi, yang pertama: Allah mengabulkan doa orang-orang yang membaca Shalawat Nabi. Rasulullah Saw bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat. Hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

Dalam hadits yang lain, “Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya.” (HR Thabrani).

Manfaat membaca Shalawat Nabi, yang kedua: Allah bershalawat 10 kali untuk orang yang membaca Shalawat Nabi. Ingat, jika shalawat datang dari Allah artinya adalah rahmat Allah. Ini berarti Allah memberi 10 rahmat untuk orang yang bershalawat. Rasuullah SAW bersabda, “Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali. Maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Manfaat membaca Shalawat Nabi, yang ketiga: Orang yang membaca Shalawat Nabi diangkat derajatnya. Pada suatu pagi Rasulullah tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahnya. Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, pagi ini Engkau tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahmu.” Beliau bersabda, “Memang benar. Semalam aku ditemui oleh seorang utusan Tuhanku Yang Mahaagung. Dia berkata, ‘Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan. Menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad).

banner 2 2 - Manfaat Membaca Shalawat Nabi Muhammad Saw

Manfaat membaca Shalawat Nabi, yang keempat: Orang yang membaca Shalawat Nabi dikumpulkan di surga bersama Nabi. Rasulullah SAW bersabda, “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

Manfaat membaca Shalawat Nabi akan mendapatkan syafaat Nabi Saw

Manfaat membaca Shalawat Nabi, yang kelima, Orang yang membaca Shalawat Nabi akan mendapatkan syafaat Nabi. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga. Yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).

Semoga Allah memudahkan lisan kita untuk selalu ringan membaca shalawat Nabi Saw. Dan meraih keutamaan dan manfaat membaca Shalawat Nabi. Amin, yaa Allah Rabbal alamiin….

 

Simpan

Simpan

Simpan

Save

Save

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

2 thoughts on “Manfaat Membaca Shalawat Nabi Muhammad Saw”

Tinggalkan Balasan

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker