Berita Indonesia

Mahfud MD Menuju Indonesia Negeri Darussalam

Ciri-ciri Negeri Darussalam : Mahfud MD Ajak Warga Wujudkan Indonesia Negeri Darussalam. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengajak warga untuk mewujudkan Indonesia menjadi negeri “Darussalam” yaitu negara dengan kehidupan masyarakat yang aman, adil, dan makmur.

“Darussalam artinya satu rumah yang nyaman dan damai. Satu negara dengan masyarakat yang nyaman, rukun dan hak asasi masyarakatnya dihormati,” kata Mahfud dalam pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-42 Tingkat Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, Jumat (7/4/2014).

Mahfud menyebutkan beberapa ciri negeri Darussalam pertama, warganya bebas dan merdeka mendapatkan perlindungan hak asasi dengan baik.Pemenuhan hak asasi itu menurut dia diberikan meskipun terdapat berbagai perbedaan dalam sebuah masyarakat. “Ciri kedua, masyarakatnya memiliki nasionalisme yang tinggi karena berpegang teguh pada Al-Quran sehingga mereka tidak hanya terdidik dan kehidupannya makmur,” ujarnya. Ciri ketiga menurut dia, dalam negeri yang Darussalam, masyarakatnya memiliki toleransi.

BACA JUGA:  Nikmati Saja, Kata Ahok Soal Pemutaran Kaset Pengajian Al-Qur'an

Menuju Indonesia Negeri Darussalam dengan Memahamai dan Mengamalkan Isi Al-Quran

Syarat menuju Indonesia Negeri Darussalam adalah dengan Memahamai dan Mengamalkan Isi Al-Quran. Mahfud MD mencontohkan ketika Nabi Muhammad masuk Kota Madinah muncul kekhawatiran dari orang yang beragama non-Islam akan dipaksa masuk Islam. ”Nabi tidak melakukan itu (memaksa orang untuk masuk Islam), beliau membawa agama lurus namun toleran sehingga membuat masyarakat aman dan damai,” tegasnya.

BACA JUGA:  Muktamar NU ke-33: Asal Usul Konsep Ahlul Halli wal Aqdi

Mahfud MD di hadapan ratusan peserta MTQ dan masyarakat Musi Rawas mengajak untuk memahamai dan mengamalkan isi Al-Quran. Dia mencontohkan nilai solat yang salah satunya mengenai kejujuran berprilaku seseorang.

Bupati Musi Rawas, Ridwan Mukti dalam pembukaan MTQ berharap acara itu menjadi batu loncatan bagi daerah meraih juara umum MTQ tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Menurut dia, juara umum itu dapat diraih dengan kerja keras dan kesungguhan.

BACA JUGA:  Jusuf Kalla Roadshow Ponpes, Kiai Pilih Dukung Prabowo

Karena itu dia mengatakan sudah mempersiapkan hadiah khusus apabila Musi Rawas memperoleh juara umum MTQ tingkat Provinsi. ”Musi Rawas pernah mendapat juara umum MTQ tingkat Provinsi Sumatera Selatan dan MTQ ini menjadi batu loncatan untuk meraih kembali predikat tersebut,” katanya.

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker