Berita Turki

Kronologi Kudeta Militer di Turki yang Gagal

ANKARA – Inilah kronologi kudeta militer di Turki yang gagal. Ini adalah timeline dari perkembangan mengenai kudeta militer di Turki terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan berdasarkan Greenwich Mean Time (GMT). Silahkan dibaca dari bawah ke atas agar kronologi waktunya tidak membingungkan anda.

09.54 – Helikopter militer Turki di utara Yunani, delapan orang ditangkap oleh pelayanan polisi Yunani.

09.44 – Turki Yildirim: Mereka yang menjadi tulang punggung dari kudeta telah ditahan.

09.43 – Setelah pesanan dari presiden Putin, penerbangan Rusia menangguhkan penerbangan reguler ke Turki – Tass mengutip pejabat kementerian transportasi.

09.38 – Yildirim: Sekitar 20 orang tewas, 30 luka-luka di kalangan komplotan kudeta.

09.35 – Yildirim: Situasi sepenuhnya di bawah kendali, komandan kami bertanggung jawab atas situasi keamanan.

09.34 – Turki Yildirim mengatakan: akan mengadakan pertemuan parlemen pada pukul 12.00 GMT untuk membahas upaya kudeta.

09.30 – PM Turki mengatakan 161 tewas dalam kudeta militer di Turki.

09.29 – PM Turki Yildirim mengatakan 2.839 anggota tentara telah ditahan, termasuk tentara biasa dan perwira tinggi.

09.21 – PM Turki Yildirim: ini upaya struktur paralel dalam angkatan bersenjata. Anggota struktur paralel sekarang di tangan pengadilan Turki.

09.21 – Perdana Menteri Turki Yildirim mengatakan pada Jumat malam noda hitam bagi demokrasi Turki, bangsa telah memberikan jawaban terbaik pada teroris.

09.02 – Menteri Uni Eropa Turki O0mer Celik mengatakan situasi kudeta ’90 persen di bawah kontrol’, tetapi beberapa komandan masih disandera.

 

05ad2c17 ce0b 45f9 a3c1 8eed4a506c55 - Kronologi Kudeta Militer di Turki yang Gagal

 

08.56 – Sumber yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan tentara pro-kudeta yang mencoba menyerang Hotel Grand Yazici Marmaris di barat daya kota Muğla, telah melarikan diri. Erdogan telah meninggalkan hotel satu jam sebelumnya.

08.52 – Wilayah Udara dan wilayah laut Marmara Turki ditutup bagi sipil dan akan berlanjut hingga 1805 GMT, kantor berita Anadolu mengutip informasi yang dikirim ke otoritas penerbangan.

08.31 – Angkatan bersenjata Turki bertekad untuk menghapus anggota dari “struktur paralel” dari barisan mereka, kata kepala staf militer Umit Dundar.

BACA :  Mengenang Serena Shim, Wartawan AS Pemberani di Suriah

08.22 – Banyak komandan militer Turki yang disandera oleh pasukan pro kudeta, kata kepala staf militer, Umit Dundar.

08.05 – 104 tentara yang berpartisipasi dalam kudeta tewas.

08.02 – Panglima Angkatan Bersenjata Turki mengatakan kudeta telah digagalkan.

08.01 – Umit Dundar: kudeta sebagian besar dilakukan oleh pasukan dari angkatan udara, pasukan gendarmerie, dan beberapa ‘elemen lapis baja’.

07.59 – Operasi untuk merebut kembali kontrol markas besar Angkatan Bersenjata di Ankara masih berlangsung: kantor berita T1urkish.

07.58 – Presiden Turki di halaman twitter-nya: upaya pemberontakan bisa dipentaskan setiap saat, kita harus terus bertugas di jalanan.

07.50 – Setidaknya 700 tentara menyerah kepada polisi di ibukota Ankara, setelah usaha kudeta yang gagal.

07.07 – kantor berita Anadolu yang dikelola negara mengatakan 90 orang telah tewas dan lebih dari 1.000 lainnya menderita luka-luka di Turki selama upaya kudeta.

06.52 – Dewan peradilan Turki bersidang untuk memutuskan perbedaan pendapat antara hakim dan jaksa menyusul upaya kudeta yang gagal.

05.53 – Setidaknya 1.563 personel militer telah ditahan di Turki menyusul upaya kudeta, menurut Kementerian Dalam Negeri.

05.44 – Pasukan Turki menyelamatkan Jenderal Hulusi Akar, Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata. Akar disandera oleh tentara kudeta di pangkalan udara Akinci, barat laut Ankara. Dia telah dipindahkan ke lokasi yang aman.

01.00 – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan muncul di antara sekelompok pendukung di luar bandara internasional Ataturk, Istanbul, dan mengatakan upaya kudeta semalam melawan solidaritas dan kesatuan negara, dan tidak ada kekuatan di atas kehendak nasional.

00.45 – Sekitar 200 tentara kudeta mencoba menyerahkan diri mereka setelah pasukan keamanan bersenjata mengepung mereka di Taksim Square di pusat kota terbesar Turki, Istanbul.

banner gif 160 600 b - Kronologi Kudeta Militer di Turki yang Gagal

00.45 – Jaringan berita televisi CNN Turk berhenti siaran langsung, setelah tentara memasuki studio ruang kontrol siaran.

00.27 – Dua ledakan menghantam parlemen, sementara anggota parlemen bersembunyi di tempat penampungan di gedung parlemen.

00.20 – Seorang pejabat senior Turki, berbicara dengan syarat anonim, mengatakan pesawat Erdogan mendarat di Istanbul.

BACA :  Vladimir Putin Beberkan 40 Negara Danai ISIS di KTT G20

23.52 – Perdana Menteri Turki mengatakan situasi di bawah kontrol. Ia juga menyalahkan tokoh oposisi Fethullah Gulen atas upaya kudeta, dan menyatakan zona larangan terbang di atas Ankara.

23.39 – Kantor berita Anadolu yang dikelola negara melaporkan ledakan bom yang menargetkan parlemen.

2313 – Sebuah organisasi yang berbasis di negara bagian AS Pennsylvania menyangkal keterlibatan dalam kudeta, dan menggambarkan tuduhan sebagai hinaan pada intervensi militer dalam politik Turki, serta menyuarakan keprihatinan atas keselamatan warga “sangat tidak bertanggung jawab.”

23.04 – Anadolu melaporkan 17 petugas polisi tewas selama bentrokan di markas militer di ibukota Ankara.

22.51 – Komandan Umum Pasukan Khusus Zekai Aksakalli mengatakan kelompok yang terlibat dalam kudeta terhadap pemerintah tidak akan berhasil. Aksakalli menambahkan militer tidak membenarkan kudeta, dan pasukan khusus nya hadir untuk melayani masyarakat.

22.47 – Erdogan mengatakan geng dan formasi ilegal berada di belakang kudeta, dan menyebutnya sebagai aksi teroris. Dia mengatakan pemerintah tetap bertanggung jawab, dan meminta orang untuk turun ke jalan.

2237 – Komandan Angkatan Darat Pertama Turki, Jenderal Umit Dundar, mengatakan mereka yang berada dibalik upaya kudeta adalah faksi kecil dan “tidak perlu khawatir.”

22.26 – Dua ledakan keras terdengar di pusat ibukota Turki.

22.08 – Tank mengelilingi gedung parlemen Turki di Ankara, dan tembakan terdengar di bandara Istanbul.

22.59 – Saluran berita televisi lokal melaporkan bahwa jet tempur Turki telah menembak jatuh sebuah helikopter militer yang digunakan oleh komplotan kudeta di Ankara.

22.03 – Menteri Kehakiman Turki Bekir Bozdag mengatakan tentara pendukung Gulen berada di balik kudeta.

21.51 – Sebuah helikopter militer menembakkan senapan mesin di ibukota Turki, Ankara. Saksi mata melaporkan adanya ledakan di ibukota.

21.35 – Televisi nasional Turki, yang dikenal sebagai TRT kembali mengudara, meskipun mulai siaran dari London.

21.26 – Presiden Turki meminta orang untuk turun ke jalan untuk memprotes, apa yang disebutnya sebagai upaya kudeta oleh faksi minoritas dalam militer. Dia mengatakan kepada saluran berita CNN Turk melalui link ponsel video bahwa dirinya akan kembali ke Ankara.

BACA :  Oposisi Turki: Kebijakan Erdogan Demi Selamatkan Entitas Israel

21.22 – PM Turki mengatakan di Twitter semuanya akan dilakukan untuk menggagalkan kudeta, bahkan jika itu berujung pada kematian. Dia mengatakan beberapa bangunan penting telah dikepung. Erdogan juga meminta orang-orang untuk tetap tenang.

21.18 – Sebuah sumber kepresidenan mengatakan Erdogan dan pemerintahannya masih bertugas.

21.05 – Televisi Nasional Turki penyiar membacakan pernyataan atas perintah militer, mengatakan konstitusi baru akan disiapkan. Menuduh pemerintah mengikis kekuasaan demokratis dan hukum sekuler dengan alasan bahwa negara sedang dijalankan oleh “dewan perdamaian”. Dan mengumumkan dimulainya darurat militer nasional dan jam malam.

21.02 – Tentara masuk ke gedung Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) di Istanbul. Mereka diperintahkan untuk meninggalkan tempat.

20.57 – Facebook, Twitter, YouTube dan jaringan media sosial lainnya tidak bisa diakses di Turki.

20.49 – Sebuah sumber dari Presiden Turki mengatakan pernyataan atas nama angkatan bersenjata yang belum disahkan oleh komando militer.

20.47 – Jenderal Hulusi Akar, Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Turki, adalah di antara sandera yang diambil di markas militer di Ankara.

20.38 – CNN Turk melaporkan bahwa Presiden Turki aman dan sehat.

20.25 – Militer Turki mengatakan telah mengambil kekuasaan untuk melindungi tatanan demokrasi. Ia juga mengatakan semua yang ada hubungan dengan luar negeri negara itu akan dipertahankan.

20.02 – Perdana Menteri Turki Binali Yildirim mengatakan upaya kudeta sedang berlangsung, menyerukan tenang. Dia mengatakan kelompok dalam militer Turki telah berusaha untuk menggulingkan pasukan pemerintah dan keamanan telah dipanggil untuk “melakukan apa yang diperlukan.”

19.50 – Suara tembakan terdengar di Ankara. jet militer dan helikopter terlihat terbang di atas langit ibukota Turki. Helikopter terlihat di berputar-putar di Istanbul.

19.29 – kantor berita Dogan melaporkan bahwa Jembatan Bosphorus dan Fatih Sultan Mehmet Bridge di Istanbul keduanya ditutup, mobil dan bus sedang dialihkan.   (al/arn)

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker