Berita China

Kolaborasi China – Iran Kompak Bangun Perekonomian Global

Paduan kolaborasi China – Iran untuk membangun perekonomian global tampaknya makin kompak, hal ini bisa dilihat dalam pertemuan antara dua pemimpin negara Iran dan China baru -baru ini …

 

 

139411031759026116958054 e1453598143522 - Kolaborasi China - Iran Kompak Bangun Perekonomian Global

Islam-Institute, TEHERAN – Dalam pertemuan Presiden China dan Pemimpin tertinggi Iran, Ayatullah Khamenei, pada Sabtu (23/1) kemarin, Presiden Xi, menyebut bahwa dukungan China atas program nuklir Iran, begitu pula dukungan Teheran atas satu China yang bersatu dan terpadu adalah contoh adanya kesamaan kebijakan independen dan kepercayaan yang diadopsi dua negara, demikian dikutip dari kantor berita Tasnim News, Sabtu (23/01).

Dalam pernyataan lebih lanjut, presiden Xi menyatakan kepada pemimpin tertinggi Iran bahwa China mengikuti jalur pembangunan independen, dan siap untuk memperluas kerjasama dengan Iran setelah penghentian sanksi, sebagaimana selama ini negaranya selalu berdiri di samping Iran saat negara itu masih di bawah sanksi.

banner gif 160 600 b - Kolaborasi China - Iran Kompak Bangun Perekonomian Global

“Perekonomian Iran dan China saling melengkapi,” tekan Presiden China, menambahkan bahwa Beijing siap untuk memperdalam kerjasama dengan Teheran di bidang budaya, pendidikan, teknologi, militer, dan bidang keamanan di tingkat “kemitraan strategis”.

Presiden China, Xi Jinping, tiba Jum’at (22/1) lalu di Tehran untuk mengadakan kunjungan kenegaraan. Pesawat terbang khusus Xi Jinping tiba di Bandar Udara Mehrabad pada pukul 09:10 waktu setempat. Xi Jinping dan rombongan disambut hangat oleh Menteri Luar Negeri Iran Mohammed Javad Zarif di bandara.

Presiden Xi Jinping menyampaikan salam tulus dan harapan terbaik kepada pemerintah dan rakyat Iran. Ia mengatakan, China dan Iran adalah dua negara yang memiliki sejarah lama, sama-sama memiliki kebudayaan yang cemerlang, dan telah memberikan sumbangan penting bagi kemajuan peradaban umat manusia.

Xi Jinping juga menambahkan bahwa selama ribuan tahun yang lalu, rakyat kedua negara melakukan pertukaran dan komunikasi melalui Jalan Sutra Kuno. Hubungan persahabatan kedua negara terjalin dalam jangka panjang. Sejak penggalangan hubungan diplomatik, hubungan bersahabat dan kerjasama kedua negara di bidang politik, ekonomi dan kebudayaan terus berkembang.

Menurut presiden Xi Jinping sebagaimana dikutip oleh kantor berita China Radio Internasional, Sabtu (23/01), saat ini, hubungan China dan Iran menyambut peluang perkembangan yang baru. China akan berjuang bersama Iran untuk terus meningkatkan hubungan bilateral dan tingkat kerjasama pragmatis dalam rangka membuka lembaran baru hubungan kedua negara.  (AL/ARN)

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker