Ulama Aswaja

KH. Muchit Muzadi dan Tiga Wasiatnya Sebelum Meninggal

Tiga Wasiat KH. Muchit Muzadi Sebelum Meninggal

Sedangkan KH Salahudin Wahid yang diminta diberitahukan tentang kematian tokoh NU itu adalah Pengasuh Ponpes Tebu Ireng.

 

 

mbahmuchit - KH. Muchit Muzadi dan Tiga Wasiatnya Sebelum Meninggal
Ummatipres.Com – KH Abdul Muchit Muzadi mempunyai tiga wasiat sebelum meninggal dunia.
Ketiga pesan itu yakni ingin dimakamkan di samping makam istrinya, Hj Siti Farida, meminta keluarga menghubungi KH Salahudin Wahid dan ketiga meminta tiga orang memakmurkan Masjid Sunan Kalijaga.
Pesan itu disampaikan anak sulung Mbah Muchit, Ahmad Jauhari saat berpidato menjelang pemakaman, Minggu (6/9/2015).
“Meminta Pak Hamid, Pak Munir, dan Pak Afandi memakmurkan Masjid Sunan Kalijaga,” ujar Ahmad.
Masjid Sunan Kalijaga merupakan masjid warisan Mbah Muchit, bersebelahan dengan rumah duka di Jalan Kalimantan Kelurahan/Kecamatan Sumbersari, Jember.
Di masjid itu, tokoh sepuh Nahdlatul Ulama (NU) itu mengajar santrinnya. Santri itu bukanlah santri seperti di pondok pesantren, namun santri bebas.

Mereka bisa datang kapan pun saat Mbah Muchit memiliki program ngaji di masjid itu. Santrinya juga siapa saja mulai dari mahasiswa, dosen dan warga sekitar..Sedangkan KH Salahudin Wahid yang diminta diberitahukan tentang kematian tokoh NU itu adalah Pengasuh Ponpes Tebu Ireng.

“Kami diminta memberitahu keluarga Gus Salahudin Wahid (Gus Sholah) karena bapak merupakan murid Hadratusyeih KH Hasyim Asy’arie,” lanjutnya. Kiai Muchit disebut murid langsung Kiai Hasyim Asy’ari yang tersisa.

BACA JUGA:  Subhanalloh..., KH Mubasyir Mundzir Kediri Bisa Terbang

Dan pesan pertama Mbah Muchit juga dilaksanakan keluarga. Jenazah Mbah Muchit dimakamkan di samping pusara istrinya Siti Farida di TPU Tegalboto Jalan Kalimantan Jember. Ribuan orang pelayat mengantar Mbah Muchit ke liang lahat. Wakil Ketua PCNU Jember Misbahussalam mengaku kehilangan sosok Mbah Muchit.

“Beliau sosok yang sederhana, menjaga kehormatan diri. Dan ketika menjadi pejabat sangat menjauhi uang korupsi,” tegas Misbah.
KH Muchit Muzadi lahir di Bangilan Tuban 4 Desember 1925. Dari pernikahan dengan Siti Farida, ia memiliki sembilan orang anak dan dua di antaranya sudah meninggal dunia. Mbah Muchit memiliki 19 cucu dan satu orang cicit. (Sri Wahyunik/tribunnews.com)
wAAACwAAAAAAQABAEACAkQBADs= - KH. Muchit Muzadi dan Tiga Wasiatnya Sebelum Meninggal
Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.
Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker