Berita Turki

Kerabat Fethullah Gulen Ditangkap, Diduga Terlibat Kudeta Turki

ANKARA, Turki TerkiniKerabat Fethullah Gulen ditangkap pasukan keamanan Turki karena dituduh berperan dalam kudeta militer di Turki yang gagal. Seorang kerabat Fethullah Gulen adalah merupakan keponakan ulama yang berbasis di AS itu. Kerabat Fethullah Gulen ditangkap dan dipersalahkan karena mendalangi kudeta militer yang gagal pada hari Jumat, akhir pekan lalu.

Muhammad Saitd Gulen ditangkap di kota Erzurum pada hari Sabtu dan akan dikirim ke ibukota, Ankara, untuk ditanyai, media lokal Turki melaporkan.

Ini adalah pertama kalinya seorang kerabat Fethullah Gulen ditangkap rezim Erdogan sejak upaya kudeta pada Jum’at lalu.

Pada hari Sabtu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memerintahkan penutupan ribuan sekolah swasta, badan amal dan lembaga lainnya yang dicurigai terkait dengan gerakan Fethullah Gulen.

BACA :  Turki Ajukan Ekstradisi Fethullah Gulen

Presiden Turki Erdogan menuduh Fethullah Gulen, seorang ulama yang memiliki banyak pengikut di Turki dan di luar negeri, mendalangi kudeta militer yang gagal pada Jumat lalu. Dalam kudeta tersebut di mana setidaknya 246 orang tewas dan lebih dari 2.100 lainnya menderita luka-luka.

Fethullah Gulen membantah tuduhan tersebut dan mengutuk kudeta di Turki. Dan buntut kudeta menyebabkan Muhammad Saitd Gulen, seorang kerabat Fethullah Gulen ditangkap.

Puluhan ribu tentara Turki, petugas keamanan, hakim, jaksa, pegawai negeri sipil dan akademisi yang dicurigai memiliki hubungan dengan gerakan Fethullah Gulen telah ditahan atau ditangguhkan dari pekerjaan mereka setelah kudeta militer di Turki yang gagal.

BACA :  Presiden Erdogan Tuntut 2000 Penghujatnya di Pengadilan
banner gif 160 600 b - Kerabat Fethullah Gulen Ditangkap, Diduga Terlibat Kudeta Turki

 

c843070b 9a2e 4319 b59d 69daf3f1c644 - Kerabat Fethullah Gulen Ditangkap, Diduga Terlibat Kudeta Turki
Buntut kudeta di Turki menyebabkan Muhammad Saitd Gulen, seorang kerabat Fethullah Gulen ditangkap.

Erdogan telah berjanji akan “membersihkan” lembaga negara Turki dari “unsur” pendukung Fethullah Gulen. Tindakan represif Erdogan yang ekstrim tersebut menggambarkan sikapnya yang semakin otoriter. Begitu ekstrim tindakan rezim Erdogan sehingga orang yang berbau Gulen, termasuk kerabat Fethullah Gulen ditangkap pasukan keamanan Turki.

Sementara itu, Ankara telah meningkatkan tekanan terhadap Washington untuk mengekstradisi Fethullah Gulen, dengan mengirim beberapa “berkas” yang mengemas bukti-bukti tentang peran yang dituduhkan dalam kudeta militer di Turki yang gagal.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan pada hari Sabtu bahwa Ankara akan menyelesaikan dalam waktu seminggu sampai 10 hari berkas yang diminta untuk mengekstradisi Gulen ke Turki.

Selain menyebabkan kerabat Fethullah Gulen ditangkap, Mevlut Cavusoglu lebih lanjut mengatakan hubungan antara tentara yang terlibat dalam kudeta militer 15 Juli lalu dengan jaringan luas pengikut Gulen “sangat jelas,” dan menambahkan bahwa Turki akan melakukan apapun “secara politik dan hukum” untuk dapat mengekstradisi Fethullah Gulen ke Turki.

BACA :  Mengenang Serena Shim, Wartawan AS Pemberani di Suriah

Kerabat Fethullah Gulen ditangkap sebagai buntut aksi kudeta militer yang gagal. AS sebelumnya mengatakan akan mengekstradisi Fethullah Gulen jika Turki memberikan bukti, bukan tuduhan, bahwa ia berada di balik upaya kudeta militer di turki. Pengacara mengatakan bahwa proses bisa mengambil waktu bertahun-tahun.

Aksi kudeta militer di Turki yang gagal menjadikan rezim Erdogan punya alasan untuk menghabisi orang-orang berbau Gulen, juga menyebabkan kerabat Fethullah Gulen ditangkap.

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker