Berita Indonesia

Kenapa Indonesia Tak Bergabung ke Aliansi Militer Islam Arab Saudi ?

[sociallocker]Alhamdulillah …, Indonesia Tidak Bergabung dengan Aliansi Militer Islam Pimpinan Arab Saudi …

Menurut Arrmanatha Nasir, sejak awal aliansi militer Islam tidak sejalan dengan Undang Undang Indonesia. Karena Indonesia menganut paham hubungan internasional bebas aktif. Nah, itulah alasan Indonesia tidak bergabung dengan Aliansi Militer Islam yang dipimpin Arab Saudi. Alasan penolakan terhadapa ajakan Arab Saudi ini sungguh sangat tepat. Indonesia akan rugi besar, baik secara materi atapun moral jika ikut bergabung, tetapi untungnya tidak bergabung.

 

Islam-Institute, Jakarta – Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam tidak ikut serta dalam aliansi militer Islam. Yang mana aliansi militer Islam tersebut mengklaim bertujuan melawan kelompok teroris yang dipimpin Arab Saudi, Selasa (15/12). Hal ini tidak aneh, sebab Indonesia tahu persis posisi Arab Saudi selama ini di tengah keberadaan kelompok-kelompok teroris. Baik di Suriah, Irak, Libya dan Mesir.

BACA JUGA:  Liga Santri Nusantara (LSN), Awal Kebangkitan Sepak Bola Indonesia

Belakangan ini dunia sedang mengurusi keberadaan kelompok-kelompok termasuk teroris ISIS. Berbagai negara seperti Rusia, Jerman, Cechnya dan lain-lain. Sudah berpartisipasi untuk menghancurkan teroris ISIS di beberapa negara timur tengah seperti di Irak dan Suriah.  Walau semula Arab Saudi dan Amerika ikut melahirkan dan membesarkan serta mendanai kelompok-kelompok teroris tersebut. Tapi kini Arab Saudi memperlihatkan sikap aneh tapi nyata, yaitu berbalik arah ingin ikut menghancurkan kelopmpok-kelompok teroris termasuk ISIS.

Arab saudi pimpin Aliansi militer Islam, benarkan akan melawan ISIS ?

Baru-baru ini Arab Saudi mengumumkan aliansi militer Islam melawan teroris ISIS. Yang mana aliansi militer Islam melibatkan 34 negara Islam yang ternyata di dalamnya tidak ada negara Indonesia. Padahal Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Kenapa Indonesia Tak Bergabung ke Aliansi Militer Islam Arab Saudi?

BACA JUGA:  Tentara Suriah Sukses Rebut Daerah-daerah di Aleppo

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanatha Nasir mengatakan bergabung dengan koalisi militer internasional tidak sejalan dengan Undang-Undang. “Ini sejak awal tidak sejalan dengan Undang-Undang,” kata Juru bicara yang akrab disapa Tata ini.

Menurut dia, dua hari lalu, Arab Saudi menawarkan pada Indonesia melalu Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. Untuk bergabung dengan rencana pembentukan Center for Counter Extremism and Terorism. “Saat itu yang ditawarkan adalah sebuah Center,” kata Tata.

Kemudian, ia menambahkan, ibu Menteri meminta Arab Saudi untuk mengirimkan modalitas dan term of reference (TOR) dari rencana tersebut. Saat itu, Arab Saudi mengatakan akan meresmikannya besok. “Sampai hari ini, diresmikanlah koalisi militer pimpinan Arab,” kata Arrmanatha Nasir.

BACA JUGA:  Kini Salafi Mulai Ambil Alih Masjid Muhammadiyah

Menurut Arrmanatha Nasir, sejak awal koalisi militer tidak sejalan dengan Undang Undang Indonesia yang menganut paham hubungan internasional bebas aktif. Nah, itulah alasan Indonesia tidak bergabung dengan Aliansi Militer Islam yang dipimpin Arab Saudi. Alasan penolakan terhadapa ajakan Arab Saudi ini sungguh sangat tepat. Indonesia akan rugi besar, baik secara materi atapun moral jika ikut bergabung, tetapi untungnya tidak bergabung. Alhamdulillah…. (al/republika)[/sociallocker]

Simpan

wAAACwAAAAAAQABAEACAkQBADs= - Kenapa Indonesia Tak Bergabung ke Aliansi Militer Islam Arab Saudi ?
Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.
Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker