Kesehatan

Kenapa Harus Menggosok Gigi Sebelum Tidur?

Menggosok Gigi Sebelum Tidur Itu Sangat Penting untuk Kesehatan

Islam-Institute.com – Menggosok gigi sebelum tidur itu sangat penting. Tetapi banyak dari kita yang malas sehingga mengabaikan pentingnya menggosok gigi sebelum tidur. Padahal, kalau kita mengabaikan gosok gigi sebelum tidur bisa menimbulkan masalah mulut dan kesehatan badan kita.

Yang jelas, bakteri bisa menyerang mulut kita yang akhirnya menyebabkan berbagai masalah fisik dan kesehatan. Malas gosok gigi sebelum tidur menyebabkan nafas bau. Selain itu, malas menggosok gigi juga bisa menyebabkan gigi berlubang. Kita tentu tak mau masalah tersebut terjadi, bukan? Karena itu, Anda harus rajin menggosok gigi.

BACA JUGA:  Cara Alami Turunkan Berat Badan dengan Makanan Manis

“Anda sering menemukan sesuatu yang lengket atau tidak jelas tepat di garis gusi dan biasanya itu adalah plak. Menyikat gigi bisa mengusir bakteri tidak tinggal di gigi,” kata dokter gigi, Deepinder Sahota seperti dimuat laman Huffington Post, Selasa (12/5).

Jika sering malas menggosok gigi sebelum tidur, bakteri akhirnya mulai menyerang gigi kita. Selanjutnya, semakin lama plak tinggal di gigi Anda. Hal itu akan membuat bakteri berubah menjadi tartar perusak gigi jika terus diabaikan.

BACA JUGA:  Jangan Remehkan Kentang, Menurut Ilmuwan, Kentang Bikin Pintar

“Tartar biasanya berwarna kuning dan terasa kasar di antara gigi Anda yang bisa menyebabkan peradangan dan perdarahan pada gusi. Jika tidak segera diobati maka Anda akan berisiko kehilangan gigi,” jelas Sahota.

Untuk mengatasinya, setidaknya menghambat proses perusakan oleh tartar, kita harus rajin menggosok gigi dua kali sehari, di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Menyikat gigi sebaiknya dengan menggunakan pasta gigi fluoride dan sikat berbulu lembut dan juga flossing.

BACA JUGA:  Badan Keamanan Makanan India Melarang Peredaran Mie Instan

Ingat, setiap sesi menyikat gigi harus berlangsung sekitar dua menit dan merata ke semua permukaan gigi, bukan hanya bagian-bagian yang terlihat ketika kita tersenyum. (Al/Huffington Post)

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker