Berita Indonesia

Kenapa Din Robot Umumkan Mantan GAM Akan Gabung ISIS?

Apa Alasan Din Robot Umumkan Mantan GAM Akan Gabung ISIS?

UMMATPRESS.COM, ACEH – Berita menggemparkan tersebar dari wilayah Aceh Timur. Sejumlah mantan pejuang Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang dipimpin Fakhruddin bin Kasem alias Din Robot menyatakan siap bergabung dengan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Dengan kabar ini, Kepala Polri Jenderal Pol Badrodin Haiti siap mencegahnya.

Para mantan pejuang GAM itu juga menyatakan siap untuk berangkat ke Suriah. Din Robot yang merupakan warga Desa Kuta Binje, Kecamatan Julok, Aceh Timur, tercatat sebagai mantan wakil Panglima GAM Wilayah Peureulak, Sagoe Kuta Awe Duek.

Pernyataan siap bergabung dengan ISIS disampaikan Din Robot melalui konferensi pers di salah satu tempat di Idi Rayeuk, Aceh Timur, beberapa waktu lalu. Ketika menyampaikan pernyataan itu ke wartawan, Din Robot didampingi Ketua Tim Pengacara Muslim (TPM) Aceh, Safaruddin SH.

Menurut Din Robot, terkait keinginan itu, dia bersama sejumlah rekannya sesama eks kombatan GAM telah meminta kepada Ketua TPM untuk menjembatani teknis keberangkatan ke Suriah.

Ditanya berapa jumlah anggota yang berniat gabung dengan ISIS, menurut Din Robot, sudah lebih dari 100 orang.

“Saya dan kawan-kawan sudah siap bergabung dan berangkat ke Suriah untuk menjadi tentara ISIS,” kata Din Robot.

 

 

Sesama Mantan GAM: yang Kaya Makin Kaya yang Miskin Makin Miskin

 

Menjawab pertanyaan wartawan soal apa yang mendasari keinginan bergabung dengan ISIS, Din Robot menjawab karena di dalam kesatuan eks kombatan GAM saat ini sangat tidak adil.

banner gif 160 600 b - Kenapa Din Robot Umumkan Mantan GAM Akan Gabung ISIS?

Menurut dia, saat ini yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. “Kami sama sekali tidak mendapat perhatian dari pemerintah,” kata Din Robot.

Din Robot juga mengungkapkan, selaku bawahan terus mendapat penghinaan dari masyarakat dengan sebutan mantan GAM yang tidak bermodal dan tidak berpangkat.

Jadi, lanjut Din Robot, dari pada mereka melakukan tindak kriminal dan kekacauan, lebih baik berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS karena lebih menjanjikan untuk menghidupi keluarga.

“Yang pasti kami sudah siap bergabung dengan ISIS,” tegas Din Robot.

Terpisah, Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti serius menanggapi informasi seratusan mantan anggota GAM yang ingin bergabung ISIS.

“Langkah pertama, saya akan minta Kapolda Aceh mengecek kebenaran informasi itu,” ujar Badrodin melalui sambungan telepon kepada Kompas.com, kemarin.

Kedua, Badrodin menegaskan akan mencegah keberangkatan mereka. Jajaran di bawah akan segera berkoordinasi dengan pihak imigrasi untuk mencegah keberangkatan mereka ke Suriah.

“Kita akan lacak identitas mereka terlebih dulu untuk kemudian kita serahkan ke imigrasi agar bisa dicegah,” ujar Badrodin.

Namun, Badrodin merasa pernyataan mereka akan berangkat ke Suriah bergabung dengan ISIS adalah hal yang aneh. Sebab, selama ini mereka yang ingin bergabung dengan ISIS melakukannya secara diam-diam.

“Biasanya tidak terang-terangan begitu. Biasa mereka diam-diam pergi sendiri, melalui Thailand, Turki dan lain-lain. Tapi informasi ini kita cek dulu lah,” ujar Badrodin. (kompas.com/tribunnews.com)

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker