Advertisement

AffiliatBlog Solusi Berbagai Kebutuhan Affiliate Marketing Anda

Berita Indonesia

Kemerdekaan Palestina Bukan Hanya Mimpi Jika Bangsa Arab Bersatu

Kemerdekaan Palestina bisa dicapai dengan persatuan bangsa Arab, negara Arab harus bersatu untuk kalahkan Israel, demikian KH Said Aqil Siradj menyatakan ….

 

kang+said - Kemerdekaan Palestina Bukan Hanya Mimpi Jika Bangsa Arab Bersatu

 

 

Islam-Institute, Jakarta – Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj mengapresiasi hasil KTT Luar Biasa ke-5 OKI di Jakarta pada 6-7 Maret ini dengan hasil Deklarasi Jakarta sebagai upaya untuk mendorong perjuangan kemerdekaan Palestina. 

Ia menyatakan, kemerdekaan Palestina bisa dicapai dengan persatuan bangsa Arab. Selama mereka tidak bersatu, negara lain tidak akan menghargai negara-negara tersebut mengingat mereka sendiri tidak bisa menyelesaikan masalah internalnya. 

“Selama bangsa Arab masih kacau balau, karut-marut, perang saudara, Mustahil, mereka (Israel) akan menghargai negara Arab. Senjata yang paling utama, bukan embargo minyak, bukan embargo produk Israel, tapi yang paling penting adalah, negara Arab bersatu. Insyaallah, barakah Allah akan turun, pertolongan Allah akan turun,” kata KH Said Aqil Siradj di Gedung PBNU, Selasa (8/3).

 

Negara Arab yang besar secara regional yaitu Mesir, Irak, dan Syiria, kini semuanya sedang dalam masalah. 

“Senjata utama untuk mengalahkan Israel adalah kesatuan dan persatuan Arab. Selama negara Arab tidak bersatu, tidak mungkin bisa mengalahkan Israel,” tegas KH Said Aqil Siradj

Sebagaimana dilaporkan oleh Antara, bagian pertama dari Deklarasi Jakarta, OKI sepakat untuk mendukung usaha Arab Saudi dan Jordania untuk mempertahankan dan menjaga situs suci Masjid Al Aqsha.

Deklarasi Jakarta juga mengutuk dan menekan Israel untuk menghentikan pendudukan atau okupasi terhadap Yerusalem dan Palestina, serta pembangunan pemukiman ilegal di wilayah Palestina dengan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menuju kenmerdekaan Palestina.

Langkah-langkah tersebut disebutkan dalam butir pembentukan “Al Quds and Al Aqsha Funds” (dana Al Quds dan Al Aqsha) untuk membantu rehabilitasi Yerusalem berdasarkan kebutuhan rakyat Palestina.

Dana tersebut akan dihimpun dari sumbangan anggota negara-negara OKI, masyarakat umum dan sektor swasta, sekaligus memanggil semua warga Muslim untuk berpartisipasi dalam program tersebut.

Langkah konkret menuju kemerdekaan Palestina dalam Deklarasi Jakarta juga menyebut aksi boikot semua negara anggota OKI dan masyarakat internasional terhadap produk yang dihasilkan di Israel dan atau oleh Israel.

Poin-poin terakhir berisikan langkah OKI untuk mencapai solusi dua negara dengan mempromosikan dialog lintas-agama, mengangkat isu kemerdekaan Palestina pada radar internasional dan mendukung rekonsiliasi Palestina.
Intinya, jika negara dan bangsa Arab bersatu memperjuangkan kemerdekaan Palestina, maka kemerdekaan Palestina bukan hanya mimpi di siang bolong.  (Mukafi Niam/NU Online)
BACA JUGA:  Benjamin Netanyahu: Muslim Adalah Binatang Berbahaya
Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Related Articles

1 thought on “Kemerdekaan Palestina Bukan Hanya Mimpi Jika Bangsa Arab Bersatu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker