Berita China

Keinginan India untuk Gabung dengan Klub Nuklir Ditolak China

china tolak keinginan india gabung dengan klub nuklir Tuf thumb - Keinginan India untuk Gabung dengan Klub Nuklir Ditolak China

Islam-Institute, SEOULChina bersikeras dengan sikapnya menolak India untuk bergabung dengan kelompok negara-negara yang berusaha untuk mencegah proliferasi senjata nuklir dengan mengendalikan akses ke teknologi sensitif itu. Demikian seperti dikatakan oleh kepala Departemen Pengawasan Senjata Kementerian Luar Negeri China.

Kelompok Pemasok Nuklir (NSG) bertemu minggu ini di Seoul, Korea Selatan (Korsel). Namun, China menyatakan tidak akan melanggar aturan dan hal ini memungkinkan India menjadi anggota karena tidak menandatangani Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir (NPT), pakta utama kontrol senjata global.

BACA JUGA:  China Potong Suku Bunga Pulihkan Pasar Saham Global

“Negara-negara Pemohon harus lakukan penandatangan Perjanjian Non-Proliferasi senjata nuklir (NPT). Ini adalah pilar, bukan sesuatu yang ditetapkan China. Hal ini diakui secara universal oleh masyarakat internasional,” kata Wang Qun seperti dikutip dari Reuters, Jumat (24/6/2016).

Wang Qun mengatakan, keanggotaan India secara tidak resmi dibahas pada pertemuan NSG pekan ini. India mendapat dukungan dari Amerika Serikat (AS) untuk gabung dalam kelompok NSG. AS dan India memiliki kesepakatan nuklir dan ingin membawa negara dengan ekonomi terbesar ketiga di Asia itu dalam kelompok 48 anggota itu.

BACA JUGA:  Diplomat Cabul Arab Saudi Melarikan Diri dari India

Wang Qunn menekankan, China menganggap penting untuk menangani keanggotaan baru di bawah konsensus dan bahwa tidak ada langkah sehingga belum memungkinkan negara non-NPT untuk bergabung.

“Aturan Internasional akan harus dihormati, besar atau kecil. Besar seperti NPT. Kecil seperti aturan dan prosedur dari kelompok ini. Pertanyaan penting yang menjadi keprihatinan kita adalah bagaimana menghadapi pertanyaan dari partisipasi negara dalam kelompok negara non-NPT. Ini tugas berat,” tutur Wang Qun. (al/sn)

 

Tags

Artikel Terkait :

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker