Sosok & Tokoh

Contohlah Islam di Indonesia, Kata Gus Mus Kepada Dunia

Kata Gus Mus: Contohlah Islam di Indonesia…, Saya Heran Aliran Islam Radikal Itu Sumbernya dari Mana…?

Islam-Institute.comGus Mus atau KH Mustofa Bisri mengajak umat Islam internasional untuk mencontoh praktik ajaran Islam di Indonesia. Islam Di Indonesia berhasil menjadi percontohan yang dapat bersanding secara damai dengan agama dan ajaran lain yang berbeda.

“Saat saya keliling dari Jepang, Eropa sampai Indonesia, di mana-mana saya katakan, contohlah Islam di Indonesia,” ujar Gus Mus di acara Pra Muktamar NU ke-33 Zona Sumatra, di Medan, Ahad (18/5).

Gus Mus selama ini mengaku mempromosikan Islam yang damai kepada umat Islam di seluruh dunia. Dalam perjalanannannya, Gus Mus menemukan kelompok Islam di berbagai belahan dunia yang sangat mencintai perdamaian seperti yang diajarkan Nahdlatul Ulama.

banner 2 2 - Contohlah Islam di Indonesia, Kata Gus Mus Kepada Dunia
Gus Mus: Contohlah Islam di Indonesia

“Di Eropa, Afrika dan Timur Tengah, para ulamanya memiliki pemahaman yang persis seperti kita. Jadi saya heran, aliran yang keras-keras itu dari mana sumbernya,” kata Gus Mus heran.

Gus Mus mengatakan, ajaran keagamaan yang diajarkan kepada umat semestinya memiliki silsilah keilmuan yang rapih ( sanad / mata rantai ) melalui ulama yang baik. Silsilah keilmuan dalam Islam, menurut Gus Mus harus bisa dipertanggung jawabkan keabsahannya.

“Keilmuan dan ajaran Islam itu harus bisa dipertanggung jawabkan. Ilmunya didapatkan dari guru siapa, gurunya lagi siapa, sampai kepada Rasulullah SAW. Jangan cuma ngambil ilmu dari buletin yang keabsahannya nggak jelas,” ujar Gus Mus.

Di hadapan ribuan peserta Pra Muktamar NU, Gus Mus mengatakan, semestinya Islam melahirkan kecintaan dan kasih sayang dalam beragama. Kasih sayang dalam Islam merupakan sarana dasar pemersatu semangat toleransi Muslim terhadap ajaran agama lain.

Gus Mus tentunya tidak sekedar bercanda jika menganjurkan agar umat Islam mencontoh Islam di Indonesia.

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Check Also

Close
Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker