Advertisement

AffiliatBlog Solusi Berbagai Kebutuhan Affiliate Marketing Anda

Berita Terkini

Kapal Perusak USS Nitze Milik AS Dicegat Kapal Iran

WASHINGTON – Kapal Perusak USS Nitze dicegat kapal Iran dengan kecepatan tinggi. Empat kapal Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) melakukan manuver pencegatan dengan kecepatan tinggi. Terhadap kapal perusak Amerika Serikat (AS) di sekitar Selat Hormuz. Demikian diungkap seorang pejabat Pentagon pada hari Rabu.

Kapal-kapal IRGC mengganggu kapal perusak USS Nitze dalam jarak 300 yard atau sekitar 274 meter pada hari Selasa. Pejabat Pentagon yang berbicara dengan syarat anonim itu menyebut manuver kapal-kapal Iran sebagai insiden “tidak aman dan tidak profesional”.

”Penutupan tingkat tinggi dari Iran menciptakan bahaya, melecehkan situasi yang bisa menyebabkan eskalasi lebih lanjut. Termasuk langkah-langkah defensif tambahan dengan (kapal perusak USS) Nitze,” kata pejabat Pentagon itu seperti dikutip Reuters, Kamis (25/8/2016).

IRGC curiga terhadap aktivitas militer AS di dekat perbatasan Iran. Pasukan Iran  telah dikerahkan dalam latihan perang yang kerap digelar di kawasan Teluk.

BACA JUGA:  Benarkah Al-Qur’an Syiah Beda dengan Al-Qur'an Sunni ?

Insiden laut antara AS dan Iran pernah terjadi pada bulan Januari lalu. Di mana IRGC menahan 10 pelaut AS dengan dua kapal patrolinya yang memasuki wilayah perairan Iran secara ilegal. Namun, 10 pelaut AS itu kemudian dibebaskan 15 jam kemudian melalui lobi yang dilakukan Pemerintah Obama.

Pejabat Pentagon melanjutkan, dalam insiden terbaru di Selat Hormuz. Kapal perusak USS Nitze terpaksa mengubah arah dan menjauh dari kapal-kapal Iran. Manuver kapal-kapal Iran itu bisa memicu protes AS, namun Washington dan Teheran tidak memiliki hubungan diplomatik.

kapal iran cegat kapal perusak as dengan kecepatan tinggi G78 thumb - Kapal Perusak USS Nitze Milik AS Dicegat Kapal Iran

 

AS Tak Terima Kapal Perusak USS Nitze Dicegat Kapal Iran

Pihak White House Amerika Serikat (AS) menyesalkan insiden pencegatan kapal perangnya oleh kapal perang Iran. Bahwa tindakan pencegatan dan pengejaran yang dilakukan Iran terhadap kapal perusak USS Nitze di Selat Hormuz tidak bisa diterima. Demikian disampaikan oleh juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, pada hari Kamis (25/08).

BACA JUGA:  Pasukan Koalisi AS Gempur Basis ISIS 24 Jam Non Stop Tanpa Hasil?

Kapal-kapal milik IRGC pada hari Selasa (23/08) telah mencegat dan mengejar kapal perusak USS Nitze dengan kecepatan tinggi. Dan hanya berjarak sekitar 300 yard atau sekitar 274 meter. Menurut Pejabat dari Pentagon saat berbicara dengan nama anonim itu menyebutkan. Bahwa manuver kapal-kapal Iran sebagai insiden “tidak aman dan tidak profesional”.

“Tidak jelas apa maksud dari kapal Iran itu, tapi perilaku ini tidak dapat diterima,” kata Earnest kepada wartawan.

”Jenis-jenis tindakan seperti ini memiliki potensi meningkatkan ketegangan yang semestinya tidak perlu,” lanjut Earnest, seperti dikutip dari Sputniknews, Jumat (26/8/2016).

Akibat pencegatan dan pengejaran tersebut, Kapal Perusak USS Nitze, kapal perang AS itu mengubah jalur untuk mengindari insiden berbahaya. AS menegaskan kapal perangnya berlayar di peraian internasional di Selat Hormuz.

BACA JUGA:  Anak Pejabat Yordania Jadi Pelaku Bom Bunuh Diri

Namun, IRGC curiga terhadap aktivitas militer AS di dekat perbatasan Iran. Pasukan Iran telah dikerahkan dalam latihan perang yang kerap digelar di kawasan Teluk. Tampak dalam sebuah rekaman video bahwa kapal perang AS dikejar oleh kapal perang milik pasukan garda Revolusi Iran.

Insiden laut antara AS dan Iran pernah terjadi pada bulan Januari lalu. Di mana IRGC telah menahan 10 pelaut AS dengan dua kapal patrolinya yang memasuki wilayah perairan Iran secara ilegal. Namun, 10 pelaut AS itu kemudian dibebaskan 15 jam kemudian. Karena para pelaut itu mengakui kesalahannya.

Dan kali ini AS tidak terima dengan pencegatan oleh kapal Iran terhadap kapal perang AS, yaitu Kapal Perusak USS Nitze.

 

Simpan

Simpan

Simpan

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker