Berita Irak

Kabar Abu Bakr al-Baghdadi Antara Hidup dan Mati

Serangan Udara Irak Bombardir Konvoi Abu Bakr al-Baghdadi

Kantor berita Reuters menukil dari keterangan rumah sakit setempat dan saksi mata melaporkan serangan udara Irak telah mengakibatkan tewasnya puluhan komandan ISIS, namun Abu Bakr al-Baghdadi tidak terlihat di antara mereka yang tewas.

Islam-institute.com, BAGHDAD IRAK – Sejumlah tokoh senior Negara Islam (ISIS) terbunuh dalam serangan udara di kota Irak bagian barat, namun kepala kelompok itu, Abu Bakr al-Baghdadi, kemungkinan tidak termasuk di antara yang tewas, kata warga kota dan rumah sakit.

Irak mengatakan, Minggu, serangan pasukan udaranya menghantam jalannya pertemuan yang dihadiri para tokoh itu. Serangan juga mengenai iring-iringan yang membawa Baghdadi untuk menghadiri pertemuan tersebut. Irak mengatakan Baghdadi dibawa keluar dari iring-iringan dengan kondisi yang tidak diketahui, demikian laporan Reuters.

Serangan Udara Irak Bombardir Konvoi al-Baghdadi

Pernyataan yang diumumkan oleh militer Irak itu merupakan laporan terbaru, yang belum dapat dipastikan kebenarannya, soal kemungkinan al-Baghdadi tewas atau luka-luka.

Abu Bakr Baghdadi sendiri tahun lalu selamat dari serangan-serangan udara pimpinan Amerika Serikat dan perang multipihak di dua negara sejak ia menyatakan diri sebagai khalifah bagi kaum Muslim, setelah pasukannya menguasai sebagian besar wilayah Irak tahun lalu.

Laporan militer Irak atas serangannya terhadap konvoi Abu Bakr al-Baghdadi, Militer AS menolak untuk berkomentar soal laporan militer Irak itu.

“Pasukan udara Irak telah mengebomi iring-iringan teroris Abu Bakr al-Baghdadi saat ia sedang mengarah ke Karabla untuk menghadiri pertemuan dengan para komandan Daesh,” kata militer Irak melalui sebuah pernyataan.

Daesh merupakan singkatan dalam bahasa Arab untuk menyebut Negara Islam, yang juga dikenal sebagai ISIS atau ISIL. Karabla adalah kota di provinsi Anbar Irak, yang merupakan salah satu benteng IS.

“Lokasi pertemuan itu juga diserang dengan bom dan banyak pemimpin kelompok tersebut tewas dan luka-luka. Nasib si tukang bunuh, al-Baghdadi, tidak diketahui dan ia dibawa oleh sebuah kendaraan. Kondisi fisiknya masih belum jelas,” kata militer.

banner gif 160 600 b - Kabar Abu Bakr al-Baghdadi Antara Hidup dan Mati

Seorang petempur Negara Islam ISIS yang dihubungi melalui telepon mengatakan ia tidak dapat memastikan apakah Baghdadi sebelumnya memang berada di dalam iring-iringan yang terkena serangan. Namun, ia mengatakan kelompoknya akan tetap berjuang, bagaimanapun keberadaan nasib Baghdadi, “Bahkan jika ia mati syahid, itu tidak akan mempengaruhi Negara Islam. Kami mungkin akan kehilangan seorang pemimpin, tapi masih ada ribuan al-Baghdadi.

“Setiap menit, satu pemimpin lahir di Negara Islam.”

 

Abu Bakr al-Baghdadi Dilaporkan Antara Hidup dan Mati

Abu Bakr al-Baghdadi pada bulan Maret lalu, terluka setelah serangan udara Irak membom tempat persembunyiannya di al-Anbar. Kemudian setelah serangan itu ISIS mengumumkan Abu Alla’ al-Afry sebagai pemimpin sementara menggantikan Abu Bakr al-Baghdadi.

Setelah pengumuman keberhasilan serangan yang menargetkan konvoi kendaraan yang membawa al-Baghdadi, media-media Irak ramai memberitakan kematian orang nomor satu di jajaran teroris ISIS itu.

Sumber-sumber media Irak pada Minggu (11/10) melaporkan Abu Bakr al-Baghdadi tewas setelah serangan udara Irak menghantam konvoi kendaraan yang membawanya ke daerah al-Karabilah.

Kantor berita al-Alam berdasarkan informasi yang didapatkan melaporkan bahwa al-Baghdadi dalam keadaan kritis antara hidup dan mati setelah terkena pemboman pesawat Irak.

Berdasarkan informasi yang didapat dari intelijen kendaraan yang membawa al-Baghdadi sedang menuju ke daerah al-Karabilah, perbatasan Irak-Suriah. Sumber intelijen juga menyebutkan rencananya di daerah tersebut akan diadakan pertemuan dengan beberapa petinggi teroris ISIS.

Namun, setelah informasi ini diterima Angkatan Udara Irak, mereka langsung melakukan operasi pemboman yang menargetkan konvoi kendaraan yang membawa al-Baghdadi. Angkatan Udara Irak juga membom lokasi persembunyian yang akan dijadikan tempat pertemuan. Operasi pemboman ini mengakibatkan puluhan komandan ISIS tewas.

Kabar Al-Baghdadi Antara Hidup dan Mati

Kantor berita Reuters menukil dari keterangan rumah sakit setempat dan saksi mata melaporkan serangan udara Irak telah mengakibatkan tewasnya puluhan komandan ISIS, namun al-Baghdadi tidak terlihat di antara mereka yang tewas.

Abu Bakr al-Baghdadi pada bulan Maret lalu, terluka setelah serangan udara Irak membom tempat persembunyiannya di al-Anbar. Kemudian setelah serangan itu ISIS mengumumkan Abu Alla’ al-Afry sebagai pemimpin sementara menggantikan al-Baghdadi. (al/sfs/alalam/Antaranews)

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker