Berita Suriah

Jet Tempur Rusia di Iran Tak Langgar Resolusi DK PBB

Jet Tempur Rusia di Iran –  Penempatan Jet Tempur Rusia di Iran tidak melanggar Resolusi DK PBB. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menegaskan. Pihaknya tidak melanggar resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB dengan mengirimkan jet tempur ke Iran. Pernyataan Sergei Lavrov ini terkait Jet Tempur Rusia di Iran. Hal ini sebagai respon atas pernyataan yang dilontarkan Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS).

Kementerian Luar Negeri AS mengatakan, mereka sedang mempelajari apakah Moskow telah melanggar resolusi DK PBB. As berupaya mencari kesalahan Rusia karena telah mengerahkan jet tempur ke sebuah pangkalan udara di Iran. Hal ini disusul serangan Rusia dari pangkalan udara di Iran terhadap posisi ISIS di Suriah. Aneh, kenapa AS yang kebakaran jenggot?

“Tidak ada alasan untuk mencurigai Rusia melanggar resolusi DK PBB nomor 2231,” tegas Lavrov. Penyatan itu disampaikan kepada wartawan di Moskow, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (17/8).

Penempatan Jet Tempur Rusia di Iran adalah bagian strategi Rusia menghabisi kelompok-kelompok teroris yang merajalela di Suriah.

“Menurut resolusi, persediaan, penjualan dan pengalihan senjata jenis tertentu, termasuk pesawat tempur, harus disepakati dengan DK PBB. Dalam hal ini yang kita bicarakan, tidak ada pasokan, penjualan atau pengalihan jet tempur ke Iran. Ini adalah jet yang digunakan oleh Angkatan Udara Rusia untuk melakukan operasi anti-teroris Suriah. Atas permintaan pimpinan Suriah yang sah,” sambungnya menjelaskan tak ada yang salah dengan Jet Tempur Rusia di Iran.

 

tempatkan jet di iran rusia klaim tak langgar resolusi dk pbb T0Z thumb - Jet Tempur Rusia di Iran Tak Langgar Resolusi DK PBB

Penempatan Jet Tempur Rusia di Iran dan Keanehan AS

Diplomat Top Rusia itu juga menyatakan, jika AS mau memeriksa Rusia terkait pengerahan jet ke Iran. Maka AS juga harus mau diperiksa terkait pengiriman uang dalam jumlah besar ke Iran beberapa waktu lalu. Respon Lavrov ini dikatakan sebagai peringatan ke AS karena mencari-cari kesalahan Rusia atas penempatan Jet Tempur Rusia di Iran.

“Jika seseorang ingin mencari pelanggaran mengenai pembatasan yang tersisa pada perdagangan dan komunikasi lainnya dengan Iran. Kita juga harus mempelajari bagaimana sejumlah besar uang tunai dari AS berhasil masuk ke Iran. Mengapa transfer bank dari AS ke Iran dalam dolar dibuat yang benar-benar dilarang oleh hukum AS,” demikian Sergei Lavrov. Dia menekankan peringatannya ke AS.

Sergei Lavrov menambahkan, pihak yang terlibat di Suriah harus memiliki tujuan yang sama, yakni sama-sama menemukan solusi untuk krisis Suriah. Penempatan Jet Tempur Rusia di Iran adalah bagian strategi yang akan menjadi solusi untuk menghentikan krisis Suriah.

“Tugas utama di Suriah adalah untuk mencapai koordinasi antara Rusia dan AS,” tukasnya menasehati AS.

Hal ini disampaikan Rusia karena AS juga mengklaim sebagai pihak pemberantas teroris seperti halnya Rusia. Lalu kenapa AS kebakaran jenggot melihat serangan Rusia terhadap ISIS dari pangkalan Udara Iran?

banner gif 160 600 b - Jet Tempur Rusia di Iran Tak Langgar Resolusi DK PBB

Jadi, apakah AS punya tujuan yang sama dengan Rusia? Jika ya, menjadi hal aneh ketika AS meributkan penempatan Jet Tempur Rusia di Iran.

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Simpan

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker