Advertisement

AffiliatBlog Solusi Berbagai Kebutuhan Affiliate Marketing Anda

Inspirasional

Jangan Saling Menyalahkan, Mari Perkuat Ekonomi Bangsa

[Tulisan ini disarikan dari kegundahan seorang mahasiswa UIN Ciputat, Ainut Taufiq yang melihat fenomena saling menyalahkan antar pengendali kebijakan ekonomi bangsa ini. Ia berpendapat hendaknya seluruh komponen bangsa bersatu menghadapi gejolak dan krisis yang melanda ekonomi banyak negara di dunia akhir-akhir ini. BUkannya malah dengan saling menyalahkan].

Indonesia diterpa berbagai gejolak ketidak setabilan ekonomi, melambungnya harga pangan dan melemahnya rupiah menjadi persoalan yang harus di cermati berbagai kalangan dan masarakat Indonesia. Jangan sampai kondisi krisis ini dibiarkan terus-menerus terjadi, karena dapat menimbulkan ketidak stabilan pangan di kalangan masyarakat Indonesia. Jika hal itu terjadi, maka diyakini dapat menyebabkan bertambahnya angka kemiskinan, tingkat kriminalitas tinggi dan dapat menjadikan bertambah merosotnya moralitas masyarakat Indonesia.

Hal itu sangat mungkin terjadi, ketika bangsa ini bersikap apatis dan hanya bersikap saling menyalahkan antara satu dengan lainnya. Pemerintah melalui menteri perekonomian sesungguhnya telah berusaha bekerja keras untuk mengatasi situasi ini. Sehingga dengan menyalahkan kinerja pemerintah saja, dengan menutup mata dari beberapa aspek serta factor lain yang mempengaruhi terjadinya persoalan krisi ini, maka sikap tersebut tentu dianggap tidak adil.

BACA JUGA:  Militan ISIS Pulang ke Indonesia, Pemerintah Welcome Saja

Menurut kami, sebaiknya mulai saat ini tidak lagi perlu saling menyalahkan. Sebab yang kita perlukan adalah bersatu padu dari seluruh elemen-elemen masyarakat Indonesia dengan bersinergi satu sama lain untuk mencari solusi bagaimana memperbaiki kondisi perekomonian yang seakan telah berada pada level ‘darurat satu’ ini.

Berbagai elemen masyarakat diantaranya para mahasiswa melalui berbagai kontribusinya diharap turut mencari pemecahan atau solusi terhadap persoalan krisis ekonomi ini, guna selanjutnya dapat dicapai perkembangan perekonomian yang ideal di Indonesia. Selain itu tokoh masyarakat melalui ceramah-ceramahnya dan para pengusaha melalui gebrakan penanaman modal yang bertujuan untuk memajukan perekonomian di Indonesia, serta jajaran pemerintah melalui intruksi kepala negara harus bersinegri menghadapi ketidak stabilan ekonomi dan melemahnya rupiah ini, agar dapat tercipta sebuah solusi yang baik menuju pada sebuah kondisi ideal sesuai yang dicita-citakan bersama.

BACA JUGA:  PENARIKAN BUKU BERHALA WALI TIDAK CUKUP HANYA JANJI

Apabila seluruh elemen masyarakat Indonesia bersatu dan berbondong-bondong untuk memecahkan permasalahan ini, pastinya akan menemukan titik temu atau jalan terbaik untuk membuat solusi memajukan perekonomian di Indonesia.

Kegaduhan politik dalam negeri yang dinilai oleh sebagian pihak menjadi kambing hitam atas merosotnya perekomomian di Indonesia saat ini tidak benar. Karena kegaduhan politik ini hanya terjadi akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab, bahkan dilakukan oleh pihak yang tidak memiliki kepentingan apa-apa.

Hal inilah yang semestinya perlu untuk dicermati bersama-sama. Sebab ketika sudah saling menyalahkan dan bahkan saling menghujat maka akibatnya adalah dapat menimbulkan gejolak ketidak stabilan negara. Dan ketika sudah tidak stabil semua sektor akan terkena imbasnya, diantaranya merosotnya perekonomian dalam negeri, harga pangan melambung, serta angka kriminalitas meningkat tinggi.

BACA JUGA:  JATUH CINTANYA SAYA KEPADA GUS DUR

Semua ini mungkin tidak akan terjadi, bila berbagai elemen tidak saling menyalahkan dengan pihak lain. Atau bahkan lebih afdhal jika antar berbagai pihak tersebut, justru bersikap saling mendukung bersatu padu guna mencari solusi bersama-sama demi tercapainya tujuan penguatan ekonomi Indonesia. Namun apakah elemen-elemen di dalam masyarakat ini bisa bersatu atau tidak untuk memperbaiki kondisi dalam negeri ini? Ataukah membiarkan dan bahkan apatis dengan situasi negara yang lagi darurat satu ini?

Jawabnya adalah patut kita upayakan. Dan semoga para anak bangsa ini dapat melihat kembali perjuangan para pahlawan bangsa ini yang memperjuangkan negara dengan pertumpahan darah bukan dengan keapatisan. Wassalam.

Tags
Show More

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker