Sejarah

Israel Jadikan Masjid Peninggalan Dinasti Mamluk Sebagai Museum

Sebuah masjid bersejarah peninggalan Dinasti Mamluk di Yerussalem dijadikan museum oleh Israel, kini diubah menjadi Museum Benteng Dawud oleh Zionis Israel setelah direbut dari rakyat Palestina pada Perang 1967….

 

Pasca penaklukkan Kota Suci tiga agama samawi tersebut, pada 15 H/ 636 M. Masjid mulai berdiri di sejumlah kota di antaranya, Caesarea, Sebastia, Jaffa, dan Ajnadayn.

Pada dekade berikutnya, dinasti Islam yang berkuasa mengintensifkan pembangunan masjid atau sekadar merenovasi yang sudah ada.

BACA JUGA:  Mecatat Sejarah Perjuangan Santri yang Terpendam

Masjid-masjid tersebut pun difungsikan sebagai pusat aktivitas keagamaan, sosial, dan pendidikan, bahkan kenegaraan.

Tapi miris, nasib mengenaskan menimpa Majid Qal’ah (Benteng) yang berada di Yerussalem. Masjid yang dibangun oleh Sultan al-Nashir Muhammad bin Qalawun, salah satu penguasa Dinasti Mamluk ini pada 1310 M, kini diubah menjadi Museum Benteng Dawud oleh Zionis Israel setelah direbut dari rakyat Palestina pada Perang 1967.

BACA JUGA:  Walikota Bogor, Bima Arya Picik Pandangan Soal Hari Asyura

Lokasi situs bersejarah ini terletak di dalam benteng kawasan kampung lama, Yerussalem, di Perempatan Armenia.

Masjid ini menjadi saksi sejarah penting kejayaan dinasti Islam di Palestina. Pada 1532, Pemerintah Ottoman, merenovasi masjid ini dan menambahkan menara azan.

Dan kini, suara azan tak lagi menggema melewati celah-celah menara tersebut.

Sebenarnya dalam sejarah Islam dalam perebutan wilayah kekuasaan banyak terjadi pengalihan tempat ibadah baik yang semula greja diubah menjadi masjid maupun masjid yang dirubah menjadi greja. Peristiwa peralihan tempat ibadah tersebut sangat melukai umat beragama dan mengancam kerukunan antar umat beragama. dan di zaman modern sekarang ini peralihan tempat ibadah tidak seharusnya di lakukan agar tidak mengusik kerukunan antar umat beragama.  (al)

 

wAAACwAAAAAAQABAEACAkQBADs= - Israel Jadikan Masjid Peninggalan Dinasti Mamluk Sebagai Museum
Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.
Tags

Artikel Terkait :

loading...

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker