Fikih Sunnah

ISLAM TIDAK HOBI PERANG

Islam tidak hobi perang, itu harus kita pahami sebagai dasar, agar kita tidak menjadi ganas yang hobi perang. Nabi Muhammad memperingatkan Umat Islam jangan bercita-cita bertemu musuh. Tapi sebagai muslim kalau ketemu musuh (musuh Islam) hadapi, jangan lari (melarikan diri).

Pada suatu hari, Rasulullah SAW memberikan pengarahan terhadap para sahabat-nya. Sambil berdiri beliau bersabda, dengan maksud mendidik dan mengajari mereka:

“Wahai kalian, janganlah bercita-cita untuk bertemu dengan musuh, akan tetapi berdo’alah kepada Allah agar Dia memberikan kesehatan.” [HR. Bukhari].

Seorang Muslim dengan adanya pendidikan yang diserap dari Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW (seharusnya) sangat membenci peperangan dan pertumpahan darah. Oleh karena itu, beliau tidak pernah memulai peperangan dengan seseorang atau kelompok lain. Bahkan Beliau berusaha dengan segala cara yang memungkinkan untuk menghindari peperangan dan pertumpahan darah. *)

BACA :  Aqidatul Awam, Kitab Aqidah Ahlussunnah Waljama'ah

Islam tidak hobi perang, kapan umat Islam diperbolehkan berperang?

Dalam al-Qur’an banyak terdapat ayat yang memperkuat pengertian ini dan menjelaskan bahwa izin untuk berperang tidak pernah diberikan. Kecuali setelah orang-orang muslim diperangi terlebih dahulu. Sehingga izin hanya diberikan untuk membela diri dan agama. Sebagaimana yang difirmankan Allah SWT dalam Surah Al Hajj;

“Diizinkan (berperang) bagi orang-orang yang diperangi. Karena sesungguhnya mereka didzalimi. Dan sungguh, Allah Maha Kuasa menolong mereka itu. Yaitu orang-orang yang diusir dari kampung halamannya tanpa alasan yang benar. Hanya karena mereka berkata, ‘Tuhan kami ialah Allah.’

Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain. Tentu telah dirobohkan biara-biara Nasrani, gereja-gereja, rumah-rumah ibadah orang Yahudi. dan masjid-masjid yang di dalamnya banyak disebut nama Allah. Allah pasti akan menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sungguh, Allah Maha Kuat, Maha Perkasa.” [QS. Al Hajj ayat 39—40].

BACA :  Bulan Rajab Bulan Mulia, Sunnah Berpuasa di Bulan Mulia
banner gif 160 600 b - ISLAM TIDAK HOBI PERANG

Alasan terjadinya peperangan dalam Ayat di atas sangatlah jelas, yaitu kaum muslimin didzalimi dengan dikeluarkan dari rumah-rumah mereka. Bahkan sekalipun Allah memberi izin perang dengan alasan di atas. Allah tetap menahan ‘keinginan berperang’ mereka agar tidak sampai melampaui batas. disebutkakn dengan jelas dalam firman-Nya dii surah al Baqarah;

“Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas. Karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” [QS: Al-Baqarah Ayat: 190].

Ayat ini semakin memberikan bukti, sesungguhnya Islam tidak hobi perang. Perang hanya dilakukan jika terpaksa. Di ayat yang lain, kita disuruh mempersiapkan kuda perang. Ini bukan berarti untuk melampiaskan hobi perang. Kita hanya disuruh mempersipakan diri untuk menghadapi musuh yang datang. Islam adalah agama perdamaian.

BACA :  Bolehkah Makmum Tidak Ikut Imam Baca Qunut Subuh ?

Catatan Islam tidak hobi perang

Isi tulisan ini disadur dari,
Judul : “Nabi Sang Penyayang”
Judul Asli : “Rahmah Ar-Rasul SAW”
Penulis : Prof. Dr. Raghib As-Sirjani
Penerjemah : Moh Suri Sudahri, Spd.I, dan Rony Nugroho
Penerbit : Pustaka Al Kautsar Jl. Cipinang Muara Raya No.63. Jakarta Timur 13420. Telp.(021) 8507590, 8506702.
Cetakan : Pertama, Desember 2014.

*) Hal ini berbeda dengan pemahaman Abdullah Azzam, yang menyerukan pembentukan mental perang sejak dini. Dengan alasan Jihad (peperangan) menurutnya adalah salah satu ibadah yang terlupakan. Dan harus ditegakkan serta diajarkan terhadap anak-anak.

Adapun alasannya kenapa terhadap anak, menurutnya karena akan dapat lebih dalam memberi kesan terhadap mereka. Yaelah…. lihat no… hadis Nabi di atas. Dus, Islam tidak hobi perang.

Simpan

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker