Berita AS

ISIS Tak Bisa Dikalahkan Selama Arab Saudi Sponsori Wahabisme

Kongres AS menyatakan pendapatnya bahwa ISIS tak akan bisa dialahkan selama Arab Saudi masih terus sponsori ajaran Wahabi berkembang ke seluruh dunia ….

 

 

capture12 - ISIS Tak Bisa Dikalahkan Selama Arab Saudi Sponsori Wahabisme

Islam-Institute, WASHINGTON DC  – Baru-baru ini sebuah sidang dengar pendapat kongres AS  mengunkapkan bahwa Amerika Serikat tidak akan bisa mengalahkan kelompok teroris global semacam Daesh (ISIS) selama Arab Saudi masih terus mensponsori ajaran Wahabisme.

Berbicara dalam sidang kongres yang ditayangkan oleh C-SPAN pada awal Januari itu, anggota Kongres Partai Demokrat dari Georgia, Hank Johnson mengatakan, “Memang benar … bahwa ideologi ISIS sangat terkait dengan Wahabisme.”

Anggota Kongres, Johnson, dalam panel sidang itu bertanya kepada peserta, Robert Ford, seorang mantan duta besar AS untuk Suriah, “Apakah adil untuk mengatakan bahwa dukungan Saudi dalam ajaran Wahabismenya telah menciptakan lahan subur bagi upaya perekrutan ISIS?”

Robert Ford, yang sekarang menjabat sebagai senior di Institut Timur-Tengah Washington itu menjawab, “Saya rasa promosi Wahabisme yang dilakukan Saudi adalah benar-benar sebuah masalah saat dikaitkan dengan perekrutan ISIS.”

banner 2 2 - ISIS Tak Bisa Dikalahkan Selama Arab Saudi Sponsori Wahabisme

“Jadi, dengan kata lain kita tidak akan mampu untuk mengalahkan gerakan jihad global yang sebagian besar didasarkan pada ideologi Wahhabisme yang merupakan ideologi agama dukungan negara Arab Saudi tanpa entah bagaimana meminta keluarga kerajaan untuk menarik dukungan keuangan terhadap penyebaran ajaran Wahabi (ke seluruh dunia). Apakah itu penilaian yang adil?” tanya anggota parlemen AS itu.

Michael Joseph Morell, mantan direktur aksi dari agen mata-mata AS, Central Intelligence Agency (CIA), menjawab pertanyaan itu dengan mengatakan, “Perlu ada diskusi dengan Saudi soal dukungan mereka terhadap Wahhabisme dan bagaimana seharusnya wahabisme diperlakukan.”

Sidang itu juga membahas miliaran dolar senjata dan amunisi yang dijual Amerika Serikat untuk Arab Saudi.

Aksi teroris ekstrim seperti Daesh (ISIS) dan kelompok militan lain yang sejenis, membunuhi kaum Muslim yang tidak sesuai dengan ideologi mereka, dan menuduh muslim lain sebagai kafir.

Takfirisme (gemar mengkafirkan) bersumber dari ajaran Wahabi, melahirkan ideologi radikal yang saat ini dianut oleh anggota kerajaan dan sebagian besar warga Arab Saudi dan secara bebas di ajarkan oleh ulama-ulama Saudi.

Wahabisme dan dana Arab Saudi turut berperan aktif dalam memasok anggota kelompok-kelompok ekstrimis yang terdiri dari orang-orang penganut Wahabisme seluruh dunia selama beberapa tahun terakhir. Terutama di negara-negara Timur Tengah seperti Irak dan Suriah serta Afrika Utara, dimana hal itu telah menyebabkan perang berdarah dan kejahatan keji, memaksa jutaan orang mengungsi dari tanah air mereka dan menyebabkan korban tewas ratusan ribu warga sipil. (AL/ARN)

 

Tags
Show More

Islam Institute

Islam Institute News: situs dakwah berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Hadir sebagai media online penyeimbang informasi dari berbagai info Islam berbasis internet.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker